Comscore Tracker

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa Debut

Kyuhyun akhirnya menyelesaikan 4 Season Project-nya

Kyuhyun menggelar konferensi pers untuk perilisan mini album solo keempatnya Love Story (4 Season Project 季), pada Selasa (25/1/2022). Love Story adalah mini album terakhir dari PROJECT : 季 (PROJECT : Season) di mana Kyuhyun merilis lagu baru untuk setiap musim antara Juli 2020 hingga Januari 2022.

Dalam online press conference tersebut, Kyuhyun membagikan cerita seputar mini album dan perubahannya setelah debut. "Love Story" juga berhasil duduk di puncak tangga lagu, lho. Yuk, langsung aja simak ceritanya di bawah ini!

1. Tentang 4 Season Project yang sudah dimulai sejak tahun 2020

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa DebutYoon Jong Shin dan Kyuhyun saat online press conference "Love Story" (dok. SM Entertainment)

Kyuhyun telah memulai 4 Season Project-nya ini dari musim panas 2020. Mengkombinasikan proyek musim gugur dan musim dingin, total ada enam lagu yang masuk dalam seri proyek musim ini.

"Saat melakukan 4 Season Project ini, tadinya aku hanya akan melakukan Quarterly Cho Kyuhyun. Tapi rasanya itu seperti menyalin Monthly Yoon Jong Shin," ujar Kyuhyun.

Monthly Yoon Jong Shin merupakan sebuah proyek rilis lagu tiap bulan oleh Yoon Jong Shin, yang juga merupakan pembawa acara dari acara konferensi pers member Super Junior ini.

Meskipun selalu ingin melakukan proyek musiman seperti ini, Kyuhyun berbagi bahwa itu tidak mudah, dan ia memuji Yoon Jong Shin, karena bisa melakukan proyek lagunya dengan baik. Ia juga menyesal kurang promosi dari proyek lagunya.

"Sejujurnya, aku memulai ini juga tanpa keinginan besar sehingga tidak ada banyak promosi, tetapi bagaimana pun aku tetap melihat chart. Tidak ada penjualan album atau pertunjukan, jadi itu sangat disayangkan," katanya.

2. Tentang lagu terbarunya, Love Story

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa DebutKyuhyun "Love Story" (dok. SM Entertainment)

Kyuhyun mengaku bahwa ia tidak pernah membaca kisah cinta. Namun, ia sangat suka film Love Story, jadi ia sangat suka judul lagunya. Kebetulan, proyek ini bentrok dengan acara musikalnya, jadi baru bisa merilis albumnya sekarang. Padahal, lagu ini sudah selesai dari musim dingin lalu.

Saat ditanya apa yang ia rasakan saat mendengar demo lagu "Love Story" pertama kali, "Aku langsung teringat saat pertama kali merilis album solo sekitar tahun 2014," ujarnya.

3. Kyuhyun bercerita tentang perubahannya dari debut

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa DebutKyuhyun saat online press conference "Love Story" (dok. SM Entertainment)

Kyuhyun sekarang sudah menginjak tahun ke-18 sebagai anggota Super Junior dan kesembilan sebagai artis solo. Ia bercerita bahwa pada awalnya hanya ingin menjadi penyanyi, karena suka menyanyi. Pada tahun 2014, saat ia pertama kali merilis solo album pertamanya, ia ingat saat itu sangat senang. Namun, akhir-akhir ini, ia merasa dirinya berubah dengan lebih banyak merenung untuk mengubah perspektifnya tentang musik.

"Aku berubah dalam arti bahwa aku berbeda dari dulu yang bernyanyi karena bahagia menjadi sekarang, yang aku berpikir perlu memuaskan orang lain dan menyampaikan semacam pesan lewat laguku. Aku merasa seperti mungkin bisa menjadi seorang artis profesional sejati, tapi aku berbeda dari ketika aku yang dulu naif dan hanya bersemangat tentang musik. Jadi aku merasa sedih kadang-kadang, tetapi merasa ini mungkin bagaimana aku menjadi dewasa."

Baca Juga: Akan Comeback, 9 Lagu Kyuhyun SUJU yang Bahas Kisah Cinta Menyedihkan 

4. Resolusi Kyuhyun untuk tahun 2022

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa DebutKyuhyun "Love Story" (dok. SM Entertainment)

Kyuhyun menjelaskan soal resolusinya di tahun 2022, yaitu lebih banyak berkomunikasi dengan para penggemar.

“Secara pribadi, aku ingin bekerja sedikit dan tidak stres, memberikan penggemar lebih banyak konten berkualitas dan bekerja dengan efisiensi tinggi. Sejujurnya, aku telah menunjukkan banyak diriku di atas panggung atau di siaran, tetapi aku ingin menunjukkan lebih banyak sisi humanis Kyuhyun kepada mereka yang menyukainya. Aku ingin berkomunikasi lebih banyak.”

5. Kyuhyun berhasil menduduki puncak tangga lagu

Comeback, Kyuhyun Bicara soal Perubahan Dirinya sejak Masa DebutKyuhyun saat online press conference "Love Story" (dok. SM Entertainment)

Selain melakukan online press conference, Kyuhyun juga mengadakan Comeback Live untuk berkomunikasi dengan penggemar dan berbagi banyak cerita mengenai seri proyek musim ini. Kyuhyun berhasil menduduki puncak Bug Rreal-time Chart dengan lagu "Love Story" sesaat setelah lagu tersebut dirilis. Tidak hanya itu, lagu tersebut juga berhasil masuk ke dalam tangga lagu Melon dan Genie.

Penggemar langsung bersemangat memberi tahu Kyuhyun akan berita ini. Lalu Kyuhyun mengatakan, "Aku akan mengumpulkan lagu-lagu yang bagus untuk diberikan kepada kalian sebagai hadiah."

“Aku juga akan membawakan lagu "Love Story" di program musik. Love Story merupakan album yang dipersiapkan untuk kalian semua, sering-sering dengarkan lagunya," tutup Kyuhyun.

Buat kalian yang belum mendengarkan lagu terbaru "Love Story" oleh Kyuhyun ini, yuk, langsung saja buka aplikasi streaming musik kesayangan kalian sekarang juga!

Baca Juga: Nyaman di Telinga, 12 Rekomendasi Lagu Kyuhyun untuk Pengantar Tidurmu

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya