Comscore Tracker

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maaf

Mecimapro beri klarifikasi dan mempertimbangkan jalur hukum

Jakarta, IDN Times - Hashtag #BANNEDMECIMA sudah trending di Twitter sejak tanggal 24 September lalu. Saat itu banyak sekali penonton yang mengeluhkan buruknya kinerja promotor yang membawa SEVENTEEN untuk melangsungkan tur konsernya di Indonesia.

Hingga tanggal 26 September 2022 tagar tersebut masih setia nangkring di trending Twitter. Tuntutan para penonton pun tak hanya sekedar penjualan tiket yang dianggap kacau, tapi juga permintaa maaf karena pihak promotor tak mengenali keluarga member SEVENTEEN yang hadir saat konser.

Berikut ini kronologi permasalahan tersebut dan klarifikasi dari pihak promotor, Mecimapro.

1. 'Drama' soal ticketing

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maafstaf ticketing yang diduga membawa tiket yang ditimbun (twitter.com)

Drama ticketing ini sudah dimulai dari dugaan penggunaan bot saat masa penjualan tiket dibuka. CARAT pun meminta Mecima dan Tiket.com untuk mengusut kasus tersebut. Setelah itu, CARAT kembali menemukan masalah baru terkait tiket-tiket yang diduga sengaja ditimbun.

Dalam salah satu video yang viral di Twitter, terlihat orang yang diduga staf membawa tiket dalam 3 kardus. Mengetahui hal tersebut, perwakilan dari pihak Mecimapro pun memberi klarifikasi saat diwawancarai oleh IDN Times. Menurutnya, kardus tersebut benar berisi tiket. Namun, bukan tiket untuk hari pertama konser.

"Kardus itu isinya tiket untuk show hari kedua yang akan dirapikan untuk pembagiannya di hari H," ujar perwakilan pihak promotor Mecimapro saat diwawancarai IDN Times pada Senin (26/9/2022).

Perwakilan tersebut juga menyatakan bahwa kardus berisi tiket itu sedang dibawa ke tempat lain untuk dibuatkan label. Tujuannya adalah untuk mempercepat penukaran tiket di hari kedua. "Itu (kardus) sedang dibawa oleh pihak Tiket.com untuk dikerjakan (pemberian labelnya)," lanjutnya.

2. Re-stock tiket karena di-gap CARAT? Begini klarifikasi Mecima

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maaftiket konser Be the Sun yang diketahui re-stock (twitter.com/hongjisoohoon)

Setelahnya video terkait kardus berisi tiket tersebut mulai viral, akun @hongjisoohoon pun membuat cuitan dengan tangkapan layar. Isinya menunjukkan bahwa ada re-stock penjualan tiket konser hari kedua di web Tiket.com. Padahal, sebelumnya seluruh tiket dinyatakan sudah sold out.

Pihak Mecimapo pun menjelaskan kepada IDN Times bagaimana mereka harus mengurusi masalah tiket tersebut. Pihak mereka pun berharap jika hal ini juga bisa dipahami oleh penonton konser KPop di Indonesia.

"Ketika kita buat konser akan ada bagian yang harus kita hold untuk kepentingan produksi. Misalnya, bagian di belakang kamera itu diblok karena takutnya penonton terhalang kamera dan tiketnya jadi tidak bisa terjual," jelas pihak Mecima.

Menurut mereka tiket yang di-hold itu juga bukan keputusan dari Mecimapro. Pihak promotor hanya menunggu approval dari pihak manajemen Korea.

"Biasanya rilis hold-nya itu dapat approval dari pihak Korea di minggu pas kita berjalan. Jadi di dua hari atau satu hari sebelum acara itu kita baru tau, 'oh masih ada nih tiket yang masih bisa kita rilis'. Jadi sebenarnya itu sudah ada di kuota, tapi kita simpan karena ada kepentingan produksi di situ," ungkap pihak Mecimapro kepada IDN Times.

3. Mecimapro mengkonfirmasi perihal ada tiket yang tidak bisa di-scan

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maafpotret terkait dugaan tiket palsu di konser Be the Sun Jakarta (twitter.com/jellyby_)

Permasalahan terkait ticketing tak sampai di situ saja. Akun Twitter @jellyby_ menulis tentang dugaan adanya penonton yang bisa masuk dengan tiket palsu. Ia mencurigai hal tersebut karena adanya perbedaan pada gelang yang digunakan oleh orang yang diduga memiliki tiket palsu.

Ia juga memberikan bukti foto dan menyebutkan perbedaannya. Hal ini dialami sendiri olehnya. Temannya dan orang yang diduga pemegang tiket palsu ini memiliki queue number yang sama. 

Mecimapro pun memberikan klarifikasi terkait hal itu. Menurut mereka tidak ada tiket palsu karena ada barcode yang terpasang di setiap tiket yang sudah ditukar dengan gelang khusus. "Untuk tuduhan tiket palsu, itu gak ada. Tiket palsu gak bisa masuk, kan ada barcode-nya," jelas pihak Mecima.

Meski begitu, pihak Mecimapro mengaku jika ada beberapa barcode di gelang tadi yang memang tidak di-scan oleh pihaknya. Mereka pun juga akhirnya menduga jika orang tersebut memang membuat tiket palsu agar bisa tetap menyaksikan konser SEVENTEEN.

"Memang kita nemuin, memang ada beberapa yang gelangnya gak ke-scan dan itu sepertinya dia membuat tiket palsu," pungkasnya. 

4. Mecimapro menyangkal tuduhan bekerja sama dengan calo untuk menjual tiket dengan harga yang lebih tinggi

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maaftangkapan layar saat penonton bertanya tiket konse Be the Sun ke calo (twitter.com)

Isu percaloan pun turut mewarnai masalah tiket konser SEVENTEEN di Jakarta. Penonton yang tidak mendapat tiket pun mencoba untuk membelinya via calo. Namun, harga yang ditawarkan para calo pun berkali-kali lipat lebih mahal dari harga yang ditawarkan pihak promotor.

Hal ini pun akhirnya menggelitik penonton untuk melayangkan protes kepada Mecima. Apalagi mengingat tiket hari kedua sempat re-stock. Salah satu akun Twitter pun membagikan video yang ia ambil ketika menanyai orang diduga calo di venue konser SEVENTEEN.

Dalam video tersebut, terduga calo mengatakan jika ia mendapatkan tiket dari pihak panitia. Ia juga mengaku jika hanya mendapat pembagian dari hasil tiket harga tinggi yang berhasil ia jual ke penonton.

Ditanya mengenai apakah ada kerja sama antara Mecimapro dan para calo di venue konser, pihak promotor pun menyangkal hal itu, "Mungkin bisa ditanya siapa nama calonya dan tanya kenalan calo itu siapa? Karena orang-orang kita (Mecimapro) namanya semua ada. Jangan cuma sebut panitia atau Mecima aja," ujar pihak Mecima.

Mecimapro juga menduga jika para calo tersebut menyebut nama Mecima hanya untuk meyakinkan para penonton agar membeli tiket darinya. Sebab, pihak Mecima menjamin tidak ada kerja sama antara pihaknya dengan calo.

"Dia (calo) pasti mau meyakinkan orang yang mau beli, makanya dia sebut nama kita (Mecima). Saya bisa jamin 100 persen, kalau memang ada (bukti kerja sama Mecima dan calo) silahkan tuntut untuk diproses hukum. Kita gak pernah ada kerja sama dengan calo," lanjut pihak perwakilan dari Mecima kepada IDN Times.

5. CARAT tuntut permintaan maaf Mecimapro atas tarian ayah Dino yang dihentikan security

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta Maaftangkapan layar video saat ayah Dino dihentikan pihak keamanan saat melakukan dance break (twitter.com/nindii03)

Tak hanya soal tiket, ada satu momen yang juga membuat penonton, khususnya CARAT marah. Sebab, pihak promotot dianggap tak bisa mengenali keluarga member SEVENTEEN yang hadir.

Ini terjadi setelah ayah dari Dino melakukan dance break dari kursi penonton di tengah-tengah lagu "Snap Shoot". Saat sedang menari, tiba-tiba seorang pihak keamanan menyuruh ayah Dino untuk berhenti menari. Hal itu pun terabadikan lewat video yang diunggah oleh akun Twitter @nindii03.

Dalam sekejap, ayah Dino pun langsung berhenti menari dan kebingungan. CARAT yang menonton hal tersebut pun akhirnya meminta Mecima untuk meminta maaf secara terbuka kepada member maupun keluarga SEVENTEEN yang hadir saat itu.

Mengklarifikasi masalah tersebut, perwakilan dari Mecima pun mengatakan jika tidak ada briefing yang dilakukan sebelumnya oleh pihak manajemen Korea. Mereka bahkan tidak tahu jika pihak keluarga akan datang ke konser tersebut.

"Ini fakta, tidak ada briefing sama sekali. Kita baru dikasih tahu saat mereka (keluarga para member) datang. Kita aja gak tahu orangtuanya stay di mana. Kita hanya diminta (oleh manajemen Korea) untuk menyiapkan tiket, tapi tidak tahu tiket itu untuk siapa," jelas pihak Mecima kepada IDN Times.

6. Mecima akan membawa dugaan fitnah dan pencemaran nama baik ke jalur hukum

Kronologi #BANNEDMECIMA Trending, CARAT Tuntut Promotor Minta MaafIlustrasi Sidang (IDN Times/Arief Rahmat)

Tahu jika tagar #BANNEDMECIMA trending di Twitter, pihak Mecima pun tak ingin tinggal diam. Perwakilan mereka yang diwawancarai IDN Times mengaku sedang ada diskusi dengan kuasa hukum untuk membawa kasus ini ke jalur hukum.

"Kebetulan sedang ada diskusi dengan tim kuasa hukum untuk yang membuat video dan menyebarkan, kemudian (protes) dengan kata-kata kasar itu akan kita masukkan ke ranah hukum," ujar perwakilan Mecima tersebut.

Menurut mereka, unggahan-unggahan tersebut juga sudah termasuk ke fitnah dan pencemaran nama baik. Itulah mengapa akhirnya pihak Mecima juga sedang mendiskusikan hal tersebut ke kuasa hukum terkait. "Karena itu sifatnya sudah fitnah dan pencemaran nama baik, tanpa ada konfirmasi ke kita," tutupnya.

Perselisihan antara keluhan dari pihak penonton dan promotor bukan baru-baru ini terjadi. Semoga masalah ini segera menemukan titik terang.

Baca Juga: Klarifikasi Mecimapro Soal Pelarangan Fan Project Konser Super Junior

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya