Comscore Tracker

Tak Cuma 'Sorry, Sorry', 10 Lagu B-Side Super Junior Ini Juga Asyik

Temukan lebih banyak hidden gems di diskografi Super Junior.

Boy band Super Junior sudah malang melintang di industri KPop selama 16 tahun berkarier. Berawal dengan 12 anggota, bertambah menjadi 13, dan kini tinggal 9 member yang aktif, mereka telah merilis lebih dari 700 lagu.

SuJu sudah mendapat penghargaan History of Song Award pada Asian Artist Awards 2020. Mereka punya segudang lagu populer. Namun, lagu B-side dari album-album mereka yang lebih jarang diperdengarkan ternyata juga tak kalah asyik. Berikut ini sepuluh di antaranya.

1. "A Man in Love"

https://www.youtube.com/embed/c4NQMKtb0_4

Mari kita mulai dengan lagu yang dimuat pada repackage album kedua mereka, Don't don. Dibuat oleh komposer legendaris dari SM Entertainment, Yoo Youngjin, lagu ini kerap dibawakan dibeberapa konser tour mereka, Super Show. Terdapat banyak bagian yang unik pada lagu ini seperti gabungan instrumen tabla dari India dan djemba dari Afrika.

Lagu yang dirilis pada tahun 2007 ini juga merupakan lagu remix pertama yang dikeluarkan oleh Super Junior dimana ditambahkan rap dan instrumen drum ditengah lagu yang diisi oleh koreografi yang rapat  dari  anggota Super Junior saat menampilkan lagu ini. 

2. "Superman"

https://www.youtube.com/embed/IdFeKj798hU

"Superman" merupakan B-side dari album Mr. Simple,  yang juga dibuat oleh komposer Yoo Youngjin. Liriknya menggambarkan kepercayaan diri dan optimisme mengenai kehebatan dari Super Junior.

Lagu ini termasuk ke dalam genre SMP (SM Music Performace) dengan range vocal yang mengesankan. Lagu yang dianggap sakral oleh fans Super Junior akan membuatmu merinding pada saat mulai mendengarkannya.

3. "L.O.V.E."

https://www.youtube.com/embed/9ACI6yF9ZyQ

Mari kita tarik ke belakang dengan salah satu track di album pertama mereka, Twins dengan lagu "L.O.V.E." yang mempunyai genre urban dance disertai dengan rap ini bisa menggambarkan peralihan warna musik K-pop dari 1st generation ke 2nd generation pada tahun 2000 awal. Menjadi salah satu kandidat title-track pada album pertama mereka, "L.O.V.E." menggambarkan seseorang yang meragukan kejujuran pasangannya.

"L.O.V.E." dimulai dan diakhiri dengan Kibum yang meneriakkan, "We have to spread out for us" serta sepanjang lagu ini menampilkan warna vokal dari hampir semua member Super Junior 05 yang beragam. Jika kamu ingin mengenang lagu klasik KPop, lagu ini bisa jadi pilihan tepat untukmu.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Tanggal Lahir, Kami Bisa Menebak Siapa Member Super Junior yang Cocok Untukmu!

4. "Why I Like You"

https://www.youtube.com/embed/7hgqPXXQ_GI

"Why I Like You" merupakan lagu dari album ketiga Super Junior, Sorry Sorry. "Why I Like You" memiliki genre pop-dance style dan sempat menjadi bagian dari promo Sorry Sorry pada berbagai acara musik pada masa itu.

Liriknya menggambarkan seseorang yang menyatakan rasa cinta kepada pasangannya. Lagu dengan tempo up-beat ini cocok untuk menemani kamu beraktivitas sehari-hari.

5. "Good Day for a Good Day"

https://www.youtube.com/embed/BxW2HkuUnu0

"Good Day for a Good Day" akan membuatmu merasa ingin bagun, bersenandung, dan menari mengikuti irama lagu yang ceria ini. "Good Day for a Good Day" berasal dari album ke-8 mereka, Play.

Pada lagu ini terdapat riff gitar rock vintage dengan tempo up-beat yang berkesan. Pada lagu ini Eunhyuk juga berpartisipasi pada penulisan lirik rap-nya. Lagu ini memang tepat untuk menggambarkan hari yang indah.

6. "Burn The Floor"

https://www.youtube.com/embed/kEo14-UOM80

Sempat membuat heboh ELF dengan penampilan pertama lagu ini pada The Fact Music Awards 2020, "Burn The Floor" tentu memberikan kesan yang mendalam pada setiap yang mendengarkan dan melihat penampilannya. Lagu yang memiliki genre gabungan pop dance dan musik klasik ini sempat menjadi kandidat title-track pada album terbaru mereka, The Renaissance.

"Burn The Floor" berakhir sebagai b-side yang juga ditampilkan pada beberapa acara musik. Lagu ini membuktikan bahwa Super Junior tetap mencoba hal yang baru meskipun sudah berkarier lama di KPop.

8. "A Day"

https://www.youtube.com/embed/h2MW5zeJUuc

"A Day" merupakan lagu pop ballad dengan tempo medium yang termasuk ke dalam album Repackaged  kelima mereka, A-Cha. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang berjanji mencintai kekasihnya dengan cinta tidak tergoyahkan.

Lagunya sendiri dibalut dengan vokal manis dari anggota Super Junior yang bisa membuatmu tersipu malu. Tidak hanya itu, diakhir lagu ini terdapat ad-lib  dari Yesung, Ryeowook, dan terutama high-note Kyuhyun yang selalu sukses bikin merinding. 

7. "Hate U Love U"

https://www.youtube.com/embed/8FOYQY6to68

Tidak lengkap membicarakan tentang diskografi Super Junior jika tidak memasukkan lagu ballad lama mereka. Lagu yang berasal dari album Don't Don ini menceritakan tentang seseorang yang gagal untuk move on.

Lagu ini dibawakan dengan kualitas vokal dan harmonisasi yang apik dari para member Super Junior. Intinya, "Hate U Love U" adalah salah satu lagu ballad yang cocok nemenin galau kamu.

9. "Evanesce"

https://www.youtube.com/embed/dzhOqwF8qHg

"Evanesce" merupakan lagu ballad dengan tempo medium yang menceritakan tentang sebuah hubungan yang sudah berakhir. Lagu ini terdapat pada album Mamacita yang merupakan album ketujuh Super Junior.

"Evanesce" menyajikan vokal yang rapat dari anggota Super Junior. Lengkap dengan banyak nada tinggi dan falcetto dalam menggambarkan kesedihan yang ada pada lirik. 

Baca Juga: Asli Korea Selatan, 10 Member Super Junior Ini Punya Nama Inggris!

10. "Sorry, Sorry-Answer"

https://www.youtube.com/embed/a507jISnumU

Daftar ini akan ditutup dengan salah satu masterpiece pada diskografi mereka. Jika kamu sering mendengarkan "Sorry, Sorry", kamu juga harus coba mulai mendengarkan "Sorry, Sorry-Answer" yang merupakan versi R&B Ballad dari lagu fenomenal tersebut.

Lagu  garapan dari komposer Yoo Youngjin ini didominasi oleh suara emas para vokalis utama mereka; Yesung,  Ryeowook, dan Kyuhyun lalu ditutup dengan harmonisasi rap dari Donghae dan Eunhyuk. Lagu ini menyuguhkan sensasi berbeda dari lagu mereka yang lain dengan musikalitas tinggi yang akan membuatmu kagum dengan kualitas vokal mereka.

Apa terdapat lagu favoritmu di atas? Tentu saja saja lagu-lagu tersebut cuma segelintir dari ratusan lagu yang telah Super Junior rilis. Belum lagi lagu sub-unit, OST, dan solo mereka. Masih banyak lagu bagus mereka yang menunggu untuk kamu temukan!

Bella Photo Writer Bella

Interested in k-pop and eager to learn to arrange it into writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya