Comscore Tracker

Kontroversi Komentar Lia ITZY soal Warna Kulit ke Chaeryeong

Komentarnya ditanggapi negatif, Lia ITZY minta maaf

Lia ITZY beberapa waktu lalu mendapat sorotan dari netizen. Ini sebagai buntut dari komentarnya kepada rekan satu grupnya, Chaeryeong, yang menyangkut soal warna kulit.

Konteks komentar Lia pun dinilai negatif oleh sebagian netizen. Meski begitu, ada juga netizen yang menilai sebaliknya. Berikut kronologinya.

1. Chaeryeong ungkap keinginannya untuk berjemur agar kulitnya kecokelatan

Kontroversi Komentar Lia ITZY soal Warna Kulit ke ChaeryeongITZY di program radio Noon Song of Hope Kim Shin Young (twitter.com/ITZYofficial)

Chaeryeong mengungkapkan keinginannya untuk berjemur di program radio Noon Song of Hope Kim Shin Young yang disiarkan pada 19 Juli 2022 lalu. Bukan tanpa sebab, ia ingin melakukan itu agar tak terlalu menonjol di grupnya.

Chaeryeong sendiri memang diketahui punya kulit putih yang lebih pucat dari member ITZY yang lain. Hal itulah yang membuat Chaeryeong berpikir untuk berjemur, bahkan sebelum mereka resmi debut. 

2. Namun, hal itu mendapat komentar dari Lia

Kontroversi Komentar Lia ITZY soal Warna Kulit ke ChaeryeongLia ITZY (instagram.com/itzy.all.in.us)

Chaeryeong pun menambahkan bahwa keinginannya tersebut sempat dikomentari oleh Lia. Sambil tertawa, Chaeryeong menjelaskan bahwa Lia berkata kalau kulit agak kecokelatan tak membuatnya terlihat punya image seksi. Justru itu akan membuat Chaeryeong merasa canggung jika berada di suatu tempat.

Komentar tersebut disambut gelak tawa oleh para member ITZY yang lain. Lia pun mencoba meluruskan. Ia mengatakan, Chaeryeong sudah cantik apa adanya. Dengan kulit putih yang dimiliki, Chaeryeong dapat memaksimalkan aura unik yang ada di dalam dirinya.

Chaeryeong yang mendengar penjelasan itu pun mengakui bahwa Lia juga mengatakan hal yang sama kepadanya. Sebab itu juga, Chaeryeong jadi berpikir untuk mensyukuri saja apa yang sudah ada di dalam dirinya.

3. Netizen pun menyoroti hal itu dan menjadi kontroversi

Kontroversi Komentar Lia ITZY soal Warna Kulit ke ChaeryeongLia dan Chaeryeong ITZY (twitter.com/ITZYofficial)

Meski apa yang disampaikan Chaeryeong dan Lia selama siaran berlangsung terlihat aman-aman saja, tapi hal sebaliknya justru dirasakan netizen. Mereka menyoroti komentar Lia dan mengartikannya secara negatif.

Komentar Lia terkait warna kulit kecokelatan dapat membuat Chaeryeong canggung di suatu tempat pun ditafsirkan negatif. Sejumlah netizen menganggap, secara tak langsung Lia menganggap jika warna kulit kecokelatan bisa membuat seseorang terlihat kurang menarik.

Baca Juga: Ini Dia Potret Member ITZY dalam MV Terbarunya, Melewati Tiga Zaman!

4. Namun, ada juga netizen yang tak berpikir demikian dan mencoba membela Lia

Kontroversi Komentar Lia ITZY soal Warna Kulit ke Chaeryeongnetizen yang beri pengertian konteks komentar Lia ITZY (twitter.com/allthelia)

Namanya netizen, pasti ada saja komentar positif dan negatif yang mereka tuliskan di media sosial. Begitu pula terkait dengan komentar Lia ini.

Ada netizen yang menilai, konteks percakapannya bukan soal seperti apa tipe warna kulit yang ideal. Namun, lebih tentang bagaimana Chaeryeong harus bisa menerima dirinya apa adanya. Sebab, warna kulit pucatnya itu jadi daya tarik tersendiri dan membuat Chaeryeong terlihat unik.

5. Diberitahu MIDZY jika komentarnya jadi kontroversi, Lia pun meminta maaf

Dalam sebuah video call fansign, ada seorang MIDZY (fandom ITZY) yang memberitahu Lia tentang kontroversi komentarnya di program radio beberapa waktu lalu. Lia pun menanggapinya dengan mengatakan bahwa ia tak mengetahui hal itu menjadi kontroversi di media sosial.

Lia yang khawatir hal itu akan menjadi perhatian publik pun langsung melontarkan permintaan maafnya. Lia menyadari, mungkin saja komentarnya itu bisa melukai hati orang lain.

Komentar kontroversi yang menyangkut masalah warna kulit bukan kali ini saja. Beberapa idol KPop lainnya juga pernah menjadi perbincangan di media sosial, karena mengomentari warna kulit, bahkan ketika itu terjadi pada anggota sesama grupnya.

Contohnya saja yang terjadi pada Haechan NCT. Dikenal memiliki warna kulit yang kecokelatan, Chenle melontarkan kalimat candaan yang juga bisa diartikan negatif di satu sisi. Kala itu ia sedang menikmati sebuah hidangan. Di tengah aktivitasnya, Chenle pun bertanya, apakah wana kulit Haechan bisa berubah jadi pucat setelah memakan hidangan yang ia sedang nikmati.

Baca Juga: Biodata dan Profil Lia ITZY yang Multitalenta

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya