Comscore Tracker

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM Entertainment

Guru besar dan founder SM Entertainment

Kesuksesan SM Entertainment sebagai agensi nomor satu tak lepas dari tangan dingin sang founder, Lee Soo Man. Lewat Lee Soo Man, SM menjadi perusahaan raksasa yang mewadahi banyak bidang.

SM berhasil melahirkan dan membina penyanyi papan atas seperti BoA dan Kangta ataupun grup-grup populer seperti TVXQ, Suju, SHINee, EXO, SNSD, Red Velvet, NCT dan Aespa. Mengukuhkan posisinya sebagai spesialis industri hiburan di Korea Selatan, inilah beberapa fakta tentang Lee Soo Man. 

1. Biodata lengkap Lee Soo Man, pendiri agensi hiburan nomor satu terbesar di Korea Selatan 

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM Entertainmentprofil pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man (Dok. theqoo.net)

Lee Soo Man adalah pendiri SM Entertainment yang merupakan agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Setelah lulus dari Seoul National University, Lee Soo Man mengejar S2 di California State University dengan gelar Master of Business. 

Ia pernah menikah, namun istrinya meninggal karena kanker pada tahun 2014. Dari pernikahannya tersebut, Lee Soo Man dikaruniai dua anak yang salah satunya juga turut membantu bisnisnya di SM Entertainment. 

2. Memulai kariernya dari bawah, perjuangan Lee Soo Man membangun SM Entertainment

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM Entertainmentprofil pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man (twitter.com/SMTOWN_Idn)

Ketika menempuh pendidikan di Amerika Serikat, Lee Soo Man menjadi saksi berkembangnya bintang-bintang Hollywood. Terinspirasi dari hal itu, Ia memiliki mimpi untuk membangun bisnis hiburan di tanah kelahirannya.

Pada tahun 1989, Lee Soo Man membangun SM Studio. Setelah bersusah payah dan mengalami jatuh bangun, pada tahun 1995, Lee Soo Man mengubah SM Studio menjadi SM Entertainment yang kita kenal sampai sekarang.

Dengan intuisi dan pengalamannya di dunia hiburan, Lee Soo Man sukses mendebutkan grup-grup populer dengan fans yang tersebar di seluruh dunia.

3. Satu-satunya orang Korea yang masuk dalam ‘2020 Billboard Impact List’ adalah bukti bahwa Lee Soo Man sosok yang genius

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM Entertainmentprofil pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man (twitter.com/allkpop)

Setiap grup yang debut di bawah SM Entertainment tak lepas dari campur tangan Lee Soo Man. Tak ayal, semua grup yang mendapatkan sentuhan tangannya menjadi sukses besar. 

Karena kepiawaiannya, Lee Soo Man berhasil meraih sederet penghargaan baik dalam negeri ataupun luar negeri. Ia bahkan menjadi satu-satunya orang Korea yang masuk dalam ‘2020 Billboard Impact List’ Billboard Amerika Serikat, sebuah penghargaan bergengsi yang berpengaruh dalam pembentukan masa depan industri musik global. 

Baca Juga: 9 Momen Lee Soo Man dengan Para Artis SM Entertainment, Dekat Banget!

4. Menciptakan 'SM Culture Multiverse KWANGYA' yang jadi pionir baru bagi musik Korea Selatan 

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM EntertainmentSM Culture Universe (smentertainment.com)

Tak berlebihan rasanya kalau menyebut Lee Soo Man sebagai sosok yang genius. Ia  memiliki ide-ide luar biasa untuk masa depan KPop. Sebut saja proyek SMCU atau SM Culture Universe yang berupa alternative universe dan berpusat pada dunia hiburan masa depan, yaitu KWANGYA. 

SM menciptakan universe sendiri yang memadukan teknologi canggih berupa avatar dan artificial intelligence. Nantinya, SMCU akan saling terkoneksi dan memiliki story telling tersendiri bagi setiap grup yang berada di SM Entertainment. Meski awalnya terdengar mustahil, namun Lee Soo Man bisa mewujudkannya menjadi kenyataan. 

5. Merupakan pemimpin dan guru besar yang dihormati oleh artis-artis asuhannya

5 Fakta Lee Soo Man, Bos dari Agensi Hiburan Terbesar SM EntertainmentLee Soo Man (twitter.com/SMTOWNGLOBAL)

Bagi anak-anak asuhan SM, Lee Soo Man merupakan guru besar yang luar biasa. Tak cuma sekadar inspirasi, Soo Man adalah panutan yang dihormati dan disegani. Seperti yang diketahui, Soo Man selalu mendukung kegiatan artis-artisnya, misalnya turut menonton konser atau memberi sambutan secara singkat. 

Bahkan saat Lee Soo Man ulang tahun, segenap artis SM turut merayakan dan ramai-ramai mengucapkannya secara langsung. Tak heran, jika SM Entertainment lekat dengan sebutan SM Family. 

Itulah beberapa fakta dari Lee Soo Man yang merupakan founder SM Entertainmnet. Ambisinya yang kuat menjadikan SM sebagai agensi hiburan dengan inovasi terbaik. 

Baca Juga: 10 Lagu Idol SM Entertainment Ini Angkat Konsep Animasi untuk MV

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya