Comscore Tracker

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di Korea

Antara MAMA, MMA, AAA dan yang lainnya, mana yang ditunggu?

Acara penghargaan musik Korea setiap tahunnya memang menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para fans idol KPop. Selain karena para fans bisa melihat grup idol KPop kesayangannya tampil, mereka juga menunggu-nunggu apa penghargaan yang akan dibawa idol mereka masing-masing.

Ternyata, banyak banget lho acara penghargaan musiknya. Dalam satu tahun saja, sampai ada 8 acara penghargaan musik bergengsi yang berbeda. Tentunya dengan tujuan, kriteria, dan sistem penilaian yang berbeda pula. Apa aja sih acara penghargaan musik Korea tersebut? Yuk, simak ulasan dibawah ini!

1. Mnet Asian Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di Koreatwitter.com/MnetMAMA

Mnet Asian Music Awards atau disingkat MAMA ini adalah upacara penghargaan musik  yang diadakan setiap tahun. Acara penghargaan musik ini pertama kali diadakan di Seoul, Korea Selatan pada tahun 1999. Pada awalnya, acara penghargaan ini bernama Mnet Music Video Festival. Namun, pada tahun 2009 diubah menjadi Mnet Asian Music Awards. Seperti namanya, MAMA tentunya ditayangkan di saluran Mnet.

Tujuan diadakannya acara penghargaan musik ini untuk memperlihatkan nilai-nilai keragaman dan kebaruan dari musik-musik. Para pemenang penghargaan ini ditentukan melalui sistem penilaian yang menggabungkan hasil dari voting global, evaluasi dari panel juri, jumlah views dari musik video, dan tentunya data penjualan lagu dan album. Sumber datanya diambil dari chart Gaon (data penjualan lagu dan album), Apple Music (platform streaming musik global), Twitter (vote media sosial), dan YouTube (video musik).

2. Melon Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di KoreaENHYPEN di MMA 2021. (Dok. 1theK)

Melon Music Awards atau MMA adalah acara penghargaan musik yang diadakan setiap tahun di Korea Selatan. Acara ini diselenggarakan oleh Kakao M. Acara penghargaan musik ini pertama kali diadakan pada tahun 2005 secara online sampai 2008. MMA baru mulai mengadakan acara ini secara offline pada tahun 2009.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan apresiasi untuk para artis dengan memberikan penghargaan atas karya mereka setahun kebelakang. Tentunya, dengan sistem penilaian yang mengambil data penjualan lagu murni hanya dari situs streaming Melon. Selain data penjualan lagu, MMA menggabungkan voting online dan juga penilaian juri kedalam sistem penilaiannya.

3. Golden Disc Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di Koreaen.koreaportal.com

Golden Disc Awards adalah upacara penghargaan musik tahunan Korea Selatan. Upacara ini pertama kali diadakan pada tahun 1986. Awalnya acara ini bernama Korea Visual and Records Grand Prize Award, lalu pada tahun 2001 diubah menjadi Golden Disk Awards. Lalu pengejaannya diubah menjadi Golden Disc Awards pada tahun 2015.

Acara ini diadakan untuk menghormati pencapaian di industri musik lokal. Tujuan upacara penghargaan ini juga untuk mempromosikan kreativitas budaya populer, menemukan artis baru, dan juga untuk berkontribusi pada pertumbuhan industri musik di Korea. Sistem penilaian dari GDA adalah dengan menggabungkan evaluasi dari para ahli yang berada di industri dan juga penjualan lagu maupun album yang diambil dari chart Gaon.

4. Seoul Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di Koreaygdreamers.com

Seoul Music Awards adalah acara penghargaan musik yang diadakan oleh perusahaan surat kabar Sports Seoul. Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 1990. SMA digelar untuk memberi apresiasi terhadap karya musik selama satu tahun terakhir.

Fans di Korea Selatan juga dapat melakukan voting terhadap artis kesayangan mereka. Selain itu untuk sistem penilaiannya, Seoul Music Awards menggabungkan kriteria mulai dari penjualan musik (lagu dan album), lalu vote popularitas, dan juga melalui opini para ahli di industri.

Baca Juga: Daftar Pemenang Melon Music Awards alias MMA 2021

5. Gaon Chart Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di Koreatrendsmap.com

Gaon Chart Music Awards, yang dahulu dikenal sebagai Gaon Chart K-Pop Awards, adalah acara penghargaan musik Korea yang diadakan setiap tahunnya di Korea Selatan. Acara ini dipersembahkan oleh Asosiasi Konten Musik Korea.

Sistem penilaian dari Gaon Chart Music Awards murni hanya mengambil dari chart Gaon. Pemenang untuk musik digital ditentukan melalui hasil penjualan lagu rilisan tiap bulannya. Sedangkan pemenang untuk album ditentukan dengan 4 babak, yang setiap babaknya adalah perhitungan penjualan album selama tiga bulan.

6. Asian Artist Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di KoreaPotret aespa dalam acara Asia Artist Awards 2021 (twitter.com/smtownglobal)

Asia Artist Awards atau yang disingkat AAA ini merupakan upacara penghargaan yang diadakan tiap tahun dan diadakan pertama kalinya pada tahun 2016. AAA sendiri diselenggarakan oleh perusahaan surat kabar Money Today dan perusahaan media StarNews dan MTN.

Sebenarnya, AAA bukan hanya acara penghargaan musik, tetapi ia juga memberi penghargaan kepada kontribusi para seniman Asia di televisi maupun film. Sistem penilaian untuk AAA dilakukan lewat aplikasi Choeaedol dan U+ Idol Live. Lewat aplikasi tersebut, para fans bisa melakukan voting untuk para artis kesayangannya.

7. The Fact Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di KoreaENHYPEN di The Fact Music Awards (twitter.com/haceseungssi)

The Fact Music Awards yang disingkat TMA ini merupakan acara penghargaan musik yang didirikan tahun 2019. TMA sendiri diselenggarakan oleh media Korea The Fact dan juga Fan N Star. Acara penghargaan ini disiarkan di seluruh Asia melalui berbagai saluran termasuk V Live.

The Fact Music Awards menentukan pemenangnya dengan menggabungkan kriteria sistem penilaian. Mengambil data penjualan lagu dan juga album lewat chart Gaon yang nantinya digabungkan oleh penilaian 4 panel juri (editor Park Soon Gyu, komposer Park Geun Tae, komposer Cho Young Soo, dan mantan produser Ryan). Untuk penghargaan popularitas diberikan lewat voting online melalui aplikasi U+ Idol Live.

8. Korean Music Awards

Ini Lho Beda MAMA, MMA dan Acara Penghargaan Musik Lainnya di KoreaRed Velvet di Korean Music Awards 2018. (billboard.com)

Korean Music Awards adalah acara penghargaan musik tahun Korea Selatan yang pertama kali diadakan di 2004. Acara penghargaan ini adalah salah satu dari acara penghargaan paling bergengsi di Korea. 

Acara penghargaan ini bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada para artis mainstream dan juga underground  dari berbagai genre. Berbeda dari acara penghargaan musik lainnya, yang mengandalkan data penjualan, KMA menentukan pemenang berdasarkan rekomendasi dari para panel juri yang terdiri dari kritikus musik, produser acara radio, akademisi, dan beberapa ahli lainnya di industri musik.

Nah itu dia beberapa acara penghargaan musik Korea lengkap dengan tujuan dan sistem penilaian masing-masing acara. Dalam waktu dekat, salah satu acara penghargaan musik Korea yaitu MAMA bakal tayang. MAMA 2021 sendiri akan tayang pada Sabtu (11/12/21). Biar gak ketinggalan, simak live tweet siaran MAMA 2021 hanya di Twitter @idntimes.korea ya.

Baca Juga: NCT - aespa, 12 Idol Paling Hits saat Ini Siap Bikin Pecah MAMA 2021

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya