Comscore Tracker

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!

Unitnya banyak banget, CARAT. Kamu hapal gak?

Boygroup SEVENTEEN kini jadi salah satu grup generasi ketiga KPop yang paling populer, baik di Korea maupun di luar negeri. Hitnya seperti Don't Wanna Cry, Very Nice, hingga Left & Right pasti sudah gak asing di telinga para penggemar KPop.

Debut pada 2015, SEVENTEEN punya jumlah anggota yang tergolong banyak, yaitu 13 anggota. Mereka adalah S.COUPS, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi, The8, Mingyu, DK, Seungkwan, Vernon, dan Dino. 

Selain tampil bersama seluruh grup, SEVENTEEN juga punya banyak penampilan yang memecah anggotanya ke dalam beberapa sub-unit. Bahkan, sub-unit punya peranan penting dalam pembentukan nama SEVENTEEN, lho.

Nama SEVENTEEN yang dalam bahasa Inggris berarti tujuh belas bukan berarti SEVENTEEN punya 17 anggota, melainkan akumulasi dari 13 anggota ditambah tiga sub-unit ditambah satu keseluruhan grup. 

Selain tiga sub-unit utamanya, SEVENTEEN juga punya sederet sub-unit spesial yang penampilannya gak kalah keren. Penasaran? Yuk, simak 12 sub-unit SEVENTEEN di bawah ini!

1. Hip Hop Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota Hip Hop Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album ATTACCA (twitter.com/pledis_17)

SEVENTEEN secara umum membagi grup ke dalam tiga sub-unit utama, yaitu Hip Hop Unit, Vocal Unit, dan Performance Unit.

Dalam Hip Hop Unit, keempat anggotanya bertanggung jawab dalam bagian rap lagu, atau yang biasa disebut dengan rap line grup. Mereka adalah S.COUPS, Wonwoo, Mingyu, dan Vernon, dengan leader unit yaitu S.COUPS.

S.COUPS dan Vernon menempati posisi main rapper, sementara Wonwoo dan Mingyu menempati posisi sub rapper. Keempat rapper andalan SEVENTEEN ini sudah punya banyak lagu unit, lho! Sebut saja beberapa yang terkenal, seperti Trauma dan Check In.

2. Vocal Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota Vocal Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album ATTACCA (twitter.com/pledis_17)

Seperti namanya, Vocal Unit punya anggota dengan vokal yang gak main-main. Anggotanya adalah Woozi, Jeonghan, Joshua, DK, dan Seungkwan. Dua anggota termuda unit ini, DK dan Seungkwan adalah main vocalist SEVENTEEN.

Dikenal dengan title self-producing group, SEVENTEEN memang memproduksi sebagian besar porsi musiknya sendiri. Walau bukan yang paling tua di unit ini, Woozi dipercaya menjadi leader karena kemampuan dan kontribusinya dalam membuat musik bagi SEVENTEEN. 

Vocal Unit juga punya banyak lagu yang menjadi hit, beberapa di antaranya adalah Pinwheel dan Imperfect Love.

3. Performance Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota Performance Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album ATTACCA (twitter.com/pledis_17)

Anggota Performance Unit adalah para dancer andalan SEVENTEEN. Mereka adalah Hoshi, Jun, The8, dan Dino. Hoshi dan Dino menempati posisi main dancer, sementara Jun dan The8 adalah sub dancer

Dipimpin oleh Hoshi yang sejak debut telah membuat sebagian besar koreografi lagu-lagu SEVENTEEN, unit ini punya banyak lagu-lagu hit dengan koreografi yang kompleks, lho. Sebut saja Lilili Yabbay dan Highlight.

Ketiga unit ini adalah unit utama SEVENTEEN yang punya diskografi panjang karena telah terbentuk sejak debut pada 2015. Mana favorit kamu, nih?

4. Leader Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota Leader Unit SEVENTEEN dalam pemotretan single Change Up (twitter.com/pledis_17)

Selain ketiga unit utama di atas, SEVENTEEN juga jadi grup yang sering membentuk unit-unit spesial. 

Salah satunya adalah Leader Unit yang anggotanya adalah leader dari Hip Hop, Vocal, dan Performance Unit. Mereka adalah S.COUPS, Woozi, dan Hoshi. Unit ini lahir pada 24 September 2017 dengan single berjudul Change Up

Belum comeback lagi sejak debutnya, unit ini selalu ditunggu-tunggu penggemar untuk segera comeback, nih!

5. BooSeokSoon (BSS) Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota BooSeokSoon Unit SEVENTEEN dalam pemotretan single Just Do It (twitter.com/pledis_17)

Salah satu unit spesial lainnya adalah BooSeokSoon atau yang disingkat menjadi BSS. Unit ini beranggotakan tiga anggota paling lucu atau yang dikenal dengan the gag trio SEVENTEEN, yaitu DK sebagai leader, Hoshi, dan Seungkwan.

Unit ini debut pada 21 Maret 2018 dengan single berjudul Just Do It. Nama BooSeokSoon sendiri diambil dari nama asli ketiga anggota yang digabungkan, yaitu Boo Seung Kwan (Seungkwan), Lee Seok Min (DK), dan Kwon Soon Young (Hoshi).

6. 95L Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota 95L Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album Semicolon (twitter.com/buzzfeeddaebak)

Membentuk unit yang didasarkan pada tahun lahir baru dilakukan SEVENTEEN ketika menggarap album spesialnya yang berjudul "Semicolon" pada 2020. Dalam album tersebut, masing-masing unit menyumbang satu lagu dan ada dua lagu grup sehingga "Semicolon" punya total enam lagu.

Unit pertama adalah 95L Unit yang anggotanya lahir pada 1995. Mereka adalah S.COUPS, Jeonghan, dan Joshua. Unit ini punya lagu yang berjudul Ah! Love.

Baca Juga: [QUIZ] Dari Perayaan Pergantian Tahun Favoritmu, Kami Tahu Member SEVENTEEN yang Pas Temanimu

7. 96L Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota 96L Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album Semicolon (twitter.com/buzzfeeddaebak)

Anggota yang lahir pada 1996 membentuk satu unit tersendiri. Mereka adalah Jun, Hoshi, Wonwoo, dan Woozi. Lagu unit mereka yang berjudul Light A Flame jadi salah satu favorit penggemar karena konsepnya yang seksi dengan mengusung genre bossanova jazz bernuansa Latin dengan nada orkestra.

8. 97L Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota 97L Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album Semicolon (twitter.com/buzzfeeddaebak)

Kelahiran 1997, DK, Mingyu, dan The8 masuk ke dalam unit 97L. Mereka punya lagu berjudul Hey Buddy yang merupakan sebuah lagu funk dan pop yang menampilkan instrumentasi tahun 80-an.

9. Maknae Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota Maknae Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album Semicolon (twitter.com/buzzfeeddaebak)

Gak lahir dalam tahun yang sama, Seungkwan, Vernon, dan Dino masuk ke dalam Maknae Unit. Seungkwan dan Vernon merupakan kelahiran 1998, sementara Dino lahir pada 1999, membuat ketiganya jadi anggota termuda (maknae) di SEVENTEEN.

Unit ini jadi salah satu unit yang powerful dari SEVENTEEN, karena beranggotakan seorang main vocalist yaitu Seungkwan, main rapper yaitu Vernon, dan main dancer yaitu Dino. Unit ini punya lagu berjudul Do Re Mi, yang merupakan lagu slow burn  yang menampilkan trap bassline. 

10. International Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota International Unit SEVENTEEN dalam pemotretan album An Ode (twitter.com/pledis_17)

Anggota International Unit SEVENTEEN adalah keempat anggota yang bukan berasal dari Korea, tetapi dari Amerika dan China, yaitu Joshua, Jun, The8, dan Vernon. Unit ini punya lagu yang berjudul Network Love yang ada pada album ketiga SEVENTEEN berjudul "An Ode" pada 2019. 

Joshua besar di Los Angeles, California, sedangkan Vernon lahir di New York dan keluarganya tinggal di Florida. Sementara Jun dan The8 adalah anggota asal Tiongkok yang berasal dari Kota Shenzhen dan Kota Haichen.

11. America Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota America Unit SEVENTEEN dalam pemotretan untuk ELLE (twitter.com/pledis_17)

International Unit punya sub-unit lagi, lho. Joshua dan Vernon yang berasal dari Amerika bergabung dalam America Unit dan debut pada 2017 lewat lagu Rocket dalam album SEVENTEEN yang berjudul "Teen, Age".

Joshua dan Vernon baru comeback dengan kembali membuat lagu unit pada 2021. Dengan judul 2 MINUS 1, lagu ini penuh dengan lirik berbahasa Inggris dan rilis dalam album terakhir SEVENTEEN, "ATTACCA".

12. China Unit

Jangan Ngaku CARAT Kalau Belum Hapal  12 Sub-Unit SEVENTEEN Ini!Anggota China Unit SEVENTEEN (twitter.com/pledis_17)

Jun dan The8 yang berasal dari Tiongkok pun punya unit tersendiri, yaitu China Unit. Mereka debut pada 2017 lewat lagu My I yang rilis dalam album SEVENTEEN berjudul "AL1".

Sama-sama anggota dari Performance Team, My I punya koreografi yang gak biasa, lho! Menambah kompleksitasnya, Jun dan The8 menari menggunakan properti kain sepanjang lagu yang membuat lagu ini jadi makin keren!

Selain 12 unit di atas, ada dua unit lain yang gak secara resmi punya nama, yaitu anggota SEVENTEEN yang tergabung dalam penampilan lagu Flower yaitu S.COUPS, Jeonghan, Wonwoo, The8, Seungkwan, dan Dino; serta Hello, yaitu Jun, Mingyu, dan DK. 

Itulah 12 sub-unit SEVENTEEN yang bersama-sama membangun SEVENTEEN jadi satu keseluruhan! Mana sub-unit favorit kamu?

Baca Juga: Anti-mainstream, Intip 10 Artsy Look ala The8 SEVENTEEN

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya