Comscore Tracker

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai Kontroversi

Mereka dianggap berlebihan dalam bercanda 

Ada kalanya, candaan dari idol KPop terhadap rekan grupnya dinilai terlalu berlebihan hingga terkesan menghina oleh publik. Hal ini dapat menimbulkan kontroversi dan tuntutan permintaan maaf dari penggemar yang turut merasa tidak nyaman mendengarkan lelucon dari mereka.

Biasanya, mereka akan dikritik jika komentarnya terkesan mendiskriminasi maupun menyinggung berat badan rekan grupnya. Dengan begitu, mereka diharapkan dapat lebih berhati-hati akan setiap perkataannya di masa depan. Penasaran siapa saja yang dimaksud? Yuk, simak!

1. ENHYPEN 

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai KontroversiENHYPEN (twitter.com/ENHYPEN)

Dalam beberapa kesempatan, member ENHYPEN mengatakan candaan yang menyinggung berat badan Sunoo. Beberapa di antaranya, saat Ni-Ki menyamakan rekan grupnya itu dengan karakter Baymax dalam sebuah wawancara. Selain itu, Sunghoon juga mengatakan Sunoo terlihat seperti gajah pada seorang sutradara yang terungkap dalam siaran V Live pada 19 Juni lalu. 

Meskipun Sunoo turut tertawa dengan candaan tersebut, publik tetap menganggapnya terlalu berlebihan. Terlebih, gajah dan karakter Baymax sering dianggap sebagai ejekan untuk seseorang dengan tubuh besar. 

2. Chanyeol EXO 

Banyak orang beranggapan bahwa Chanyeol sudah keterlaluan dengan mengunggah gambar yang terkesan ofensif di Instagram pribadinya pada tahun 2014. Ia dianggap mengunggah karikatur yang mendiskriminasi Kai dan Tao terkait warna kulitnya. 

Terlebih lagi, Kai diberi julukan "Kkamjong" oleh EXO karena dianggap memiliki kulit yang lebih gelap ketimbang member lainnya. Menurut Xiumin, member EXO sering memanggilnya dengan julukan tersebut.

3. Jisung NCT 

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai KontroversiJisung NCT (instagram.com/nct_dream)

Jisung dan Chenle pernah menuai kritik karena percakapan mereka tentang Haechan saat tengah makan siang di Frankfurt yang diunggah dalam sebuah konten pada tahun ini. Chenle awalnya mengatakan bahwa menu yang mereka pesan bisa membuat warna kulit jadi jauh lebih putih. 

Jisung pun menanggapi dengan mengatakan bahwa ia ingin membelinya dalam porsi yang banyak. Lalu, ia terkesan ingin tahu dengan menyatakan bahwa dirinya penasaran apakah kulit Haechan dapat berubah jika memakan menu itu juga. Pernyataannya ini secara tak langsung dianggap merendahkan rekan grupnya itu, karena memiliki kulit lebih gelap dari mereka.

4. Jeno NCT 

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai KontroversiJeno NCT (instagram.com/nct_dream)

Jeno dituduh xenofobia saat menunjukkan reaksi berlebihan pada Chenle yang tengah membacakan aturan dari sebuah game dalam bahasa Korea pada tahun 2019. Ia menunjukkan respons seolah frustrasi dengan memukul-mukul dadanya pada kesempatan itu. 

Padahal, Chenle adalah idol yang berasal dari China sehingga wajar saja jika ia terkesan lebih lambat dalam membaca tulisan berbahasa Korea. Beberapa orang menganggap tindakan Jeno ini keterlaluan, namun tidak sedikit juga yang merasa bahwa ia melakukan itu untuk bercanda tanpa niat merendahkan.

Baca Juga: 9 Idol KPop Cowok Ini Hobi Baca Webtoon, Rekomendasinya Oke! (Part 2)

5. Kwangjin eks N.FLYING 

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai KontroversiKwangjin eks N.FLYING (instagram.com/healthy_kkj)

Pada tahun 2018, Kwangjin menuai kontroversi saat penggemar menyatakan sejumlah tudingan buruk yang merusak reputasinya di komunitas online. Banyak orang mengklaim bahwa ia berperilaku buruk pada penggemar di fansign

Selain itu, Kwangjin juga dituduh membicarakan hal-hal buruk tentang member N.FLYING dan agensinya. Pada akhirnya, ia meninggalkan grupnya tersebut. Selang 4 tahun kemudian, ia berhasil membuktikan bahwa semua rumor itu palsu usai dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual terhadap penggemarnya di saluran YouTube pribadi. 

6. Taeyong, Mark, dan Baekhyun SuperM 

https://www.youtube.com/embed/exs3WtZ77-Q

Dalam konten MTOPIA pada tahun 2020, Taeyong memulai percakapan dengan mengatakan sisi di mana Lucas duduk terlihat lebih redup sambil tertawa. Mark dan Baekhyun pun merespons dengan menyatakan bahwa mereka sampai tak dapat melihat Lucas. Tak lama kemudian, Kai pun mengubah topik pembicaraan tersebut. 

Banyak yang beranggapan bahwa mereka mengambil kesempatan itu untuk mengejek Lucas. Sebab, idol tersebut memiliki kulit lebih gelap ketimbang member SuperM lainnya. Namun, banyak juga yang menilai bahwa mereka hanya membahas kurangnya pencahayaan di tempat Lucas duduk tanpa adanya maksud lain. 

7. RM BTS 

7 Idol KPop Cowok Ini Dituduh Menghina Rekan Grupnya, Tuai KontroversiRM BTS (twitter.com/bts_bighit)

Pada tahun 2015, RM pernah memberikan jawaban kontroversial saat ditanyai mengenai kesan pertamanya saat baru bertemu member lainnya. Ia mengatakan bahwa dirinya tak bisa melihat V dan J-Hope karena mereka terlihat gelap. Pengakuannya itu sontak dianggap mengejek rekan grupnya dan mendiskriminasi orang berkulit gelap. 

Tak lama kemudian, RM juga menerima ancaman pembunuhan di Twitter. Kontroversi yang makin tak terkendali terkait ancaman tersebut dianggap menjadi alasan mengapa aktivitas hi-touch BTS yang bertajuk The Red Bullet US dibatalkan begitu saja.

Walaupun sudah dekat satu sama lain, penggemar berharap agar idol di atas tetap bersikap saling menghargai dengan tidak menyinggung perasaan rekan grupnya. Jika candaan mereka dianggap berlebihan, mereka pun bakal menerima kritik agar lebih berhati-hati di masa mendatang.

Baca Juga: 9 Idol KPop yang Sering Menolak Tawaran Akting di Drama Korea

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya