Comscore Tracker

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!

Idol Kpop juga bisa pacaran lewat jalur makcomblang, lho

Dating atau kencan jadi salah satu hal yang sensitif jika menyangkut idol KPop di Korea Selatan. Sebab, jika seorang bintang idola memiliki kekasih, fans disebut tampak tak bisa memiliki mereka sepenuhnya.

Hal ini diperparah dengan beberapa agensi yang melarang para artisnya untuk berpacaran. Aturan tersebut pun membuat para idol KPop yang sedang berkencan harus kucing-kucingan dan melakukan beberapa cara agar hubungannya tak terendus publik. Bagaimana caranya? Berikut 6 di antaranya.

1. Menggunakan jasa makcomblang untuk mencari jodoh

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!Ryu Jun Yeol dan Hyeri Girl's Day (instagram.com/hyeri_0609)

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah makcomblang. Makcomblang sendiri biasanya adalah julukan bagi orang yang menjadi perantara jodoh antar pasangan.  Makcomblang biasanya jadi perantara untuk seseorang bisa berkenalan dengan pujaan hatinya.

Dalam dunia hiburan Korea, khususnya KPop, juga ada orang yang berperan sebagai makcomblang. Biasanya makcomblang ini terdiri dari stylist atau MUA yang bekerja untuk beberapa idol KPop.

Hal ini juga diungkapkan Hyeri Girl's Day dalam episode talk show Life Bar yang tayang tahun 2017 lalu. Menurut Hyeri, salah satu cara berkenalan dengan artis lain adalah lewat perantara stylist atau MUA yang bekerja untuknya dan orang yang hatinya ingin didapati.

2. Bertukar nomor telepon lewat album maupun sandwich

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!Kang Min Kyung Davichi dan Yoon Ji Sung saat bertukar album (instagram.com/_yoonj1sung_)

Jika sudah cinta, apa pun akan dilakukan demi mendapatkan hati sang pujaan. Meski agensi melarang untuk idol tersebut menjalin asmara, tapi usaha untuk mendapatkan kekasih bisa terus berjalan diam-diam.

Handphone menjadi teknologi yang bisa digunakan untuk melakukan PDKT. Caranya tentu dengan saling betukar nomor dengan orang lain.

Pada 2019, lewat acara Hun Man Jung Eum, Jiae yang saat itu masih menjadi anggota Lovelyz pun mengakui bahwa ada seorang member yang mendapatkan nomor telepon dari idol lain. Nomor tersebut pun ditulis dalam album yang diberikan ke pada member tadi dengan kedok jadi penggemar berat.

Cara lainnya juga pernah diungkapkan Seungri yang dulu masih menjadi bagian dari BIGBANG pada 2018, tepatnya dalam acara We Will Channel You. Dalam acara tersebut, Seungri memberitahu bahwa Inkigayo sandwich yang hanya dijual di kafetaria SBS pun menjadi salah satu "perantara" pertukaran nomor telepon tadi.

Menurutnya, catatan kecil berisi deretan nomor telepon akan diselipkan di sela-sela roti lapis tersebut agar terlihat lebih saru. Nantinya, sandwich tersebut akan diberikan kepada orang yang dituju agar mereka bisa membaca pesan singkatnya dan bisa saling berkenalan via telepon.

Baca Juga: Wonyoung IVE Kelelahan, Fans Tuntut Agensi Beri Sang Idol Istirahat

3. Bertemu diam-diam di sebuah tempat, lengkap dengan penyamaran

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!pesebak bola Hwang Ui Jo dan Hyomin T-ARA terciduk Dispatch sedang melakukan perjalanan ke Swiss (dispatch.co.kr)

Kamu pasti pernah melihat para idol KPop dengan balutan masker, topi, hingga baju serba hitam demi menutup identitas diri. Ya, itu adalah salah satu bentuk penyamaran mereka agar ketika sedang menghabiskan waktu bersama pasangan di ruang publik tidak dikenali atau ketahuan.

Cara lain juga pernah diungkap oleh Kim Jae Kyung Rainbow di salah satu episode Radio Star pada 2018 lalu. Leader girl group Rainbow ini punya metode untuk berkencan dengan kekasihnya, yaitu berkeliling istana peninggalan sejarah yang kini jadi objek wisata. Tak lupa juga ia menyewa hanbok sebagai bentuk penyamarannya, lho.

Menurutnya, istana yang jadi objek wisata tersebut kerap didatangi banyak wisatawan. Untuk hanboknya sendiri adalah bentuk "kamuflase," karena di objek wisata seperti itu pasti ada saja yang mengenakan hanbok dengan warna serta corak yang sama. Alhasil, ia pun tidak jadi pusat perhatian orang lain.

4. Membuat alibi yang kuat agar bisa menjauh dari radar manajer dan melepas rindu dengan pujaan hati

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!Jisook dan suaminya, Lee Doo Hee (instagram.com/jisook718)

Mungkin kamu pernah melihat adegan ini di drama Korea. Seorang manajer selalu menempel ke idol KPop. Di situ ada idol, maka ada juga manajer yang selalu setia menemani. 

Lantas, bagaimana jika seorang idol KPop menyembunyikan hubungan asmaranya dari semua orang, tapi ingin tetap bertemu dengan sang kekasih? Nah, karena sudah seperti surat dan perangko, maka idol pun perlu memberikan alasan kuat untuk bisa membuat sang manajer menjauh darinya.

Kekuatan alibi tadi pun pernah dibuktikan oleh Jisook Rainbow untuk bisa menjauhkan dirinya dari sang manajer. Tentu, hal tersebut ia lakukan demi bisa bertemu dengan sang kekasih. 

Dalam acara Singderella yang tayang pada 2017, Jisook biasanya memberi alibi untuk berolahraga. Sebenarnya ia tidak benar-benar berolahraga, melainkan sedang dalam perjalanan untuk bertemu kekasihnya. Supaya tak ketahuan, Jisook bahkan sampai membawa alat untuk lompat tali, lho!

5. Cyber love bisa jadi alternatif berkencan, lho

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!Sandara Park (instagram.com/daraxxi)

Mungkin kamu berpikir bahwa cyber love yang dimaksud di sini adalah salah satu bentuk kejahatan di internet. Namun, cyber love ini berarti bertemu dengan kekasih secara tidak tatap muka.

Hal ini pernah dilakukan oleh Sandara Park eks 2NE1 di acara Hun Man Jung Eum pada 2019 lalu. Cyber love jadi pilihan teraman, karena pasangan kekasih tidak perlu keluar bersama atau melakukan hal lain layaknya pasangan pada umumnya. Semua dilakukan lewat dunia maya dan tidak pernah bertemu secara tatap muka.

Sunny SNSD juga mengungkapkan hal serupa di acara Video Star. Menurutnya, lebih baik untuk tidak bertemu 1:1 dengan kekasih mereka, ketimbang harus ketahuan nantinya. Cara lain adalah lewat video call atau melakukan pertemuan dalam jumlah kelompok agar tidak terlihat seperti sedang kencan berdua.

6. Curi-curi pandang di ragam acara yang pertemukan banyak idol KPop

6 Cara Dating Diam-diam ala Idol KPop, Harus Kucing-kucingan!Kang Daniel dan Jihyo TWICE yang diduga curi pandang di acara penghargaan (youtube.com/Spinel CAM)

Tahukah kamu jika ISAC juga menjadi salah satu ajang untuk para idol KPop saling melempar pandangan kepada kekasihnya? Hal ini pun pernah diakui oleh member Girl's Day di acara Life Bar. Mereka mengatakan, jika bunga-bunga cinta itu begitu terasa, karena ada banyak idol KPop yang saling curi-curi pandang alih-alih "memeriksa" kekasihnya selama ISAC berlangsung.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jun Hyun Moo di acara Happy Together 3 ketika jadi MC untuk acara ISAC. Ia mengaku, semua "aktivitas cinta" tadi dapat terlihat dari "singgasananya," tempat duduknya saat membawakan acara.

Aksi curi pandang ini juga pernah terbongkar saat hubungan asmara Kang Daniel dan Jihyo TWICE dikonfirmasi ke publik. Sebab, sebelumnya dalam sebuah fancam terlihat Kang Daniel dan Jihyo TWICE diduga saling curi pandang selama Im Chang Jeong melakukan penampilan di atas panggung acara penghargaan. Tempat duduk antara TWICE dan Wanna One yang kala itu berdekatan pun makin mempermudah keduanya untuk saling melempar love sign, nih.

Kisah hingga jalinan asmara para idol KPop memang terlihat rumit. Sebab, mereka harus kucing-kucingan agar hubungannya dengan sang kekasih tak tercium siapa pun. Beragam hal pun diupayakan, mulai dari memilih tempat-tempat untuk kencan, melakukan penyamaran, hingga saling curi pandang di sebuah acara pun harus dilakukan.

Baca Juga: Balik ke Korea, Penguntit Nayeon TWICE Menghubungi Jongyeon!

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya