Comscore Tracker

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi Berbeda

Didominasi idol dari SM Entertainment

Dalam dunia KPop, ada perhitungan yang dikenal sebagai generasi. Generasi tersebut menandakan pada tahun berapa seorang idol KPop debut dan sudah berapa lama mereka bergelut di dunia tersebut.

Dilansir Koreaboo, generasi pertama adalah grup-grup yang debut antara tahun 1990--2004. Generasi kedua tahun 2005--2011. Generasi ketiga terhitung mulai tahun 2012--2017. Sementara generasi keempat adalah grup atau mereka yang debut di tahun 2017 hingga kini.

Biasanya para idol akan lebih dulu debut bersama grup musik tertentu. Hingga jika mereka mendapat kesempatan lagi, maka besar kemungkinan untuk meniti karier sebagai anggota grup atau sub-unit lain maupun solois.

Semakin berkembangnya dunia musik KPop dan bisnis hiburan di Korea Selatan, tak menutup kemungkinan untuk beberapa idol KPop yang melangsungkan debut berkali-kali. Sama halnya seperti lima idol berikut ini yang melangsungkan debutnya di tiga generasi KPop.

1. Taeyeon SNSD

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi BerbedaTaeyeon SNSD (instagram.com/taeyeon_ss)

Nama Taeyeon hingga kini masih eksis di dunia hiburan KPop. Tak hanya merilis karya-karya musiknya, ia juga masih wara-wiri di sejumlah variety show Korea.

Taeyeon pertama kali debut pada tahun 2007 bersama SNSD atau Girls' Generation. Dirinya memegang posisi sebagai leader dan main vocalist di girl group legendaris KPop tersebut.

Selanjutnya pada tanggal 29 April 2012, Taeyeon bergabung ke sub-unit Girls' Generation-TTS yang kala itu merilis mini album berjudul Twinkle. Selain Girls' Generation-TTS, Taeyeon juga debut menjadi anggota sub-unit Girls' Generation Oh!GG pada tanggal 5 September 2018.

Debut di generasi kedua, Taeyeon tak puas hanya berkarya dengan grupnya. Akhirnya pada tanggal 7 Oktober 2015, ia merilis mini album pertamanya berjudul I. Kariernya pun kian mentereng sebagai solois setelahnya. Taeyeon juga kerap melakukan comeback dan mengisi OST untuk sejumlah drama.

Pada akhir tahun 2021 lalu, SM Entertainment kembali menjadi sorotan setelah merilis proyek special agency-wide album yang bertajuk 2021 Winter SMTOWN : SMCU EXPRESS. Lewat proyek tersebut, Taeyeon kembali melakukan debut bersama girl group Got The Beat.

2. Hyoyeon SNSD

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi BerbedaHyoyeon SNSD (instagram.com/hyoyeon_x_x)

Rekan satu grup Taeyeon, Hyoyeon juga telah melakukan debut di tiga generasi KPop yang berbeda. Di generasi kedua, tepatnya tahun 2007, ia tergabung dalam grup SNSD bersama dengan Taeyeon. Ternyata Hyoyeon pun punya sejarah debut yang sama dengan Taeyeon, yakni di generasi kedua, ketiga, dan keempat.

Lalu, pada tahun 2018 bersama dengan Taeyeon, Hyoyeon juga tergabung dalam sub-unit Girls' Generation Oh!GG. Hingga pada akhir 2021 lalu, lewat mega proyek yang digarap agensinya, Hyoyoen bergabung dengan girl group Got The Beat yang juga digawangi oleh BoA, Seulgi dan Wendy Red Velvet, Taeyeon SNSD, serta Karina dan Winter aespa.

Baca Juga: 9 Idol KPop Cowok yang Akun Instagram Pribadinya Pernah Diretas

3. Taemin SHINee

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi BerbedaTaemin SHINee (SMTOWN 신곡 포스트)

Taemin juga menjadi salah satu idol KPop generasi kedua yang masih eksis hingga kini. Ia debut di usia 14 tahun bersama SHINee di tahun 2008. Dengan kemampuan menari dan menyanyinya, Taemin pun mampu menarik hati banyak orang.

Setelah 6 tahun berlalu, Taemin kembali melakukan debut di generasi ketiga KPop, yakni pada tahun 2014 sebagai seorang solois. Bahkan lagu debut solonya, "Danger", mampu menyapu bersih sejumlah tangga lagu Korea pada saat itu.

Tak cukup sampai di situ, pada tahun 2019 Taemin kembali terpilih sebagai salah satu idol yang berkesempatan debut bersama super grup KPop "avengers", SuperM. Di grup tersebut, Taemin menduduki posisi sebagai main dancer dan lead vocalist.

4. HyunA

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi BerbedaHyunA (instagram.com/hyunah_aa)

Punya gaya yang nyentrik, HyunA merupakan salah satu idol KPop yang sering sekali menuai sorotan. Gayanya tersebut kerap menjadi kontroversi di sejumlah kalangan.

Jauh sebelum aktif menjadi artis solo, HyunA adalah bagian dari girl group KPop legendaris pada masanya, Wonder Girls. Bernaung di bawah agensi JYP Entertainment, ia bersama Wonder Girls memulai debutnya pada tahun 2006.

Hengkang dari Wonder Girls, HyunA pun kemudian pindah agensi ke CUBE Entertainment pada tahu 2009. Di sana ia kembali debut menjadi salah satu member girl group 4Minute. Menurut perhitungan, HyunA masih menjadi bagian dari idol generasi kedua hingga ia bergabung dengan 4Minute.

Setahun setelah debut dengan 4Minute, HyunA melangsungkan debut solo pada tahun 2010 lewat single bertajuk "Change". Selang 6 tahun, 4Minute pun dinyatakan disband dan hanya HyunA yang bertahan di agensi CUBE Entertainment.

Hingga pada 1 Mei 2017, HyunA bersama Hui dan E'Dawn (sekarang DAWN) PENTAGON membentuk co-ed sub-unit bernama Triple H. Mereka debut dengan sebuah mini album bertajuk 199X.

5. Yeseo Kep1er

Tak Cuma Sekali, 5 Idol KPop Ini Debut di 3 Generasi BerbedaYeseo Kep1er (twitter.com/official_kep1er)

Kep1er menjadi salah satu girl group rookie generasi keempat yang kini sedang banyak mendapat sorotan. Salah satu membernya, Yeseo, ternyata punya jam terbang yang cukup tinggi, di mana ia telah melakukan debut di tiga generasi KPop.

Sebelum debut bersama Kep1er, Yeseo merupakan member dari grup musik anak-anak bernama CutieL. Grup tersebut diketahui debut pada tahun 2010 lalu. Saat melangsungkan debut pertama kalinya, Yeseo baru berusia 5 tahun, lho.

Berselang 9 tahun kemudian, menggantikan lead vocalist Busters, Minjung, yang hengkang dari grup Yeseo pun bergabung dengan girl group tersebut. Bersamaan dengan bergabungnya Yeseo, Busters pun merilis digital single pertama mereka bertajuk "Starlight" pada 11 Juli 2019. Lagu "Starlight" juga menjadi pre-release single untuk mini album pertama Buster, Pink Promise

Hengkang dari Busters serta agensi JTG Entertainment dan Marbling E&M, Yeseo bergabung dengan 143 Entertainment dan mengikuti ajang Girls Planet 999. Duduki posisi keenam, Yeseo pun akhirnya debut bersama Kep1er pada Januari 2022 ini. Meski di Kep1er ia adalah maknae, tapi banyak penggemar yang mengatakan jika Yeseo adalah member yang paling berpengalaman, lho.

Sebenarnya tidak ada timeline pasti kapan suatu generasi KPop dimulai dan berahkhir. Sebab masing-masing orang, organisasi, maupun pengamat punya timeline tersendiri untuk menentukan mulai tahun berapa generasi KPop dimulai.

Baca Juga: 10 Idol Setengah Komedian Ini Hobi Banget Bikin Ngakak sampai Nangis

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya