Comscore Tracker

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget 

Konser BTS di Los Angeles bisa diakses secara daring

Jakarta, IDN Times – Keponakan saya, seorang ARMY, sebutan nama penggemar BTS, grup band paling hits sedunia saat ini, sengaja mengambil cuti. Jumat, 3 Desember 2021, bersama dua sepupunya, dia menikmati dua jam konser BTS Permission to Dance On Stage secara langsung, lewat saluran daring. 

Harga tiket untuk menonton secara daring sekitar Rp650 ribuan. BTS yang berangggotakan tujuh orang – RM, Jin, V, J-Hope, Suga, Jimin dan Jungkook- memuaskan kerinduan puluhan ribu ARMY yang memenuhi Stadion SoFi di Los Angeles, Amerika Serikat, dan mungkin jutaan yang menikmati secara daring.

Saya ikut menonton konser daring ini, dan terpukau dengan kemasan panggung, koreografi, vokal, dan beat lagu yang bikin tubuh tak terasa ikut bergoyang. Kerlap-kerlip “ARMY bomb,” lampu bertangkai yang diproduksi khusus untuk konser-konser BTS, dan tentu saja, wajah-wajah enak dipandang dari tujuh anak muda yang sangat energik, tak lelah melompat sana-sini dengan kompaknya. Favorit saya, Jimin. Suaranya lembut dan tubuhnya lentur. 

Konser yang kami tonton adalah rangkaian konser keempat, atau yang terakhir dari konser BTS di Los Angeles.  Konser ini juga menandai kembalinya BTS ke panggung konser fisik, setelah dua tahun vakum karena pademik COVID-19. “Selama dua tahun, kami berada di bawah terowongan. Aku sempat berpikir, apakah saat pandemik reda, ARMY masih ada?”, kata V. Dia tak bisa menyembunyikan rasa haru. Matanya berkaca-kaca. Hiks, kami yang nonton ikut terharu.

Sebagai seorang yang memiliki anak di usia Gen Z, berikut pengamatan saya sesudah menonton konser BTS Permission to Dance on Stage, LA Tour.

1.Semua anggota BTS menangis di ujung konser Permission to Dance On Stage

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget Konser BTS Permission to Dance on Stage hari keempat di Los Angeles. (IDN Times/Uni Lubis)

Jujur, saya lupa siapa yang bicara, apakah Jin atau V, yang mengatakan, “dua tahun ini berat rasanya. Saya gak baik-baik saja.” Menggambarkan pengalaman hidup mereka selama pandemik, seperti pengalaman kita semua, penduduk bumi ini. Melihat stadion yang penuh dari atas sampai ke bawah, ujung kanan sampai ke kiri, tak urung mereka terharu. 

Di ujung konser, masing-masing anggota menyampaikan pidato singkat dan semuanya berkaca-kaca matanya.  “Tadinya saya gak mau nangis, tapi kok nangis juga,” kata RM, yang merupakan leader BTS, sambil membuka kacamata dan mengelap air matanya. Duh!

Bisa bertemu lagi menyapa penggemarnya, dan langsung dapat sambutan gegap gempita bikin mereka sangat tersentuh. “Kami berlatih sangat serius untuk konser ini agar tidak mengecewakan kalian,” kata Jimin.

2. Kemasan dan kualitas produksi konser BTS paling top

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget Konser BTS Permission to Dance on Stage hari keempat di Los Angeles. (IDN Times/Uni Lubis)

Keponakan saya pernah menonton konser BTS di Seoul, Korea beberapa tahun lalu. Dia cerita betapa kemasan konser BTS selalu luar biasa top dan keren. Tata panggung yang paling wah benar-benar mendukung penampilan tujuh anggota BTS.

Siang ini (malam waktu di Los Angeles), meskipun lewat layar televisi, saya menyaksikan langsung konser yang wah itu. Tidak hanya di panggung, tetapi bahwa manajemen BTS sampai memikirkan memproduksi “ARMY bomb” dengan logo BTS yang bisa dibeli seharga Rp700 ribuan, menurut saya menunjukkan level pengelolaan konser paling top.  

Dengan disambungkan ke app di telepon seluler lewat Bluetooth, lampu-lampu yang dipegang para ARMY ini bisa “dikendalikan” oleh pengelola konser sehingga saat konser nyala warnanya bisa beragam, membentuk huruf-huruf tertentu, misalnya: BTS, Permission to Dance, Thank You Army, dan sebagainya. Saat melakukan ARMY bomb wave, wow, menakjubkan. 

Konser BTS di Los Angeles kali ini juga memanjakan pengunjung dengan layar-layar besar yang dipasang agar aksi mereka bisa ditonton dengan nyaman sampai ke ujung-ujung stadion. Tiket konser fisik laris manis, diperkirakan 70 ribu orang memenuhi Stadion SoFi setiap harinya. 

Baca Juga: 10 Potret Ayu Ting Ting Nonton konser BTS, Boyong Anak dan Adik

3. Kostum panggung BTS menambah atraksi panggung yang apik

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget Konser BTS Permission to Dance on Stage hari keempat di Los Angeles. (IDN Times/Uni Lubis)

“Lho, itu kok kayak pakai batik? Outer-nya Jimin keren,” komentar ini muncul saat kami menonton konser BTS di LA.

BTS memulai konser kali ini dengan mengenakan kostum putih. Jimin pakai kemeja tanpa lengan. Semua menggunakan perhiasan termasuk kalung dan gelang-gelang warna perak dengan desain yang wow! Cakep. 

Aksi panggung dikombinasikan dengan video persiapan konser, yang memberikan kesempatan mereka ganti kostum. 

Kali kedua mereka ganti ke kostum warna hitam, black-tie, dengan variasi jas yang menggemaskan pengamat mode pastinya. Seksi. Dalam kostum ini, mereka membawakan “Black Swan,” dengan luar biasa, suara maupun koreografi. 

Kostum lain adalah warna pastel. V menggunakan semacam jaket warna peach, dengan celana panjang hijau muda telur asin. RM menggunakan jaket warna peach bercorak. Ah, keren sekali. 

Di bagian akhir mereka berganti kostum ke serba denim, dikombinasikan kaus, jaket, maupun ponco rajut ala Meksiko. Energik banget. Jin bahkan memasang boneka alpaca di kepalanya. Cute!

4. BTS memuaskan penggemar dengan lagu-lagu hit, konser terakhir ada 3 bonus

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget Konser BTS Permission to Dance on Stage hari keempat di Los Angeles. (IDN Times/Uni Lubis)

Selama konser, BTS membawakan sejumlah lagu populernya. Mulai dari “On” dari Map of The Soul: 7,  “Telepathy,” “DNA,” “Save Me,” “Fake Love,” Life Goes On,” “Butter,” Dynamite,” “Idol,” “Silver Spoon,” “Black Swan,” dan tentu saja “Permission to Dance”.

Khusus untuk konser terakhir di LA ini, BTS menambahkan “Home” dan “Mikrokosmos”.

Kejutan besar yang sudah dibayangkan penggemarnya, adalah pemunculan Chris Martin, vokalis Coldplay yang berkolaborasi dengan BTS menciptakan dan membawakan lagu “My Universe”. Stadion bergemuruh oleh jerit para AR MY ketika Chris Martin muncul di panggung, disambut hangat BTS. 

Seolah tak mau mencuri perhatian, Chris segera lenyap ke balik panggung usai lagu itu. Nice!

5. Momen-momen manis pada konser BTS Permission to Dance di LA

Nonton Konser BTS Permission to Dance On Stage, Seru dan Puas Banget Konser BTS Permission to Dance on Stage hari keempat di Los Angeles. (dok. Hybe)

“Saya pikir tadinya gak ada apa-apa. Sudah hampir ujung acara.  Padahal saya berharap sih,” kata Jin. Anggota BTS dengan nama asli Kim Seok Jin, yang juga punya julukan Worldwide Handsome itu, dirayakan ulang tahunnya oleh satu stadion saat konser.

Jin lahir di Gwacheon, 4 Desember 1992.  Mendapatkan cinta dari teman segrup, dan ARMY yang menyesaki stadion, tak urung dia meneteskan air mata. Reaksinya menggemaskan, karena dia memasang boneka RJ di kepalanya. RJ adalah salah satu dari tujuh karakter BT21 yang dirancang para anggota BTS bareng LINE Friends. Gimana gak terharu ya, konser bersejarah setelah pademik, pas ulang tahun. Tak terlupakan. 

“V, come on,” kata RM. Sesudah lagu terakhir dan bersama-sama memberikan hormat kepada penonton, para anggota BTS tampak enggan meninggalkan panggung. Kangennya kepada ARMY belum selesai. V sampai harus diajak meninggalkan panggung oleh RM. “Sampai ketemu lagi ya, di konser berikutnya,” kata mereka.

Di layar muncul pengumuman, “See You in Seoul March 2022."

“Aku mau ke Seoul! Harus nonton,” teriak tiga keponakan saya.

Wah, terbayang kan serunya kalau BTS bisa konser di Indonesia. Di Los Angeles, konser BTS memberikan dampak ekonomi yang luar biasa. Pengunjung berasal dari 78 negara.  Restoran dan hotel penuh. Sebuah restoran Korea bahkan kewalahan melayani pengunjung. BTS juga menerapkan protokol COVID-19 kepada pengunjung konsernya, mulai dari wajib menggunakan masker, vaksinasi sampai tes COVID-19.

Sebuah konser yang menguras emosi. Selama pandemik ini saya kagum dengan pesan yang disampaikan BTS di panggung forum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Menonton konsernya secara langsung, meskipun daring, makin meyakinkan saya, bahwa tujuh anak muda ini punya talenta yang istimewa.

“It’s been a long, long time, BTS”. 

Baca Juga: 5 Artis di Konser BTS PTD on Stage, Rich Brian hingga Ayu Ting Ting

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya