Comscore Tracker

5 Lagu KPop yang Pernah Ranking 1 di Billboard Hot 100

Lagu-lagu ini berhasil bersaing di kancah internasional 

Masuk ke Billboard Hot 100 merupakan prestasi membanggakan bagi musisi dan artis. Billboard Hot 100 cenderung didominasi lagu-lagu barat. Namun, ada beberapa lagu k-pop yang berhasil masuk ke chart tersebut, bahkan menduduki peringkat pertama. Apa aja sih lagu-lagu itu?

1. Permission to Dance - BTS 

https://www.youtube.com/embed/CuklIb9d3fI

Single yang rilis tahun 2021 ini langsung debut di peringkat 1 Billboard Hot 100. Dengan Permission to Dance, BTS mengalahkan lagunya sendiri—Butter—yang sebelumnya sudah menduduki Billboard Hot 100.

Satu fakta menarik, single yang dirilis BTS ini ditulis bersama dengan Ed Sheeran, lho! Saat ini, Permission to Dance sudah mencapai 470 juta views di YouTube.

2. My Universe - Coldplay ft. BTS  

https://www.youtube.com/embed/3YqPKLZF_WU

Sama seperti Permission to Dance, kolaborasi BTS dengan Coldplay ini pun langsung debut di peringkat 1 Billboard Hot 100 setelah rilis. My Universe menjadi lagu kelima BTS yang debut di peringkat pertama.

Kolaborasi antara dua grup ternama ini memang sangat fenomenal. Single ini juga menjadi kali kedua Coldplay menduduki peringkat pertama di Billboard Hot 100, lho!

3. Savage Love - Jawsh 685, Jason Derulo (BTS Remix) 

https://www.youtube.com/embed/qvu4nPMyl3U

Savage Love awalnya dirilis oleh Jawsh 685 dan Jason Derulo. Beberapa bulan kemudian, BTS merilis remix dari Savage Love versi BTS yang langsung melesat ke puncak Billboard Hot 100!

Savage Love sempat menjamur di TikTok, menyebabkan popularitas lagu ini semakin memuncak. Saat ini, Savage Love versi BTS sudah ditonton sebanyak 190 juta kali di YouTube.

Baca Juga: 9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!

4. Life Goes On - BTS  

https://www.youtube.com/embed/-5q5mZbe3V8

Lagu yang termasuk dalam album kelima BTS yang berjudul ‘BE’ ini debut di peringkat pertama Billboard Hot 100 setelah rilis. Life Goes on menjadi debut dengan digital sales tertinggi di tahun 2020 setelah Dynamite oleh BTS.

Lagi-lagi, BTS membuktikan bahwa talenta mereka nggak perlu diragukan lagi. Saat ini, Life Goes On sudah ditonton sebanyak 440 juta kali di YouTube.

5. Butter - BTS 

https://www.youtube.com/embed/WMweEpGlu_U

BTS kembali puncaki Billboard Hot 100 dengan lagu berjudul Butter. Butter menduduki peringkat 1 di Billboard Hot 100 selama lebih dari 10 minggu!

Selain itu, Butter juga menjadi salah satu nominasi grup pop terbaik di penghargaan Grammy ke-64. Ini kembali membuktikan BTS sebagai grup K-Pop yang berhasil bersaing di kancah internasional.

6. Dynamite - BTS  

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

Selain debut di peringkat pertama, Dynamite berhasil bertahan di Billboard Hot 100 selama 32 minggu. BTS mengalahkan Gangnam Style oleh PSY yang bertahan di chart tersebut selama 31 minggu.

Pada 2021 Billboard Music Awards, Dynamite oleh BTS memenangkan penghargaan Top Selling Song. Selain itu, BTS juga memenangkan penghargaan Top Duo/Group, Top Song Sales Artist, dan Top Social Artist.

Itulah 6 lagu k-pop yang pernah menduduki peringkat 1 Billboard Hot 100. Didominasi BTS, hal ini membuktikan bahwa musisi dan artis dari Asia juga bisa bersaing di lingkup internasional. Membanggakan, bukan?

Baca Juga: Pecahkan Rekor, BTS Raih 3 Piala di Billboard Music Awards 2022

Dania Dinata Photo Writer Dania Dinata

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya