Comscore Tracker

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!

Ada yang melanjutkan kontrak juga

KPopers pasti sudah tidak asing dengan istilah kutukan 7 tahun. Istilah ini muncul karena grup KPop biasanya menandatangani kontrak dengan agensinya selama 7 tahun. Setelah 7 tahun berlalu, kemudian diputuskan akan memperpanjang atau mengakhiri kontrak dengan agensi tersebut.

Memasuki tahun 2022, banyak grup KPop yang mulai memasuki tahun ketujuhnya, lho. Beberapa grup ada yang mengumumkan akan memperpanjang kontrak dan ada yang mengakhirinya, nih. Grup mana saja ya yang memperpanjang dan mengakhiri kontraknya? Let's check this out!

1. MONSTA X

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!MONSTA X (twitter.com/OfficialMonstaX)

MONSTA X mengawali kariernya pada tahun 2015 lalu. Debut di bawah naungan Starship Entertainment, MONSTA X baru saja merayakan anniversary ketujuh pada tanggal 14 Mei lalu.

Saat ini, tiga member dari MONSTA X, yakni Shownu, Kihyun, dan Hyungwon sudah dikonfirmasi akan memperpanjang kontrak dengan Starship Entertainment. Sementara tiga member lainnya, yaitu Minhyuk, Joohoney, dan I.M masih berdiskusi dengan Starship Entertainment.

2. N.Flying

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!N.Fying (twitter.com/NFlyingofficial)

Grup band besutan FNC Entertainment, yaitu N.Flying ternyata sudah memperpanjang kontraknya, lho. Tahun lalu, FNC Entertainment mengumumkan, bahwa semua member N.Flying telah memperpanjang kontrak dan akan melanjutkan karier sebagai grup band.

Tidak hanya aktif bermusik, beberapa member N.Flying juga sudah mulai terjun ke dunia akting. Terbaru adalah Lee Seung Hyub leader dari N.Flying yang membintangi drama Shooting Star.

3. SEVENTEEN

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!SEVENTEEN (twitter.com/pledis_17)

Susul N.Flying, semua member SEVENTEEN juga sudah memperpanjang kontrak dengan Pledis Entertainment pada bulan Juli tahun lalu. Keputusan untuk memperpanjang kontrak ini diambil karena SEVENTEEN memiliki rasa saling percaya satu sama lain.

Melalui sebuah video call fansign yang diunggah oleh seorang fans, Seungkwan memberi tahu bahwa SEVENTEEN telah memperpanjang kontrak untuk 5 tahun ke depan. Debut pada tanggal 26 Mei 2015, SEVENTEEN menunjukkan perkembangan pesat di dunia industri hiburan Korea Selatan.

4. DAY6

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!twitter.com/day6official

Salah satu grup band asal JYP Entertainment, yaitu DAY6 juga telah memasuki tahun ketujuhnya, nih. Saat ini semua member DAY6 sedang menjalani wajib militer sehingga band ini sedang dalam masa hiatus.

Sungjin, sang leader dari DAY6 diketahui akan menyelesaikan wajib militernya pada tanggal yang sama dengan anniversary ke-7, yaitu 7 September 2022. Hingga saat ini JYP Entertainment belum merilis pernyataan apa pun tentang kontrak DAY6.

5. TWICE

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!TWICE (twitter.com/jypetwice)

TWICE jadi grup berikutnya yang sudah memasuki tahun ketujuhnya, nih. Baru-baru ini diketahui semua member TWICE akhirnya memiliki akun Instagram pribadi setelah 7 tahun berkarier.

Para penggemar akhirnya berspekulasi, bahwa TWICE akan memperpanjang kontrak mereka dengan JYP Entertainment. Namun, hingga saat ini JYP Entertainment belum merilis pernyataan apa pun terkait kontrak TWICE.

Baca Juga: 13 Idol KPop yang Akhiri Kontrak di Awal 2022, T.O.P - Jiho Oh My Girl

6. iKON

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!iKON (twitter.com/YG_iKONIC)

iKON adalah salah satu boy group dari YG Entertainment yang telah berusia 7 tahun. Saat press conference mini album Flashback pada tanggal 3 Mei lalu, Jinhwan iKON menyatakan bahwa belum ada diskusi dengan perusahaan mengenai kontrak iKON untuk ke depannya.

Jinhwan juga menambahkan, bahwa iKON saat ini akan fokus untuk bermusik dan terus berkarya. Sampai saat ini, belum ada pernyataan apa pun juga dari YG Entertainment mengenai kontrak iKON yang kemungkinan akan berakhir sebentar lagi.

7. DIA

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!DIA (twitter.com/dia_official)

DIA adalah girl group yang debut pada tanggal 14 September 2022 di bawah naungan agensi MBK Entertainment. Pada awal tahun 2022 lalu, salah satu member DIA, yaitu Somyi memutuskan untuk meninggalkan grupnya. Hal itu menyebabkan DIA akhirnya hanya melakukan promosi dengan enam member saja.

Girl group DIA telah dikonfirmasi akan merilis album terakhir sebagai grup sebelum kontraknya berakhir dengan MBK Entertainment. Album terakhir ini rencananya akan dirilis pada bulan Agustus 2022 mendatag dan menjadi comeback pertama setelah merilis mini album 'Flower 4 Seasons pada tahun 2020 lalu.

8. Oh My Girl

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!Oh My Girl (twitter.com/8_OHMYGIRL)

Tanggal 9 Mei 2022 lalu, enam member Oh My Girl dikabarkan telah memperpanjang kontrak mereka dengan WM Entertainment. Namun, salah satu member lainnya, yaitu Jiho dikabarkan tidak memperpanjang kontrak dengan agensi tersebut.

"Real Love" pun menjadi lagu terakhir dari Oh My Girl dengan formasi tujuh member. Agensi dari Oh My Girl juga telah menyatakan, bahwa girl group yang debut pada tanggal 20 April 2015 akan tetap melanjutkan kegiatan bersama.

9. CLC

Masuk 7 Tahun, Ini Kabar 9 Grup KPop yang Debut Tahun 2015, CLC Bubar!CLC (twitter.com/cubeclc)

Cube Entertainment mengumumkan, jika CLC secara resmi bubar pada tanggal 20 Mei 2022. CLC diketahui terakhir comeback dengan lagu "Helicopter" pada bulan September 2020.

Kemudian pada tahun 2021, Elkie memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan Cube Entertainment. Menyusul Elkie, member lainnya, yaitu Sorn, Yeeun, dan Seungyeon juga memilih hengkang dari Cube Entertainment setelah kontraknya berakhir. Sementara Yujin hingga kini masih berpromosi bersama Kep1er.

Kutukan 7 tahun tampaknya masih jadi momok menakutkan bagi grup KPop. Sebab, di tahun ketujuh mereka berkarier, kemungkinan untuk disbanc bisa saja terjadi. Meski begitu, tak semua "kutukan" itu berlaku pada mereka. Sebab, masih ada juga grup yang bisa bertahan dengan memperpanjang kontraknya dengan agensi yang mendebutkan mereka.

Baca Juga: 13 Idol KPop yang Tanda Tangan Kontrak dengan Label Amerika, Ada B.I!

Happiness Factory Photo Verified Writer Happiness Factory

if you can't avoid it, enjoy it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya