Comscore Tracker

7 Lagu yang Dinyanyikan Solo oleh V BTS, Lirik Penuh Makna

Tentang cinta, kesedihan, kesehatan mental, hingga penyemangat

Kim Taehyung atau yang lebih kerap disapa dengan V, merupakan salah satu member boy group terkenal asal Korea Selatan, BTS. Berposisi sebagai vokalis, kemampuan bernyanyi V memang tidak dapat diragukan lagi.

Akhir-akhir ini, V kembali berhasil menjadi topik pembicaraan penggemar berkat soundtrack lagu berjudul "Christmas Tree" yang dinyanyikannya. Sebelumnya, V juga telah menyanyikan beberapa lagu solo yang kerap menduduki peringkat teratas pada platform musik internasional. 

Namun, tidak hanya suara vokalnya yang indah, beberapa lagu solo yang dinyanyikan V memiliki makna yang cukup menyentuh hati. Berikut deretan lagu solo V BTS yang ternyata penuh makna, simak, yuk!

1. Christmas Tree

https://www.youtube.com/embed/lj8TV9q59P4

"Christmas Tree" merupakan soundtrack dari drama Korea SBS terbaru, Our Beloved Summer, yang rilis pada 24 Desember 2021. Melalui lagu ini V BTS merasa senang karena dapat turut memberikan dukungan penuh bagi sahabat sekaligus pemain utama drama tersebut, Choi Woo Shik. 

Pengarah dan penulis lagu, Nam Hye Seung, berkata bahwa soundtrack ini dapat berperan sebagai soundtrack utama dalam KDrama tersebut. 

Secara garis besar, lagu ini menggambarkan tentang sejuta alasan kecil dan adanya kehadiran yang dapat membuat seseorang jatuh cinta, hingga hanya ingin bersama dengan orang yang dicintainya. Berkat suara V yang khas dan manis pada melodi gitar akustik yang lembut, lagu ini menjadi sangat mengesankan dan menenangkan. 

2. Sweet Night

https://www.youtube.com/embed/N5ShoQimivM

Sama halnya dengan KDrama Our Beloved Summer, V BTS juga memberikan dukungan kepada sahabat sekaligus pemain utama KDrama Itaewon Class, yaitu Park Seo Joon. Dia menyumbangkan ide dan suara emasnya pada soundtrack berjudul "Sweet Night". 

Soundtrack ini menggambarkan tentang suatu kebenaran yang rapuh, yaitu kebingungan seseorang karena tidak yakin dan khawatir akan perasaannya yang bisa saja tak berbalas. Oleh karena itu, ia masih bertanya-tanya apa yang dapat terjadi di masa depan.

3. Inner Child

https://www.youtube.com/embed/nt4f4pPCEFs

"Inner Child" merupakan salah satu lagu solo V BTS yang masuk dalam list album Map of the Soul: 7. Member BTS lain, RM, juga turut berperan dalam membantu V menyusun lirik lagu ini. Melalui lagu ini V menjelaskan bahwa "Inner Child" didedikasikan untuk dirinya yang terdahulu pernah mengalami masa pahit dan sulit dalam hidup.

Sesuai dengan judul lagunya, "Inner Child" memiliki arti sebagai segala pengalaman masa lalu. Baik berupa kebahagiaan atau kesedihan yang dapat berpengaruh dalam mengekspresikan kepribadian ketika dewasa.

Oleh karena itu, pria bernama Kim Taehyung ini menuliskan lagu dengan tujuan bahwa dengan inner child yang berbeda-beda, kita harus mampu berusaha untuk berdamai dan berubah, yaitu menjadi orang yang lebih positif.

4. Stigma

https://www.youtube.com/embed/3i34dFsjRY4

Resmi diliris pada Oktober 2016, lagu "Stigma" milik V BTS ini juga sukses mencuri perhatian penggemar hingga pernah menduduki puncak tangga lagu Billboard. "Stigma" adalah lagu solo V BTS dengan genre neo-soul-jazz. 

Sama seperti lagu solo member BTS lainnya, tembang ini masuk ke dalam album Wings: You Never Walk Alone. "Stigma" memiliki makna khusus yang ditampilkan melalui short film BTS "Wings".

Namun demikian, masih banyak penggemar yang memperkirakan makna tersirat dalam lagu ini. Para Army berspekulasi bahwa dalam short film "Stigma" tersebut berisi tentang masa lalu V yang menyedihkan.

Baca Juga: 10 Artis Ternama yang Pernah Menciptakan Lagu untuk BTS 

5. Winter Bear

https://www.youtube.com/embed/pk7ESz6vtyA

Tak hanya "Christmas Tree" dan "Sweet Night" yang merupakan lagu berbahasa Inggris, sebelumnya V juga telah membuktikan jiwa musikalitasnya dengan merilis lagu bahasa Inggris pertamanya, yaitu "Winter Bear". Lagu ini resmi dirilis pada 9 Agustus 2019 dengan ditulis dan diproduseri sendiri oleh pria bermarga Kim ini.

Lagu dengan genre rock ballad ini juga sukses memikat hati para penggemar sebagai hadiah untuk 1.000 hari ungkapan 'I Purple You'.

"Winter Bear" berisi harapan V kepada penggemar untuk dapat tidur dengan nyaman layaknya winter bear dan memiliki kebahagiaan dalam hidup. Melalui suaranya yang lembut dan bernada rendah, tentu saja V mampu membuat penggemarnya terharu dan senang.

6. Singularity

https://www.youtube.com/embed/p8npDG2ulKQ

"Singularity" merupakan salah satu lagu solo V BTS yang menjadi intro pada album Love Yourself: Tear. Lagu ini resmi diliris pada 6 Mei 2018 dengan genre electronic dance music, neo soul, dan hip-hop.

Lagu ini menggambarkan tentang beberapa kenyataan pahit dalam cinta dan hubungan, kesedihan, kesakitan, serta penyesalan. Tak hanya itu, banyak para Army juga mengaitkan makna dalam lagu "Singularity" dengan lagu solo para member BTS dalam album Love Yourself: Tear. Namun demikian, video musik, lirik, dance, dan tema yang disuguhkan V dalam lagu solo ini saling melengkapi, sehingga mampu memikat para penggemar.

7. Scenery

https://www.youtube.com/embed/4lKqFR-67RI

Menjadi salah satu lagu yang didedikasikan khusus untuk penggemar, lagu "Scenery" ini mampu membius pendengar dengan alunan melodi piano yang indah. "Scenery" secara resmi dirilis pada 30 Januari 2019 melalui platform musik Soundcloud BTS. Sama halnya dengan beberapa lagu solo lainnya, V BTS juga berperan sebagai penulis dan komposer lagu ini.

Ketika mendengarkan melodi dari lagu ini, banyak pendengar berspekulasi bahwa makna lagu "Scenery" menggambarkan tentang penyesalan seseorang (V) karena kehilangan momen dan asa yang penting dalam hidupnya. Namun demikian, ia tetap berharap dapat terus merajut momen dan asa tersebut untuk kembali hadir. Melalui makna dan lirik lagu yang menyentuh hati, V berhasil membuat terharu banyak penggemar.

Dari sederet lagu di atas, V telah membuktikan kemampuan musikalitasnya dengan menghadirkan karya-karya terbaiknya untuk penggemar. Melalui ungkapan makna yang ia curahkan pada setiap lirik lagu, V selalu berhasil membuat penggemar terpukau.

Baca Juga: V BTS hingga Seokhwa WEi, Ini 5 Idol yang Memiliki Anjing Pomeranian

R A H M A W A T I Photo Writer R A H M A W A T I

terus belajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya