Comscore Tracker

7 Fakta Comeback SF9 'Scream', Sambut Musim Panas

Konsep scream yang segar bagaikan ice cream!

Debut tahun 2016 sebagai dance boy group pertama milik FnC Entertainment, SF9 alias Sensational Feeling 9 telah 6 tahun berkarier di kancah KPop. Terkenal dengan banyak anggota yang terjun ke dunia akting, akhirnya SF9 kembali ke atas panggung dengan comeback terbaru mereka.

Namun, comeback kali ini terasa spesial karena ada banyak perubahan dalam formasi dan konsep album mereka.  Penasaran? Simak daftar berikut ini!

Baca Juga: Sukses Jadi Fanboy Kai EXO, Inilah Fakta Taeyang SF9!

1. Mini album ke-11 milik SF9

7 Fakta Comeback SF9 'Scream', Sambut Musim PanasSF9 11th Mini Album Jacket Poster (twitter.com/SF9Official)

Album bertajuk 'THE WAVE OF9' ini adalah mini album ke-11 dari SF9.  Ini adalah rilisan terbaru mereka setelah sebelumnya pada bulan Desember 2021 merilis mini album Rumination dengan title track berjudul Trauma.

THE WAVE OF9 terdiri atas enam lagu dengan Scream sebagai lagu utama mereka.  Selain Scream, di hari showcase SF9 juga menampilkan lagu OK OK.  Album fisik THE WAVE OF9 dirilis dalam dua versi, yaitu Ray of the Sun dan Chillin' at Night.

2. Promosi dan pembuatan album dilaksanakan dengan 6 anggota

7 Fakta Comeback SF9 'Scream', Sambut Musim PanasFirst Stage SF9 'Scream' di MCountdown Mnet (twitter.com/SF9_FANCLUB)

FnC Entertainment menyatakan bahwa Youngbin, Inseong, dan Rowoon tidak ikut berpartisipasi dalam comeback SF9 kali ini. Hal ini dikarenakan Youngbin dan Inseong sedang menjalani masa wajib militer, sedangkan Rowoon disibukkan dengan syuting drama Tomorrow ketika album ini sedang dipersiapkan.

Seluruh anggota SF9 meyakinkan penggemar bahwa walaupun kali ini mereka tidak beraktifitas dengan 9 orang, mereka akan tetap melakukan yang terbaik untuk mengisi kekosongan dari 3 anggota yang tidak bisa hadir.

3. Lirik title track 'Scream' ditulis oleh Han Seongho, Zuho, dan Hwiyoung

https://www.youtube.com/embed/0IVFurI3KHY

Zuho dan Hwiyoung menjadi tamu di kanal YouTube milik komedian Korea, Jung Hyungdon. Di situ, mereka menjelaskan makna dari lirik lagu Scream yang ternyata dibuat secara langsung oleh kedua anggota ini beserta CEO Han Sungho dari agensi FnC Entertainment yang menaungi SF9.

Baca Juga: 5 Profil Pemain Drama Korea Miracle, Memanjakan Mata, Ada Personel SF9

4. Hwiyoung berpartisipasi penuh dalam lagu Butterfly

https://www.youtube.com/embed/4N217cPaJA8

Walaupun disayangkan karena album ini tidak memiliki lagu buatan Zuho seperti di album-album SF9 sebelumnya, album ini memiliki lagu Butterfly yang sepenuhnya dikomposisi dan ditulis oleh Hwiyoung.

Hwiyoung mengungkapkan bahwa ia berusaha memasukkan aura youthful ke dalam lagu ini supaya cocok dengan warna musik SF9.  Ia juga merasa kali ini semua anggota bekerja lebih keras dalam persiapan album karena hanya ada enam anggota di comeback kali ini.

5. #ScreamChallenge dicetuskan oleh para penggemar

Karena minimnya promosi dari FnC Entertainment, para Fantasy (sebutan fans SF9) meminta secara langsung kepada anggota SF9 untuk membuat #SCREAMChallenge atau tantangan menari dengan bagian reff di lagu Scream. Dengan segera, SF9 mengabulkan permintaan ini dan mulai memopulerkan tantangan ini dengan mengajak idol-idol lain untuk menari. Yoo Taeyang bahkan mengunggah dance tutorial #SCREAMChallenge ini di akun TikTok pribadinya, lho!

Ada banyak idol yang berpartisipasi dalam challenge ini, salah satunya iKON Donghyuk yang dikenal dekat dengan Taeyang berkat program survival Kingdom yang tayang di MNet tahun lalu.

6. Tiga member yang absen saling mendukung dan mengirimkan semangat untuk promosi SF9

Walaupun hanya aktif promosi dengan jumlah enam orang, tiga anggota lainnya tetap menunjukkan dukungan terhadap anggota-anggota lainnya. Inseong dan Rowoon mengunggah Instagram Story yang menunjukkan keduanya sedang ikut streaming mendengarkan lagu Scream.

Youngbin yang sedang dalam masa liburan dari wajib militer menyempatkan diri untuk datang ke showcase SF9 dan ikut latihan koreografi di gedung FnC Entertainment.  Kompak banget, ya!

7. Jas warna hijau terang yang membuat fans terkejut

https://www.youtube.com/embed/mvk4SnE2Tmo

Sejak awal diunggah, banyak fans yang membicarakan setelan jas warna hijau terang yang dipakai SF9 di video musik mereka. Mengutip kata Hwiyoung di siaran Vlive-nya "Ini warna lime, bukan melon!" Jas tersebut dipakai untuk mengungkapkan kesan 'cerah' yang dimiliki SF9 di musim panas kali ini.

Apa kalian sudah mendengar lagu baru SF9?  Walaupun masa promosi mereka kali ini sudah berakhir, kalian bisa melihat video musik Scream di kanal Youtube resmi FnC Official dan 1theK.  Sukses terus untuk SF9!

Baca Juga: 9 KDrama Rowoon SF9, Lawan Main Kim Hee Sun di Tomorrow 

Eunike Angga Photo Writer Eunike Angga

An ambidextrous ambivert writer. Currently majoring in Chinese Literature.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya