Comscore Tracker

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!

Mereka berani tampil beda dari umumnya, keren!

Budaya KPop dan Korea memiliki standar kecantikan yang dinilai cukup ketat. Salah satu contohnya adalah kehidupan para idol yang bahkan diatur sedemikian rupa untuk memiliki penampilan dan sifat sempurna saat di depan publik.

Jika idol tersebut tidak sesuai dengan standar kecantikan tersebut, maka siap-siap publik akan memandang sebelah mata. Lantas jika sudah begini, akan membahayakan jiwa dan karir idol tersebut. 

Namun, di balik standar kecantikan yang cukup ketat tersebut, terdapat deretan idol KPop yang berani mendobrak standar kecantikan di Korea. Simak kisah mereka berikut ini, siapa tahu bisa menginspirasi, nih!

1. Hwasa Mamamoo

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!Hwasa Mamamoo (instagram.com/_mariahwasa)

Hwasa dikenal sebagai member termuda di grup Mamamoo. Meskipun ia member termuda, Hwasa dengan berani mematahkan standar kecantikan Korea. Kecantikan Hwasa berasal dari kepercayaan dirinya.

Netizen sering mengkritik penampilannya, mulai dari warna kulitnya yang lebih gelap dari standar kecantikan Korea, serta bentuk tubuhnya terutama pada bagian paha yang dianggap besar. Namun, Hwasa menghiraukan haters. 

Tak jarang, Hwasa bergaya dengan 'berani' dan percaya diri ketika di atas panggung. Ia bangga menampilkan bentuk tubuhnya yang curvy serta pesona kulit tan-nya.

2. CL

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!CL (instagram.com/chaelincl)

Lee Chae Rin atau lebih dikenal dengan nama panggung CL. Idol ini debut pada tahun 2009 sebagai anggota member 2NE1.

Kritik yang dilontarkan untuk CL kerap berkomentar tentang mata dan bentuk tubuhnya yang dianggap gak ideal. Namun, CL gak peduli dengan kritik negatif tersebut dengan tetap mencintai dirinya sendiri. 

CL dengan berani tampil percaya diri menggunakan eyeliner tebal dan makeup smokey serta style fashion yang nyentrik, hingga pada akhirnya ia dijuluki Queen Bee di industri musik. 

3. Amber Liu

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!Amber Liu (instagram.com/amberliu)

Mantan member girl group f(x) yang pada masa itu masih mendapati iklim industri KPop begitu ketat dan konservatif ini, berhasil dobrak standar dengan menjadi diri sendiri. 

Saat industri KPop dibanjiri idol cantik, elegan, dan lemah lembut, Amber mempertahankan diri dengan menjadi dirinya sendiri yang tomboi.

Tak ambil pusing, Amber tetap menjadi dirinya sendiri dan mengekspresikan dengan bebas, melalui pakaian dan gaya tomboinya. Amber menunjukkan pada orang-orang untuk tetap menjadi diri sendiri walaupun menentang stereotype gender yang merugikan orang dalam mengekspresikan diri.

Baca Juga: 10 Artis Perempuan Indonesia yang Dobrak Standar Kecantikan, Bangga!

4. Jennie BLACKPINK

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!Jennie BLACKPINK (instagram.com/jennierubyjane)

Jennie sangat terkenal sebagai rapper di BLACKPINK. Dibalik penampilan swag dalam setiap aksi panggung, Jennie ternyata dianggap tidak memiliki standar kecantikan Korea. Perempuan ini memiliki wajah bulat dengan pipi tembam, hal ini dinilai tidak menarik bagi netizen Korea yang lebih menyukai idol dengan bentuk wajah V-line.

Jennie kerap dirundung atas hal ini, namun dirinya tetap tampil percaya diri dan berkarya memberikan yang terbaik bagi penggemarnya. 

5. Lee Hyori

5 Idol KPop Dobrak Standar Kecantikan ala Korea, Salut!Lee Hyori (dok. Stone Music Entertainment/Lee Hyori)

Lee Hyori debut pada tahun 1998 menjadi member girl group Fin.K.L yang saat ini merupakan legenda di industri musik Korea. Pada tahun 2003, Lee Hyori secara aktif memulai debutnya sebagai penyanyi solo. Ia tak takut bersuara dalam lagu-lagunya yang ditujukan untuk para perempuan. Mulai dari lagu "Miss Korea" hingga "Bad Girl", memberikan pesan yang jelas kepada perempuan untuk mencintai diri sendiri dan berani keluar dari zona nyaman.

Lee Hyori juga memiliki penampilan fierce dan bold yang pada masanya idol perempuan identik dengan konsep pure dan innocent. Ia juga dianggap sebagai pioner representasi idol perempuan yang anti mainstream karena berani tampil dengan kulit tan.

Walaupun kerap diterpa cibiran netizen, namun deretan idol perempuan di atas berani untuk menjadi dirinya sendiri sembari berkarya dan menginspirasi sekitar untuk tetap mencinta diri sendiri. Semoga kamu terinspirasi dan memiliki keberanian itu, ya!

Baca Juga: Dobrak Standar Kecantikan, 10 Potret Manis Iis Dahlia Berkumis Tipis

atika siska Photo Writer atika siska

write to escape

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya