Comscore Tracker

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya 

Mereka tak menyangka bakal dibubarkan secara mendadak 

Saat membubarkan sebuah grup, agensi biasanya mengungkapkan bahwa mereka telah mendiskusikan hal tersebut dengan para member sebelum memutuskannya. Namun pada kenyataannya, pernyataan tersebut tidak selalu benar karena agensi justru mengambil keputusan sepihak dengan hanya memikirkan keuntungannya. 

Banyak member dari grup yang mengakui bahwa agensi sudah enggan melanjutkan kontrak, bahkan tidak mempromosikan mereka dengan benar. Kabar pembubaran tersebut juga terlalu mendadak, baik bagi para idol maupun penggemarnya. Untuk lebih detailnya, yuk, simak!

1. GFRIEND 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya GFRIEND (instagram.com/gfriendofficial)

Member GFRIEND tak pernah berencana bubar dengan cepat, tetapi agensi mengumumkan hal itu pada Mei 2021. Penggemar makin yakin mereka dipaksa bubar, saat SinB mengaku tak menyangka bahwa era "MAGO" adalah yang terakhir untuk mereka. 

Menurut pernyataan SinB, para member menangis saat diberi tahu mengenai pembubaran tersebut. Pada kesempatan lain, Sowon sang leader juga mengakui bahwa semua member patah hati karena dibubarkan. Namun, keduanya sepakat bahwa masih ada kemungkinan bagi GFRIEND untuk promosi bareng lagi.

2. NU'EST 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya NU'EST (youtube.com/NU'EST | youtube.com/KOREAN COWBOYS)

Meskipun tak secara gamblang, Aron mengatakan bahwa keputusan untuk pembubaran adalah hal yang telah diputuskan untuk mereka. Ren dan Aron mengaku tidak mempersiapkan apa-apa untuk aktivitas individunya dan merasa khawatir jelang pembubaran, sehingga penggemar meyakini bahwa keputusan itu bukan diambil oleh mereka, melainkan agensi. 

Selain itu, dalam konten behind the scene untuk album Needle & Bubble, member NU'EST tak mengatakan bahwa album tersebut akan jadi yang terakhir untuk mereka. Mereka justru mengatakan, bahwa Needle & Bubble akan jadi album untuk perayaan hari debut NU'EST yang ke-10 alih-alih untuk pembubaran.

3. X1

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya X1 (instagram.com/x1official101)

CJ ENM berusaha mendiskusikan kelanjutan masa promosi untuk X1 dengan agensi asli para member yang direncanakan akan promosi sebagai grup proyek selama 5 tahun. Namun, semua agensi dari member tidak setuju, sehingga mereka terpaksa harus bubar hanya setelah 5 bulan debut. Ini terjadi setelah adanya skandal manipulasi voting di program Produce X 101 yang menyeleksi dan membentuk X1.

Baca Juga: 5 Idol KPop yang Mengaku Pernah Terpaksa Melakukan Lip Sync 

4. S.E.S 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya S.E.S (twitter.com/SMTOWNGLOBAL)

Di program Golden Fishery, Eugene mengatakan bahwa semua member S.E.S ingin memperpanjang kontrak sebagai grup. Namun, SM Entertainment hanya ingin mengontrak mereka sebagai individu. Akibat tak adanya kesepakatan yang baik dalam diskusi kontrak, mereka pun memutuskan bubar. 

Eugene menambahkan, bahwa dulu tidak ada sistem promosi individu bagi mereka yang masih berstatus sebagi member grup. Jika melakukannya, mereka akan dianggap mengkhianati grup. Eugene mengatakan, bahwa mereka mungkin masih aktif promosi bareng jika saja mereka bisa promosi solo tanpa harus bubar selayaknya idol generasi kedua hingga ketiga saat ini.

5. 2NE1

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya 2NE1 (twitter.com/ygent_official)

YG Entertainment mengambil keputusan pembubaran tanpa diskusi lebih dulu dengan member 2NE1. Sebab, dalam sebuah wawancara, CL mengatakan bahwa ia baru mengetahui berita pembubaran itu melalui kabar di media tanpa diberi tahu oleh agensi. Kabar itu langsung membuatnya sedih saat sedang bersama keluarganya. 

2NE1 bubar pada tahun 2016. Mereka masih sering reuni, hingga pernah tampil bareng lagi di Coachella karena merasa bersalah sudah bubar tanpa penjelasan yang tepat untuk penggemar. Semua member juga mengaku masih dapat promosi bareng jika ada waktu yang tepat.

6. Gugudan 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya Gugudan (instagram.com/gu9udan)

Gugudan sudah tak aktif promosi sejak November 2018, hingga diumumkan bubar pada Desember 2020. Melalui program Produce Camp 2020, Sally menyatakan bahwa semua member diusir dari dorm meskipun mereka tidak menginginkannya pada awal tahun 2019. 

Saat menginginkan kejelasan sampai kapan mereka harus pergi dari dorm, pihak agensi hanya menyatakan bahwa mereka tidak boleh berada di sana lagi sebelum disuruh untuk kembali. Meskipun menolak, mereka akhirnya pergi dengan terpaksa sebelum akhirnya dikonfirmasi bubar secara mendadak.

7. BLK 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya BLK (instagram.com/blk.official)

Kurang dari setahun setelah debut, BLK dibubarkan. Taebin mengungkapkan bahwa mereka terpaksa bubar karena masalah internal dengan agensi melalui fan cafe. Meskipun merasa khawatir akan masa depannya, mereka mulai menerima kenyataan pahit tersebut dan akan mengenang masa-masa berharga bersama penggemar dalam waktu singkat.

8. CLC 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya CLC (instagram.com/cube_clc_official)

Tahun ini, CLC resmi dibubarkan oleh Cube Entertainment setelah tak ada lagi aktivitas grup dalam beberapa tahun. Tampaknya, hal ini terjadi karena agensi sudah enggan mempromosikan mereka dengan benar. Terlebih, setelah Elkie mengajukan pemutusan kontrak karena agensi tak memberikan dukungan lagi pada mereka sejak tahun 2020.

Hal serupa diungkap oleh Yujin di program Girls Planet 999. Sambil menangis, ia mengatakan betapa Cube Entertainment telah memberi tahu CLC, bahwa mereka tidak punya kegiatan lagi sebagai grup. Penggemar pun menyayangkan kurangnya kepedulian agensi pada CLC selama mereka masih aktif berkarier, hingga dibubarkan begitu saja.

9. 4MINUTE 

9 Grup KPop yang Ternyata Dipaksa Bubar oleh Agensinya 4MINUTE (twitter.com/cubeunited)

Sebuah media Korea terkemuka, Sports World, membahas kebenaran di balik pembubaran 4MINUTE pada tahun 2016 lalu. Rupanya, 50 persen saham dari Cube Entertainment telah dibeli oleh iHQ. iHQ menganggap bahwa 4MINUTE tidak menguntungkan lagi bagi agensi. 

Karena keuntungan lebih diprioritaskan ketimbang musik, 4MINUTE akhirnya dibubarkan. Setahun kemudian, Jiyoon mengungkap bahwa mereka bahkan tidak pernah menginginkan pembubaran, bahkan belum ada yang berpikir untuk lebih fokus pada aktivitas individu. Agensi memutuskan hal itu tanpa mendiskusikannya lebih dulu dengan 4MINUTE.

Keputusan sepihak agensi yang membubarkan grup secara paksa, tentu membuat penggemar merasa geram. Terlebih, member dari grup yang dibubarkan bakal merasa khawatir dan harus tergesa-gesa menentukan rencananya dalam aktivitas individu karena agensi membuat keputusan sepihak secara mendadak.

Baca Juga: 9 Grup KPop yang Ternyata Bubar akibat Pandemi COVID-19

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya