Comscore Tracker

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020

#BTSButter diputar di opening final EURO 2020 #WaktunyaKorea

Baru-baru ini EURO 2020 menggelar sebuah polling untuk memilih lagu yang akan diputar dalam final EURO 2020 pada 12 Juli mendatang di Stadion Wembley. 

Dalam polling ini, lagu Butter milik BTS bersaing dengan Louis Tomlinson, Billie Eilish dan Usher. Butter berhasil menang, yuk, simak beberapa faktanya.

1. Pihak UEFA EURO 2020 membuat polling pemilihan lagu

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020Polling lagu untuk final EURO 2020 (twitter.com/EURO2020)

Pada tanggal 2 Juli lalu, pihak EURO 2020 membuat sebuah polling yang berisikan beberapa lagu dari musisi terkenal yang rencananya akan diputar dalam pembukaan final pertandingan EURO 2020.

Keempat lagu yang ada dalam polling tersebut adalah Butter milik BTS, Kill My Mind milik Louis Tomlinson, Bad Guy milik Billie Eilish, dan Yeah milik Usher. 

2. Lagu Butter memenangkan polling dan sempat menimbulkan kontroversi

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020Polling lagu untuk final EURO 2020 (twitter.com/EURO2020)

Pada tanggal 5 Juli 2021, polling yang dibuat oleh EURO 2020 ini telah resmi ditutup dengan Butter milik BTS sebagai pemenangnya. Namun, siapa sangka kemenangan Butter ini ternyata sempat menimbulkan kontroversi. 

Hal ini terjadi karena banyak orang, khususnya penggemar bola yang menganggap  bahwa lagu Butter kurang cocok untuk dimainkan dalam pembukaan pertandingan sepak-bola. Mereka beramai-ramai menyampaikan kekecewaannya pada tweet dari akun EURO 2020 tersebut. 

Baca Juga: Jadi Tukang Cuci Mobil, 9 Harga Outfit BTS untuk Foto Konsep Butter

3. Butter milik BTS dan Kill My Mind milik Louis Tomlinson akan diputar dalam pembukaan final EURO 2020

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020Lagu yang akan diputar pada final EURO 2020 (twitter.com/EURO2020)

Dalam polling yang dibuka pada 2 April lalu, Butter milik BTS dan Kill My Mind milik Louis Tomlinson bersaing dengan sengit dalam posisi pertama dan kedua dengan total 4,5 juta suara.

Berhasil dimenangkan oleh Butter milik BTS, pihak EURO secara mengejutkan mengungkap bahwa mereka akan menambahkan 2 lagu sekaligus, yaitu Butter dan Kill My Mind. Sekarang EURO memiliki total 4 lagu yang akan diputar dalam pembukaan final EURO 2020 di Stadion Wembley.

4. Pemecah rekor di YouTube dan Spotify

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020MV "Butter" BTS (Dok. YouTube Hybe Labels)

Butter sendiri adalah single berbahasa Inggris kedua milik BTS setelah sukses dengan Dynamite. Sejak dirilis pada tanggal 21 Mei, Butter tidak henti-hentinya mencetak prestasi. 

Dilansir dari Guiness Worlds Record, Butter berhasil menjadi MV dengan penonton terbanyak selama 24 jam pertama di YouTube dengan 108,2 juta penonton. Sampai hari ini, MV Butter sudah memiliki sekitar 443 juta penonton. Selain YouTube, Butter juga berhasil memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu yang paling banyak diputar dalam 24 jam setelah perilisannya dengan total 11 juta stream. 

5. Menduduki posisi pertama di Billboard Hot100

5 Fakta Lagu BTS Butter yang Akan Diputar di Pembukaan Final EURO 2020BTS menduduki posisi pertama di BB Hot100 (dok. Billboard)

Lagi-lagi mencetak prestasi, lagu Butter miliki BTS ini masih bertahan di peringkat No. 1 Billboard Hot 100 selama enam minggu berturut-turut sejak dirilis. Pada 6 Juli waktu setempat, Billboard mengumumkan bahwa BTS Butter masih berada di posisi puncak chart Hot 100 untuk pekan yang berakhir pada 10 Juli.

Billboard Hot 100 sendiri merupakan chart utama milik Billboard yang menunjukkan lagu paling populer di Amerika Serikat. Butter juga merupakan lagu terlaris minggu ini, di mana menurut MRC Data (sebelumnya Nielsen Music),  Butter mengumpulkan 11 juta streaming dan 153.600 penjualan gabungan (unduhan, kaset, dan vinyl) di minggu yang berakhir pada 1 Juli.

Selain itu, Butter juga mengumpulkan 28,3 juta pemutaran siaran radio di pekan yang berakhir pada 4 Juli.

Nah, itulah beberapa fakta lagu Butter milik BTS yang akan diputar dalam pembukaan final EURO 2020. Selamat kepada BTS dan ARMY!

 

Baca Juga: Kangen Run BTS? 10 Episode Terbaik Run BTS Ini Wajib Kamu Tonton Lagi!

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya