Comscore Tracker

Jarang Terjadi, 9 Idol KPop Ini Debut dengan Full Album

Full album mereka berisi lagu-lagu yang memenuhi ekspektasi 

Full album tidak umum digunakan oleh idol KPop untuk debutnya. Terkadang, butuh beberapa tahun bagi mereka untuk merilis album dengan format tersebut karena lebih memilih mengawali karier dengan single album atau mini album.

Padahal, debut dengan full album dapat membuat penggemar baru mengagumi keberagaman karya musik dalam diskografi mereka. Sebab, full album berisi delapan atau lebih lagu dengan genre yang bervariasi. Nah, deretan idol KPop inilah yang sukses menarik atensi dengan merilisnya. Yuk, simak!

1. WINNER merilis full album bertajuk 2014 S/S yang didominasi lagu bergenre ballad untuk debut. Mereka juga aktif mempromosikan title track-nya 

https://www.youtube.com/embed/gEqlF5N8UMs

2. iKON merilis album Welcome Back yang berisi 12 lagu dengan makna beragam. Album ini bikin antusias karena debut mereka sudah lama dinanti! 

https://www.youtube.com/embed/ZS6vfv4sszg

3. Do It Amazing merupakan album debut DIA yang berisi sepuluh lagu. Lagu-lagunya diproduksi oleh sejumlah produser ternama, lho!

https://www.youtube.com/embed/tzQv6TgwuFQ

4. Setelah berganti nama, BLACKSWAN debut ulang dengan album Goodbye RANIA pada tahun 2010. Didominasi lagu bergenre dance pop! 

https://www.youtube.com/embed/Yb_K5-IIKgg

5. Dengan total sepuluh lagu, Wonpil DAY6 memulai debut solonya saat merilis album bertajuk Pilmography yang didominasi lagu bergenre ballad

https://www.youtube.com/embed/mLujariVSJs

Baca Juga: 9 Idol KPop yang Pernah Dituduh Berselingkuh, Gak Semuanya Benar! 

6. Mino WINNER merilis album XX untuk debut solonya pada tahun 2018. Keberagaman genre dan topik yang dibahas jadi daya tariknya, lho!

https://www.youtube.com/embed/NY8VGNft-Zc

7. Funny Night merupakan album debut Kwon Jin Ah pada tahun 2016. Ia juga berkontribusi dalam menciptakan lagu-lagunya, lho!

https://www.youtube.com/embed/sOgsp64fw0M

8. Dengan total 13 lagu, Vanner rilis full album bertajuk V pada 2019. Mereka mempromosikan "Better Do Better" sebagai title track

https://www.youtube.com/embed/2S_yxj9UPWg

9. Hyolyn debut dengan full album bertajuk Love & Hate pada tahun 2013. Ia juga menggaet beberapa artis ternama untuk kolaborasi dalam lagunya 

https://www.youtube.com/embed/0CbE3SqbOdY

Full album memang tidak umum digunakan untuk debut, tetapi bukan berarti tak dapat meraih kesuksesan. Justru, mereka dinilai menawarkan sejumlah lagu dengan genre dan pembahasan beragam dalam liriknya yang mungkin lebih memenuhi ekspektasi.

Baca Juga: 9 Idol KPop Cewek Sempat Iri pada Artis Lain, Manusiawi (Part 1)

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya