Comscore Tracker

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih Dominan

Walau sendirian, kualitas rap mereka gak main-main

Setiap member dari grup KPop memiliki posisi yang disesuaikan dengan talenta masing-masing. Posisi tersebut juga menentukan bagian dalam lagu-lagu yang rilis, sehingga menentukan peran rapper dan vokalis dianggap penting.

Walaupun penting, terkadang posisi rapper juga hanya dimiliki oleh satu member saja, sedangkan vokalis lebih mendominasi dalam sebuah grup. Ada banyak penyebab dari hal tersebut, baik member yang meninggalkan grup maupun menyesuaikan dengan konsep. Yuk, simak!

1. iKON 

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih DominaniKON (instagram.com/withikonic)

iKON debut sebagai boy group yang memiliki tujuh member. Pada awalnya, mereka juga memiliki dua rapper berbakat seperti B.I dan Bobby yang bahkan pernah mengikuti program survival bertajuk Show Me The Money. 

Sayangnya, B.I meninggalkan grup tersebut setelah terjerat isu penyalahgunaan narkoba pada tahun 2019 lalu. Sejak saat itu, Bobby menjadi satu-satunya rapper yang mengisi semua bagian rap dalam lagu iKON.

2. DAY6 

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih DominanDAY6 (day6.jype.com)

DAY6 merupakan band yang lebih fokus dalam bagian menyanyi. Meskipun begitu, mereka juga memiliki rapper yang dianggap melengkapi grup dan membuat lagu-lagunya tak membosankan. Young K pun jadi member yang berperan penting dalam rap. 

Dalam profil resmi, DAY6 disebutkan sebagai band dengan dua rapper. Meskipun begitu, Jae pernah membantah dan mengaku bahwa ia hanya berposisi sebagai penyanyi saat ngobrol bareng Eric Nam. Ia menyatakan, bahwa ia hanya seseorang yang menyukai genre hip-hop.

Baca Juga: 5 Boy Group KPop yang Membernya Kompak Pindah dari Agensi 

3. VIXX 

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih DominanVIXX (instagram.com/vixx_stargram)

Debut pada tahun 2012, VIXX saat ini hanya memiliki satu member yang berposisi sebagai rapper. Member tersebut bernama Ravi yang kini tengah aktif berpromosi sebagai solois, namun tetap memilih tak meninggalkan grupnya. 

Sebelumnya, ada Hongbin yang juga berposisi sebagai lead rapper. Namun, ia memang lebih sering mendapatkan bagian bernyanyi ketimbang rap selama masih aktif sebagai artis. Kini, ia juga telah meninggalkan grup setelah kontroversi yang melibatkan dirinya.

4. AB6IX 

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih DominanAB6IX (instagram.com/ab6ix_official)

Pada awalnya, AB6IX juga memiliki dua member yang berperan sebagai rapper. Namun, Youngmin yang berposisi sebagai leader sekaligus rapper memilih meninggalkan grup setelah terjerat skandal pada tahun 2020 lalu. 

Sejak saat itu, hanya Woojin yang mengisi bagian rap untuk grup. Ia juga merupakan main dancer yang telah menarik perhatian akan talentanya saat bergabung dengan Wanna One yang merupakan grup yang masa kontraknya singkat.

5. TEEN TOP 

5 Boy Group KPop yang Hanya Punya Satu Rapper, Vokalis Lebih DominanTEEN TOP (instagram.com/official_teentop)

Sejak L.Joe atau Lee Byung Hun tak memperpanjang kontrak, TEEN TOP resmi menjadi boy group yang hanya memiliki satu rapper. Ia bernama Bang Min Soo atau C.A.P yang talentanya perlu lebih diapresiasi.

Selain berposisi sebagai rapper utama, C.A.P juga menjadi leader untuk grup yang masih eksis ini. Mereka masih kompak dengan lima member tersisa, di mana vokalis lebih mendominasi bagian lagu.

Meskipun menjadi grup yang hanya memiliki satu rapper, boy group di atas tetap memiliki lagu dengan bagian yang dianggap adil dan cocok untuk setiap member. Penggemar juga tak pernah protes akan posisi tersebut, terlebih karena cukup jarang grup yang memilih menambah member baru setelah lama debut.

Baca Juga: 5 Idol KPop yang Pernah Tereliminasi saat Ikut Audisi Superstar K

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya