Comscore Tracker

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup 

Mereka re-debut dengan beragam alasan berbeda 

Grup KPop lebih banyak digandrungi berbagai kalangan saat ini, sehingga tak mengherankan jika banyak idol memilih re-debut atau debut ulang setelah menjadi solois. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang justru jauh lebih cocok menjadi member grup ketimbang berpromosi sebagai solois. 

Pilihan mengubah karier tersebut juga tak dianggap aneh lagi di industri hiburan Korea. Buktinya, idol di bawah ini tak mendapatkan komentar jahat karena mengubah pilihannya tersebut. Yuk, simak!

1. Bang Yong Guk eks B.A.P 

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup Bang Yong Guk (instagram.com/bangstergram)

Sebelum debut, Bang Yong Guk dikenal sebagai underground rapper dengan nama panggung Jepp Blackman. Lantas, ia menandatangani kontrak dengan TS Entertainment hingga menjadi rekan duet Song Ji Eun untuk lagu "Going Crazy" pada tahun 2011. 

Bang Yong Guk debut sebagai solois dengan single "I Remember" pada tahun 2011 lalu. Setahun kemudian, barulah ia diperkenalkan sebagai leader dan rapper B.A.P dengan single "Warrior" yang legendaris. Sayangnya, grup tersebut sudah bubar, sehingga ia mendirikan agensi CONSENT dan kembali fokus pada karier solo.

2. Yuvin eks B.O.Y 

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup Yuvin (instagram.com/syv0428)

Sebelum menjadi member grup MYTEEN, Yuvin berkarier solo dengan merilis single "You Are The Only One" pada tahun 2016 lalu. Ia bergabung dengan MYTEEN pada tahun 2017. Namun, grup tersebut juga berujung bubar dan membuatnya kembali debut dengan duo bernama B.O.Y bersama Kookheon. 

Sayangnya, B.O.Y juga sudah dibubarkan tahun ini. Yuvin mengumumkan meninggalkan The Music Works, kemudian mengaku bakal comeback lagi dengan rencana baru dan mengharapkan dukungan penggemar.

Baca Juga: 10 Idol KPop Pernah Alami Gangguan Kecemasan, Ada Kang Daniel

3. Gikwang Highlight 

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup Gikwang Highlight (instagram.com/highlight_auent)

Gikwang memulai debutnya sebagai solois pada tahun 2009 lalu dengan nama AJ. Saat itu, ia populer berkat kemampuannya dalam menari dan bahkan disebut sebagai penerus Rain. 

Setelah 6 bulan berkarier solo, ia mengganti namanya menjadi Gikwang dan memulai aktivitas sebagai member BEAST. Saat ini, sang artis masih menjadi bagian dari grup yang telah berganti nama jadi Highlight tersebut.

4. Seungyoon WINNER 

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup Seungyoon WINNER (instagram.com/w_n_r00)

Seungyoon debut sebagai solois saat masih mengikuti program survival bertajuk Who Is Next. Walaupun tak debut sebagai member WINNER, ia memang dijanjikan dapat berkarier solois oleh pendiri YG Entertainment yang mengagumi bakatnya. 

Saat itu, Seungyoon merilis single "It Rains" dan "Wild and Young" pada tahun 2013 dan langsung meraih beragam prestasi berkat popularitasnya. Namun, tim Seungyoon pada akhirnya menang di program survival dan membuatnya berkarier sebagai leader dan main vocalist bagi WINNER sampai kini. 

5. Jimin Just B 

5 Idol KPop Cowok yang Berkarier Solo Sebelum Jadi Member Grup Jimin Just B (instagram.com/justb_ig_official)

Jimin mengawali karier sebagai solois dengan merilis single "Mini" dan "Youth" pada tahun 2019 lalu. Sebelum debutnya, idol multitalenta ini sudah sering menunjukkan bakatnya, seperti di program The Fan dan hampir debut dengan grup dari agensi Play M Entertainment. 

Jimin memulai debutnya sebagai member Just B tahun ini. Grup tersebut juga baru comeback dengan album Just Beat yang mengekspresikan passion tiap member melalui konsepnya.

Tentu, bakal cukup sulit untuk beradaptasi dalam grup bagi mereka yang telah lama berkarier solo. Oleh karena itu, idol di atas patut diapresiasi akan keberanian mereka demi dapat terus berkarier di dunia hiburan.

Baca Juga: Sama Banget! Ini 6 Idol dan Solois KPop yang Memiliki Nama Kim Minseo

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya