Comscore Tracker

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONA

Agensi diduga tak gaji idol-idol ini hingga bertahun-tahun

Gaji adalah hal yang wajib dibayarkan perusahaan kepada karyawannya. Hal ini juga berlaku untuk para agensi yang tetap harus memberikan penghasilan kepada para artis di bawah naungannya.

Namun sayang, ketidak adilan dalam pemberian gaji ini tak dirasakan oleh para bintang KPop di bawah ini. Agensi yang mendebutkan mereka bahkan memberikan gaji yang tak adil, sementara keringat mereka terus diperas untuk selalu tampil di hadapan publik bak robot. Alhasil permasalahan terkait gaji ini pun membawa beberapa idol KPop berikut harus menempuh jalur hukum.

1. The Rose

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONAWoosung, Do Joon, Ha Joon, dan Jae Hyeong The Rose (twitter.com/TheRose_0803)

The Rose pernah bermasalah dengan agensi lamanya, J& Star Company. Kala itu The Rose bahkan membawa tuntutan pemutusan kontrak eksklusif dengan agensinya hingga ke meja hijau.

Tuntutan tersebut diajukan karena The Rose mengaku belum pernah diberi gaji sejak debut. Selain tuntutan masalah bayaran, The Rose juga menuntut jadwal tur di 17 kota di Amerika Serikat selama 1 bulan. Di mana jadwal tersebut tak didiskusikan terlebih dahulu dengan para anggotanya.

Kini, The Rose dan agensinya pun sudah tidak bekerja sama lagi. The Rose mendirikan label sendiri dan mulai melangsungkan comeback serta tur dunia setelah seluruh member-nya selesai wamil.

2. Hyosung eks SECRET

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONAJun Hyo Sung (instagram.com/superstar_jhs)

Apakah kamu mengenal girl group SECRET? Kini, grup debutan TS Entertainment tahun 2009 tersebut sudah disband.

Namun, sebelum benar-benar dibubarkan salah satu member-nya, pada 2018 Hyosung mengajukan gugatan hukum kepada agensinya. Pengacara Hyosung menyatakan jika kliennya sudah mengajukan gugatan kepada TS Entertainment atas kontrak eksklusifnya. Salah satu alasannya pun terkuak dalam persidangan kedua, yakni gaji yang belum dibayarkan agensi kepada Hyosung sejak tahun 2015.

Kini, Hyosung bukan lagi bagian dari girl group SECRET. Ia pun sekarang lebih aktif dan dikenal sebagai aktris yang sudah membintangi program televisi, drama, hingga film Korea. Drama terbaru Hyosung, Celebrity akan tayang pada 2023 mendatang.

3. B.A.P

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONAB.A.P (facebook.com/OFFICIALB.A.P)

Tampaknya bukan rahasia jika B.A.P punya hubungan tidak baik dengan TS Entertainment. Selain terungkap bagaimana TS Entertainment memperlakukan member B.A.P layaknya robot, mereka juga pernah digugat boy group ini hingga ke jalur hukum.

B.A.P mengajukan pembatalan kontrak eksklusif mereka pada 26 November 2014 setelah 3 tahun debut. Alasannya adalah karena kontrak tersebut terlalu berat sebelah, di mana keuntungan yang didapat agensi lebih besar dari apa yang diterima oleh mereka.

Agensi diketahui mendapatkan keuntungan sebesar 10 miliar won Korea atau Rp106,2 miliar (kurs: Rp10. 620) selama 3 tahun. Sementara masing-masing member B.A.P hanya mendapatkan kurang dari 18 juta won Korea atau kurang lebih Rp191,1 juta.

Tak sampai di situ. Bahkan dilansir Koreaboo, diketahui jika B.A.P terikat kontrak lebih dari 7 tahun, di mana itu dimulai saat perilisan full-length album pertama B.A.P, First Sensibility pada tahun 2014. Padahal grup ini sudah debut sejak 2011 lalu.

Kasus ini pun mencapai penyelesaiannya pada 1 Agustus 2015. B.A.P pun kembali ke TS Entertainment. Kini, B.A.P pun sudah resmi disband. Grup legendaris ini dibubarkan pada tahun 2019 lalu saat 4 member yang tersisa memutuskan tak memperpanjang kontrak mereka.

4. Sunghyun eks IN2IT

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONASunghyun eks IN2IT (twitter.com/Official_IN2IT)

IN2IT adalah grup yang debut dari ajang survival BOYS24 yang ditayangkan oleh Mnet. Salah satu member-nya, Sunghyun pernah membuat grup ini menjadi sorotan di tahun 2019 lalu. Pasalnya, ia membuat klarifikasi mengejutkan setelah hengkangnya dari grup diumumkan oleh agensinya, MMO Entertainment.

Lewat unggahan di Instagram pribadinya, Sunghyun menjelaskan kronologi versinya. Dalam tulisan panjangnya itu, Sunghyun menyatakan jika ia sama sekali belum pernah diberi gaji oleh agensinya dalam 2 tahun. Itu artinya ia sama sekali belum digaji sejak debut IN2IT di tahun 2017 lalu.

Baca Juga: 5 Idol KPop Cowok yang Pernah Mendapat Ancaman Pembunuhan

5. Yeonwoo eks MOMOLAND

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONAYeonwoo eks MOMOLAND (instagram.com/chloelxxlxx)

Ceplas-ceplos idol KPop di acara variety show bukanlah hal baru lagi. Bahkan, mereka kerap kali menyindir agensi lewat acara-acara tersebut dan mulai jadi sorotan publik, khususnya fans KPop.

Yeonwoo eks MOMOLAND pernah melakukan hal tersebut juga. Kala itu ia memberi jawaban menohok tatkala Yoo Jae Suk bertanya mengenai keinginan Yeonwoo jika ia berhasil memenangkan hadiah 10 juta won Korea. Dengan santai dan mengejutkan, Yeonwoo pun mengatakan jika itu akan menjadi gaji pertama yang ia dapatkan.

Sontak hal itu pun menuai sorotan. Sebab, artinya ia sama sekali belum menerima gaji selama menjalankan aktivitas sebagai member MOMOLAND. Hal ini juga yang akhirnya membuat banyak fans berpikir, jika apa yang dirasakan Yeonwoo juga dialami oleh member lainnya. Padahal, di tahun 2019 saat Yeonwoo mengatakan hal itu, MOMOLAND mendapatkan popularitas mereka karena lagu "BBoom BBoom".

Yeonwoo pun memutuskan untuk hengkang dari grup dan agensinya di tahun yang sama. Kini, wajahnya kerap wara-wiri di drama Korea dengan beragam peran yang sudah ia mainkan.

6. Daon dan Dabin eks Baby Boo

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONADaon eks Baby Boo (instagram.com/daon_jk94) | Dabin atau ... eks Baby Boo (instagram.com/_bi_nio5o9)

Mungkin kamu masih asing dengan nama girl group Baby Boo. Nyatanya grup tersebut pernah hadir di industri KPop dan debut pada tahun 2015 lalu.

Di tahun 2019, dua mantan anggota Baby Boo, Daon dan Dabin (Dayul) membuat pernyataan mengejutkan di program TV milik MBC, True Story. Dalam acara tersebut keduanya pun membeberkan bagaimana mereka diperlakukan layaknya budak oleh agensi mereka sendiri.

Diketahui jika keduanya sudah aktif bersama Baby Boo selama 4 tahun dan sudah tampil di 500 acara yang berbeda. Namun, tak satu pun mereka mendapat bayaran dari salah satu acara yang sudah didatangi.

Hal yang paling mengejutkan adalah dalam kontrak eksklusif mereka, durasi kontrak dibiarkan kosong begitu saja. Ini menandakan jika tidak ada batasan kerja sama yang dibangun Baby Boo dengan agensi mereka.

7. STELLAR

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONASTELLAR (SJ, CC BY 4.0, via Wikimedia Commons) - Select Watermark -

Girl group STELLAR pernah menghebohkan publik pada masanya karena MV mereka, "Marionette" dianggap tak senonoh. Sebab, adegan-adegan yang ditampilkan dalam MV tersebut sudah masuk ranah dewasa dan dianggap tidak bisa ditonton oleh semua umur. Beberapa tahun kemudian terungkap jika itu semua adalah keinginan agensi dan STELLAR tidak bisa menolaknya karena takut harus membayar denda akan pelanggaran kontrak.

Setelahnya, dua mantan member STELLAR, yakni Gayoung dan Minhee. Minhee pun mengklarifikasi jika STELLAR pernah mendapat banyak panggilan untuk manggung selama masa promosi lagu "Marionette". Kala itu, CEO agensi mereka pun juga memberikan sedikit bonus di masa-masa sibuk grup tersebut.

Hal itu pun mungkin membuat publik yang melihatnya berpikir jika STELLAR mendapat banyak uang, gaji, atau kompensasi. Namun, pemberian jumlah gaji yang sesuai tak pernah dirasakan STELLAR selama 7 tahun menjadi idol KPop.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube ABOUT MINI민희, Gayoung dan Minhee membeberkan jika gaji atau pendapatan masing-masing member saat itu tidak sampai 10 juta won Korea atau kurang lebih Rp106 jutaan. Jumlah itu adalah total pendapatan yang diterima masing-masing member STELLAR selam 7 tahun, lho.

8. Yeojin LOONA

9 Idol KPop yang Bermasalah dengan Gaji, Terbaru Yeojin LOONAYeojin LOONA (twitter.com/loonatheworld)

Pada 23 September 2022 lalu, sebuah chatting melalui platform FAB terungkap ke publik. Pasalnya salah satu anggota LOONA, Yeojin terlibat di dalam obrolan tersebut. 

Obrolan pun dimulai dari ungkapan seorang fans yang senang melihat Yeojin bisa menenteng tas yang bagus. Bahkan fans itu percaya jika Yeojin sudah memiliki lebih banyak uang kini. Namun, hal itu langsung dibantah oleh Yeojin, di mana ia mengatakan jika ia sama sekali belum menerima sepeser pun gaji dari debutnya sebagai idol KPop. Hingga kini agensi pun belum mengklarifikasi kebenaran akan chatting yang tersebar di media sosial itu.

Tentu saja topik masalah uang ini kembali membuat fans LOONA geram dengan agensi Blockberry Creative. Pasalnya, ini bukan kali pertama masalah keuangan agensi tersebut  mencuat ke publik. Sekitar tahun lalu dilaporkan jika Blockberry Creative sedang mengalami krisis keuangan yang parah. Hal itu pun memberi dampak pada pembayaran gaji para karyawan di agensi tersebut.

Idol KPop harus menjalani kehidupan yang terjal, bahkan sebelum mereka memulai debut. Namun, debut menjadi idol KPop juga terkadang bukanlah sesuatu yang bisa dianggap sebagai jalan keluar. Sebab, hal-hal lain diluar dugaan mungkin saja justru terjadi setelah debut, salah satunya mengenai pembayaran gaji.

Baca Juga: 10 Idol KPop Cewek Ini Pernah Diajak Kencan oleh Artis Lain (Part 2)

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya