Comscore Tracker

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan Multifungsi

Kamu punya koleksi album ini di rumah?

KiT album atau kihno album menjadi salah satu terobosan baru dalam ranah album KPop. Jenis album ini pun biasa dirilis sebagai pilihan lain untuk mereka yang mungkin enggan membeli album dengan CD di dalamnya.

Namun, di balik itu tentu KiT album punya kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Punya desain yang unik

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan MultifungsiKiT album NU'EST dan SEVENTEEN (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Seiring berjalannya waktu, desain album KPop tentu tak melulu berisi CD dan photobook saja. Hal itulah yang dapat dilihat dari KiT album. KiT album juga mengalami perubahan desain dari dengan earphone jack type menjadi air-kit (button type). Contohnya saja dalam gambar di atas. Meski begitu, tipe jack masih bisa digunakan.

Desainnya yang unik jadi salah satu kelebihan mengapa jenis album KPop satu ini tak jarang dikoleksi oleh KPopers. Jangan salah, di dalam KiT album pun kamu tetap bisa memutar musik dan melihat photobook secara digital, lho.

2. Multifungsi, bisa dijadikan aksesori juga, lho!

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan MultifungsiKiT album X1 (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Siapa bilang album KPop hanya bisa jadi pajangan? Kamu bisa membawa KiT atau kihno album ke mana pun kamu mau. Sebab, KiT punya ukuran yang lebih kecil dari album fisik KPop pada umumnya.

Jika tidak sedang digunakan, kamu bisa menjadikan KiT album sebagai aksesori. Kamu bisa menggantungkannya di tas sebagai penanda. Supaya tas milikmu tak tertukar dengan orang lain. 

3. Terhitung di chart

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan MultifungsiKiT album SEVENTEEN dan X1 (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Mungkin selama ini kamu bertanya-tanya, apakah membeli KiT atau kihno album itu juga terhitung dalam chart? Jawabannya tentu saja iya. Lantas, bagaimana perhitungan penjualan tersebut?

Setiap kali kamu mengunduh lagu dari KiT album yang telah dibeli akan langsung terhitung dalam chart seperti Gaon. Jadi jangan khawatir lagi jika unduhan lagu idol favoritmu tak akan terhitung jika lewat KiT album, ya.

Meski begitu, di satu sisi hal ini juga jadi kelemahan dari KiT album itu sendiri. Sebab, ada juga yang merasa membelinya hanya untuk dijadikan koleksi. Sehingga mereka tidak mengunduh lagu idol favorit mereka lewat digital album tersebut. Alhasil, unduhan lagunya pun tidak tercatat dalam chart.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Membeli Album KPop

4. Baterai harus diganti jika sudah habis

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan Multifungsibagian dalam KiT album (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Ada kelebihan, tentu ada kekurangan. KiT album adalah salah satu jenis digital album yang menjadi terobosan baru selain membeli lagu via platform musik.

Sayangnya, smart music album satu ini masih memerlukan bantuan baterai untuk bisa tetap digunakan. Jika KiT album milikmu tiba-tiba tidak bisa digunakan, ada kemungkinan jika daya baterainya sudah habis. Kamu pun harus segera menggantinya dengan yang baru.

Lantas, jenis baterai seperti apa yang bisa digunakan dalam KiT album? Kamu tinggal mencari baterai CR2032 yang punya tegangan 3 volt. Baterai ini pun bisa kamu temukan di marketplace atau toko-toko terdekat.

5. Kurang efektif untuk dibawa bepergian

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan MultifungsiKiT album SEVENTEEN (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Kelemahan selanjutnya dari KiT album adalah kurang efektif jika dibawa bepergian. Sebab, tak menutup kemungkinan jika kini sudah ada beragam platform musik. Kamu pun hanya perlu mengunduh aplikasinya dan langsung bisa mencari lagu yang ingin didengar.

Namun, jika menggunakan KiT album akan lain cerita. Meski dari segi ukuran lebih kecil dengan album fisik KPop, tapi untuk mendengarkan musik lewat KiT album perlu usaha ekstra.

Sebab, kamu harus menghubungkan KiT album milikmu ke aplikasi khusus untuk mengunduh dan mendengarkan lagu. Jika tidak ada KiT album tersebut, maka kamu tidak bisa menghubungkannya ke aplikasi tersebut apalagi mendengarkan lagu dari idol KPop favorit.

6. Harus download aplikasi lain

6 Kelebihan dan Kekurangan KiT Album KPop yang Unik dan Multifungsiguide book KiT album (dok. IDN Times/Ines Sela Melia)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika KiT album harus disambungkan ke aplikasi khusus. Aplikasi tersebut adalah KiT Player yang bisa diunduh di iOS maupun Play Store.

Mengunduh aplikasi tambahan ini akan merepotkan untuk mereka yang selalu mendapat notifikasi memori penuh. Sebab memori di smartphone sudah tak mencukupi, KiT player pun tidak dapat diunduh. Mau tidak mau, harus membersihkan beberapa data maupun meng-uninstall beberapa aplikasi agar KiT Player bisa terpasang di gawai pintar.

Kini kamu sudah lebih mengenal smart music album satu ini, bukan? Meski dari segi ukuran berbeda dengan album KPop tradisional yang berupa CD, tapi KiT album punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Apakah kamu tertarik untuk mengoleksi jenis album KPop satu ini? Atau mungkin kamu sudah memiliki beberapa koleksinya di rumah? Yuk, kasih tahu di kolom komentar!

Baca Juga: DPR IAN Rilis Album 'Moodswings In To Order', Lanjutan Kisah Mito

Topic:

  • Ines Sela Melia
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya