Comscore Tracker

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying 

Keputusan itu diambil setelah menuai berbagai kritikan 

Isu bullying dapat merusak reputasi telah dibangun artis sejak debut, hingga agensi perlu segera mencari tahu kebenarannya saat ada tuduhan. Namun, memastikannya dengan menghubungi berbagai pihak terkait tentu membutuhkan waktu yang panjang.

Karena itu, cukup banyak artis yang hiatus selagi agensi menyelidiki kontroversi yang menjerat artisnya. Tak sedikit pula yang memilih waktu lebih lama lagi untuk absen dari kegiatannya agar dapat introspeksi diri. Yuk, simak!

1. Mingyu SEVENTEEN 

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying Mingyu SEVENTEEN (instagram.com/min9yu_k)

Pledis Entertainment mengonfirmasi bahwa Mingyu hiatus pada Februari 2021 lalu selagi mereka mencari tahu isu bullying yang menjerat artisnya. Mereka juga telah menjelaskan kesalahpahaman terkait tuduhan Mingyu menindas teman sekelasnya yang penyandang disabilitas ternyata tak benar. Sebab, ia justru menjalin hubungan baik dengan sang idol di masa lalu. 

Setelah proses penyelidikan dengan menghubungi setiap orang yang terduga sebagai korban, Pledis Entertainment akhirnya mengonfirmasi bahwa Mingyu segera kembali beraktivitas sebagai idol pada April 2021. Mereka juga telah menyelesaikan insiden di masa lalu dengan seseorang yang dikenal dengan pihak B.

Rupanya, Mingyu di masa sekolahnya suka ikut tertawa saat teman-temannya membuat lelucon dan tak sengaja menyinggung perasaan orang lain. Meskipun begitu, ini telah selesai setelah Mingyu dimaafkan atas kesalahannya pada pihak B tersebut. Karena itu, sang idol juga berjanji akan lebih berhati-hati dengan setiap tindakannya di masa depan.

2. Soojin (G)I-DLE 

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying Soojin eks (G)I-DLE (instagram.com/official_g_i_dle)

Soojin mulai hiatus pada tanggal 4 Maret 2021. Cube Entertainment mengambil keputusan tersebut setelah teman sekelasnya si masa sekolah menuduhnya sebagai seorang pembully. Agensi juga mengaku sudah berusaha menghubungi pihak terkait, tetapi tak mendapat respons baik karena mereka enggan bertemu secara langsung. 

Saat ini, belum ada kabar terbaru mengenai tuduhan bullying Soojin. Ia bahkan telah meninggalkan agensi beserta grupnya tanpa alasan yang jelas. Karena itu, penggemar menjadi bertanya-tanya karena kontroversi belum menemui titik terang hingga saat ini.

3. Hyunjin Stray Kids 

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying Hyunjin Stray Kids (instagram.com/realstraykids)

Hyunjin mulai hiatus pada tanggal 27 Februari 2021 setelah dikabarkan terlibat dalam kasus bullying di masa sekolah. Karena itu, sang idol meminta maaf atas setiap ucapannya yang telah menyinggung orang lain di masa lalu tanpa sengaja. JYP Entertainment mengungkap bahwa artisnya itu akan introspeksi diri selama hiatus. 

Masa hiatus tersebut dikonfirmasi berakhir pada 26 Juni 2021 lalu. Agensi mengungkap bahwa Hyunjin telah introspeksi diri serta aktif berdonasi hingga berpartisipasi sebagai relawan. Idol yang berposisi sebagai main dancer itu kini telah kembali aktif berpromosi bersama Stray Kids.

Baca Juga: 5 Skandal Artis yang Dibongkar Dispatch, Bullying hingga Prostitusi

4. Member APRIL 

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying APRIL (instagram.com/official.april)

Kontroversi bullying dari member April bermula saat saudara kandung Hyunjoo mengungkap bahwa kakaknya jadi korban penindasan. Ia juga mengaku bahwa sang kakak nyaris bunuh diri akibat penderitaannya sebagai korban dari dari perundungan tersebut. 

Member APRIL yang terlibat masih bersikeras membantah, begitu pula dengan agensinya. Mereka masih belum comeback akibat kasus yang masih belum menemui titik terang ini. Sementara itu, Hyunjoo mengaku masih menindaklanjuti secara hukum.

5. Ji Soo 

5 Artis Korea yang Pernah Hiatus Setelah Terjerat Isu Bullying Ji Soo (instagram.com/actor_jisoo)

Pada tanggal 5 Maret 2021, KeyEast Entertainment mengumumkan bahwa Ji Soo akan vakum selama 7 bulan sebelum resmi menjalani wajib militer. Sebelumnya, agensi dan aktor tersebut telah mengakui perbuatan bullying di masa lalu yang menjadi topik hangat di kalangan publik. 

Meskipun begitu, agensi membantah klaim yang menyatakan bahwa Ji Soo telah melakukan pelecehan seksual pada orang lain. Akibat dari skandal itu, reputasi sang aktor jadi tercoreng hingga perannya di drama River Where The Moon Rises digantikan oleh Na In Woo.

Cukup menghebohkan, pilihan hiatus dari artis di atas tampaknya jadi pilihan yang tepat. Sebab, publik pasti akan terus mengkritik sebelum kebenarannya terkuak atau sang artis kembali dalam waktu cepat tanpa introspeksi diri.

Baca Juga: 5 Girl Group KPop yang Pernah Terjerat Skandal Bullying, Bikin Heboh! 

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya