Comscore Tracker

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!

Mereka punya banyak prestasi di bidang musik, nih 

Mengembangkan karier individu dengan mencoba akting dan menjadi solois merupakan pilihan umum bagi para idol KPop generasi kedua, berhubung kebanyakan dari mereka debut sebagai member grup. Secara perlahan, nama mereka sebagai individu pun mulai dikenal publik.

Mayoritas idol dari generasi kedua memang jauh lebih populer sebagai aktor maupun aktris di layar kaca. Akan tetapi, tak sedikit pula yang popularitasnya mengagumkan sebagai solois seperti deretan idol berikut ini. Yuk, simak!

1. Sunmi 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Sunmi (instagram.com/miyayeah)

Sunmi pertama kali dikenal sebagai solois setelah merilis "24 Hours" yang langsung meraih predikat all-kill di platform musik. Single lain seperti "Full Moon" juga meraih banyak prestasi digital dengan memuncaki Gaon Digital Chart dan Billboard K-Pop Hot 100. Lagu itu dipuji inovatif karena sang idol membawakannya dengan kesan seksi dan elegan. 

Setelah pembubaran Wonder Girls, Sunmi masih populer sebagai solois. Lagu-lagunya seperti "Gashina", "Heroine", hingga "Sirene" disukai publik. Ia juga telah meraih belasan penghargaan sebagai solois, lho.

2. Taeyeon SNSD 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Taeyeon SNSD (instagram.com/taeyeon_ss)

Taeyeon langsung populer sejak debut solo dengan album bertajuk I pada tahun 2015. Dari tahun 2011 hingga 2021, main vocalist SNSD ini berhasil menjual lebih dari 1 juta copy album fisiknya dan jadi solois wanita dengan penjualan tertinggi saat itu. Hal ini membuat banyak idol mengagumi dan mengidolakannya. 

Popularitas Taeyeon seolah tak pernah meredup, mengingat hampir tiap tahun ia meraih penghargaan sebagai solois maupun penyanyi yang mengisi soundtrack drama populer. Selain sebagai idol, ia pun terkenal sebagai MC dan bintang variety show hingga saat ini.

3. Taemin SHINee 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Taemin SHINee (instagram.com/shinee)

Konsep yang unik membuat Taemin langsung tenar begitu merilis album debutnya sebagai solois, Ace. Tak butuh waktu lama, ia juga berpromosi di Jepang pada tahun 2016 dan membawa berbagai prestasi mengesankan. Sang idol sendiri juga sudah menyiapkan diri dengan sempurna sebagai solois, dengan lebih banyak berlatih menari dan menyanyi.

Taemin sudah sering mengadakan konser solo yang tak kalah sukses. Salah satu ciri khasnya yang disukai publik adalah dirinya berani menunjukkan gaya yang mendobrak standar maskulinitas. Wajar jika ia juga mendapat apresiasi dengan meraih banyak penghargaan hingga kini.

4. IU 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!IU (instagram.com/dlwlrma)

IU tidak langsung sukses dalam meniti karier, karena albumnya yang bertajuk Lost and Found gagal menyita perhatian publik. Ia baru terkenal setelah merilis lagu bertajuk "Nagging" beberapa tahun kemudian. Setelah itu, ia merilis "Good Day" yang tak kalah populer, hingga ia berhasil membayar utang keluarganya. 

Saat ini, IU dikenal sebagai salah satu solois yang selalu sukses dengan lagu-lagunya. Baik title track, side track, maupun soundtrack drama darinya selalu menerima respons yang baik dari publik dengan meraih predikat perfect all-kill. Selain itu, ia sudah mengembangkan kariernya dengan berakting dan menghadiri berbagai variety show.

Baca Juga: 9 Idol KPop yang Ternyata Pernah Diabaikan oleh Penggemarnya 

5. HyunA 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!HyunA (instagram.com/hyunah_aa)

HyunA selalu sukses baik sebagai member grup, solois, maupun saat bergabung dengan sub-unit. Mini album pertamanya yang bertajuk Bubble Pop pada tahun 2011 sukses di kancah internasional dan membuat namanya makin terkenal sebagai solois.

Setelah bertahun-tahun berkarier, popularitas HyunA tak meredup. Tahun lalu, ia bahkan memenangkan R&B Hip Hop Award dari Seoul Music Awards berkat lagu "I'm Not Cool". Lagu-lagu HyunA yang punya irama catchy tak pernah gagal membuat banyak orang penasaran.

6. G-Dragon BIGBANG 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!G-Dragon BIGBANG (instagram.com/ygad_official)

G-Dragon telah memperoleh daesang atau penghargaan Album of the Year berkat album debut solonya, Heartbreaker. Tak berhenti sampai situ, ia terus meraih prestasi sebagai musisi dan telah mengumpulkan puluhan penghargaan secara individu. Ia dikenal memiliki pengaruh yang besar di bidang musik dan fashion

Sebagai solois, pemilik nama asli Kwon Ji Yong ini sering menggelar konser di berbagai negara berkat popularitasnya di skala global. Ia juga diharapkan dapat comeback solo lagi, berhubung dirinya sudah hiatus sejak menyelesaikan wajib militernya.

7. Taeyang BIGBANG 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Taeyang BIGBANG (instagram.com/__youngbae__)

Taeyang mulai berkarier solo dengan merilis album Hot pada tahun 2008. Album itu langsung membawanya pada kesuksesan, bahkan meraih R&B Soul Album di ajang penghargaan Korean Music Awards. Ketenarannya sebagai solois yang punya ciri khas membuat publik menjulukinya "Prince of R&B". 

Taeyang dikenal sebagai penyanyi berbakat, sehingga pantas mendapatkan semua prestasinya secara individu. Ia bahkan pernah memenangkan daesang Song of the Year di Gaon Chart Music Awards, Golden Disc Awards, Melon Music Awards, dan Mnet Asian Music Awards berkat viralnya "Eyes, Nose, Lips". Lagu solo lainnya pun tak kalah hits, lho.

8. Kyuhyun Super Junior 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Kyuhyun Super Junior (instagram.com/gyuram88)

Selain sebagai aktor musikal, Kyuhyun juga telah meniti karier sebagai solois dengan merilis album At Gwanghwamun. Title track dengan judul serupa meraih predikat all-kill. Semua lagu yang jadi side track juga menempati posisi 10 teratas di sebagian besar situs musik. Tak heran, jika ia langsung mengadakan konser solo pertamanya And it's Fall Again usai kesuksesannya itu. 

Selain di Korea Selatan, Kyuhyun juga promosi sebagai solois di Jepang. Ia pun sering mengadakan tur di negara tersebut yang membuktikan popularitasnya. Ia juga sudah memperoleh berbagai penghargaan individu, lho.

9. Zico 

9 Idol KPop Gen 2 yang Kini Populer sebagai Solois, Prestasi Melimpah!Zico (instagram.com/koz_entofficial)

Zico dikenal sebagai rapper hip hop berbakat yang mempertahankan daya tariknya sebagai idol KPop. Ia debut solo dengan lagu "Tough Cookie" yang berhasil meraih penghargaan Best Rap Song dari KMC Awards. Namanya kian terkenal setelah ia menjadi mentor untuk program Show Me The Money. 

Idol pemilik nama asli Woo Ji Ho ini memiliki sejumlah lagu solo hits yang terkenal di kalangan publik, seperti "Any Song", "Boys and Girls", "I Am You, You Are Me", dan "Artist". Ia juga sering menjadi produser untuk lagu-lagu artis lain yang meraih beragam prestasi, lho.

Meskipun sudah bertahun-tahun berkarier, idol generasi kedua di atas tetap populer dan sukses sebagai solois. Bakat dan ciri khas dari mereka dalam merilis karya musik terbaru memang selalu menarik perhatian, lho. 

Baca Juga: 9 Idol KPop Non Korea Gen 4 yang Paling Cocok dengan Konsep Girl Crush

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya