Comscore Tracker

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!

Ada yang re-branding hingga re-debut

Perubahan konsep hingga formasi anggota merupakan hal yang telah umum terjadi di industri musik Korea. Sebagian grup yang kurang mendapat popularitas pun terkadang berusaha mengubah citra grup melalui re-branding dengan nama baru. Harapannya ialah agar mereka dapat memulai awal yang baru dengan lebih baik.

Tak hanya re-branding, ada pula beberapa grup KPop yang memutuskan untuk melakukan perubahan nama karena memilih debut ulang di bawah naungan agensi yang berbeda seperti beberapa grup KPop berikut. Penasaran, kan? Yuk, cari tahu siapa saja!

Baca Juga: 5 Grup KPop yang Umumkan Nama Fandom Sebelum Resmi Debut, Ada aespa

1. EXO

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!EXO (instagram.com/weareone.exo)

Pada awal debutnya, EXO beranggotakan 12 personel yang terbagi ke dalam dua sub-grup yakni, EXO-M yang berpromosi di Tiongkok dan EXO-K berpromosi di Korea Selatan. Sempat mendulang kesuksesan di awal debutnya, grup ini kemudian mengalami krisis internal beberapa tahun setelah debut. Tiga anggota yang berasal dari Tiongkok yakni Kris, Luhan dan Tao memilih hengkang dari grup tersebut.

Perpecahan ini mengakibatkan jumlah anggota EXO-M hanya tersisa 3 orang. Agensi pun memutuskan untuk menggabungkan anggota yang tersisa dan berpromosi sebagai EXO secara utuh hingga kini.

2. Highlight

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!Highlight (instagram.com/highlight_auent)

Grup yang debut di bawah naungan Cube Entertainment pada 2009 ini awalnya beranggotakan 6 orang. Pada akhir tahun 2016, salah seorang anggota menyatakan ingin bersolo karier dan kelima member BEAST akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Cube Entertainment lalu mendirikan agensi baru bernama Around Us Entertainment.

Dikarenakan nama 'BEAST' menjadi hak cipta Cube Entertainment, maka kelima anggota akhirnya melakukan debut ulang dengan nama Highlight di bawah label baru mereka. Highlight kini beranggotakan empat member, yakni Yoon Doojoon, Yang Yoseob, Lee Gikwang, dan Son Dongwoon.

3. TO1

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!TO1 (twitter.com/TO1_offcl)

Grup yang terbentuk melalui acara survival berjudul "World Klass" pada akhir 2019 ini debut dengan nama TOO yang berarti "Ten Oriented Orchestra". Beranggotakan sepuluh orang, grup ini debut pada 1 April 2020 di bawah agensi n.CH Entertainment.

Grup ini kemudian mengumumkan pergantian nama mereka menjadi TO1 yang berarti "Together as One" saat tampil di KCON:TACT 3 pada 28 Maret 2021. Untuk menandai perubahan nama ini, TO1 bahkan meluncurkan logo baru dan merilis album Re:Born dengan title track 'Son of Beast' pada tanggal 20 Mei 2021.

Baca Juga: 5 Grup KPop yang Umumkan Nama Fandom saat Perayaan Debut ke-100 Hari

4. DKZ

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!DKZ (instagram.com/ dkz_dy)

Dongyo Entertainment selaku agensi boy group DONGKIZ mengumumkan penggantian nama DONGKIZ menjadi DKZ yang berlaku sejak April 2022. Selain comeback dengan nama baru, boy group ini juga melakukan perombakan formasi.

Salah satu anggota, Wondae memutuskan hengkang dari grup, sementara Munik memilih hiatus untuk fokus pada pemulihan. Tak hanya itu, grup ini juga kedatangan tiga anggota yang akan beraktivitas dalam promosi terbaru.

5. Dreamcatcher

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!Dreamcatcher (twitter.com/hf_dreamcatcher)

Pada tahun 2014, HappyFace Entertainment mendebutkan girl group beranggotakan lima orang yang diberi nama MINX. Sayangnya, setelah merilis 3 MV dan mempromosikan album, grup ini kurang mendapat perhatian publik.

MINX akhirnya hiatus selama 2 tahun hingga memutuskan re-debut dengan nama Dreamcatcher. Perubahan nama ini disertai dengan perubahan konsep group secara keseluruhan dan juga penambahan dua member baru, Gahyeon dan Handong.

6. Onewe

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!ONEWE (instagram.com/ official_onewe)

ONEWE memulai debutnya pertama kali pada tahun 2015 dengan nama M.A.S 0094 sebagai grup indie. Grup yang memiliki arti nama Make A Sound 0094 ini bernaung di bawah Modern Music sebelum akhirnya pindah ke RBW Entertainment pada bulan Juni 2017. Setelah berpindah agensi, grup ini kemudian berpromosi dengan nama MAS.

Pada Juni 2018, RBW Entertainment mengumumkan bahwa MAS akan debut ulang dengan nama ONEWE. Mereka akhirnya secara resmi debut dengan nama ONEWE pada 13 Mei 2019 dengan single utama "Reminisce About All" dari album single pertama mereka.

7. Blackswan

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!Blackswan (instagram.com/blackswan___official)

Girl group yang beranggotakan member campuran ini pertama kali debut dengan nama Rania pada tahun 2010 oleh DR Entertainment. Dalam perjalanan karirnya, grup ini beberapa kali mengalami perubahan formasi yang juga berdampak pada pergantian nama hingga tiga kali.

Pergantian nama pertama terjadi di tahun 2015, yakni dari Rania menjadi Black Pearl (BP) Rania. Kemudian pada tahun 2019, terjadi perombakan formasi secara besar sehingga grup ini memutuskan untuk kembali berpromosi dengan nama awal debutnya, Rania. Tak sampai di situ, pada tahun 2020, girl grup Rania kembali berganti nama menjadi Black Swan dengan penambahan dua anggota baru.

8. ALICE

8 Grup KPop yang Melakukan Perubahan Nama Pasca Debut, Terbaru ELRIS!ALICE (instagram.com/iok_alice)

Pada 11 April lalu, ELRIS mengumumkan secara resmi bahwa grup mereka akan kembali debut di bawah naungan agensi IOK Company dengan nama ALICE. Sejalan dengan hal tersebut, grup yang pernah debut di bawah naungan Hunus Entertainment pada tahun 2017 ini juga mengganti semua akun media sosial mereka.

Pada 4 Mei lalu, ALICE baru saja merilis single kedua mereka semenjak debut bertajuk “Power of Love” melalui platform YouTube. Hal ini menandai comeback pertama ALICE  pasca bergabung di bawah IOK Company.

Beberapa grup KPop di atas membuktikan bahwa mereka tetap eksis meski mengalami beberapa perubahan. Dengan semangat dan dukungan para penggemar, mereka memutuskan untuk memulai awal yang baru dengan nama yang baru. Nah, dari beberapa grup KPop di atas, adakah idola kalian?

Baca Juga: Belum Lama Debut, 6 Grup KPop Generasi 4 Ini Telah Resmi Bubar

DYA Photo Verified Writer DYA

Menulis adalah jalan ninjaku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya