Comscore Tracker

5 Mantan Anggota Girl Group KPop yang Aktif sebagai YouTuber 

Kontennya menarik dan berhasil menghibur fans #WaktunyaKorea

Banyak penggemar yang kesulitan untuk tetap terhubung dan mengetahui kegiatan idola kesayangannya ketika para idol KPop itu sudah tidak aktif lagi bersama grupnya.

Namun, tidak usah bersedih lagi karena belakangan ini sudah mulai banyak mantan anggota grup KPop yang aktif di YouTube memberikan konten-konten seputar aktivitas mereka sehari-hari agar tetap terhubung dengan fans.

Di bawah ini ialah lima mantan anggota girl group KPop yang sekarang aktif sebagai YouTuber.

1. Ashley (Ladies’ Code) 

https://www.youtube.com/embed/IdpxwPkskBs

Ashley yang bernama asli Choi Bit Na ialah mantan anggota dan pemimpin dari grup Ladies' Code. Ashley lahir di Korea Selatan, lalu pindah ke New York saat berusia delapan tahun dan tumbuh besar disana. Hal itu menyebabkan dirinya fasih dalam berbahasa Inggris.

Pada tahun 2011, Ashley kembali ke Korea Selatan untuk menjalani pelatihan sebagai idola KPop. Ia berhasil debut bersama Ladies' Code pada tahun 2013 dan aktif hingga masa kontrak grup tersebut habis di tahun 2020.

Setelah dari Ladies' Code, Ashley menjalankan aktivitas sendiri tanpa naungan agensi. Ia lalu bekerja sebagai penyiar radio di program Sound K di stasiun radio Arirang. Ia juga menjadi salah satu pembawa acara Get Real, program podcast dari DIVE Studios.

Di sela-sela kesibukannya, Ashley aktif mengunggah video di channel YouTube-nya yang bernama ashleybchoi. Sebenarnya channel YouTube tersebut sudah ada sejak tahun 2018, namun setelah bersolo karir, ia menjadi semakin rutin mengunggah video.

Selain semakin rutin, muncul pula seri vlog adulting series yang berisi kegiatan sehari-harinya seperti pergi bekerja, memasak, bebenah rumah, dan lain-lain. Vlog pertama pada adulting series berisi kegiatannya mencari tempat tinggal, diunggah pada 28 Februari 2020. Hingga sekarang adulting series sudah mencapai episode ke-65 lho!

Bagi penggemar internasional, vlog dalam channel ashleybchoi juga sangat nyaman untuk ditonton karena selain pengambilan gambarnya yang estetik, Ashley juga berbicara menggunakan bahasa Inggris di setiap vlognya.

2. Park Cho A (AOA) 

https://www.youtube.com/embed/xsJtlzovCfE

Park Cho A atau yang dulu dikenal dengan nama panggung Choa merupakan mantan anggota grup AOA yang debut pada tahun 2012. Pada 30 Juni 2017, ia secara resmi keluar dari grup itu karena masalah kesehatan. Setelah tiga tahun beristirahat dari dunia hiburan, Park Cho A kembali dengan merilis soundtrack untuk drama To All the Guys Who Loved Me tepatnya di tanggal 6 Agustus 2020.

Pada 21 Agustus 2020, ia juga resmi berada di bawah naungan agensi baru yakni Great M Entertainment. Selain aktif kembali sebagai penyanyi solo, Park Cho A juga membuka channel YouTube bernama 초아 CHOA pada 19 September 2020. Video pertama yang ia unggah ialah cover lagu Maroon5 "Girls Like You" yang hingga kini meraih 2,3 juta views.

Mayoritas konten YouTubenya memang diisi cover lagu, selain itu ada juga konten kegiatan sehari-hari seperti tur rumah, olahraga, perawatan kuku, unboxing barang dan lain-lain. Video-video di channel itu berhasil menghapus rasa rindu penggemar akan suara indahnya dan bisa membuat penggemar merasa lebih dekat akan sosok Park Cho A.

Para penggemar internasional juga tidak perlu khawatir karena tersedia subtitle bahasa Inggris di setiap videonya.

3. Han Seung Yeon (KARA) 

https://www.youtube.com/embed/xcEphLicWoQ

Han Seung Yeon debut sebagai anggota grup KARA pada 29 Maret 2007 di bawah naungan DSP Media. KARA sempat beberapa kali mengalami pergantian anggota hingga terakhir memiliki empat anggota yakni Han Seung Yeon, Park Gyu Ri, Goo Ha Ra dan Heo Young Ji.  Pada tahun 2016, grup ini kemudian secara resmi bubar karena ketiga anggotanya termasuk Han Seung Yeon tidak memperpanjang kontrak mereka.

Selanjutnya, Han Seung Yeon menandatangani kontrak dengan agensi J Wide Company dan fokus meniti karir sebagai aktris. Sebelum jadi idol sebenarnya ia pernah debut sebagai aktris cilik di tahun 1993. Bakat aktingnya yang sudah ada sejak dini ditambah dengan latar belakang akademiknya di jurusan Teater dan Film membuat kemampuan aktingnya semakin mumpuni.

Ia kemudian dua kali berpindah agensi lagi, yakni ke Inyeon Entertainment di tahun 2018, dan terakhir masuk ke agensi YGX Entertainment di April 2020 hingga sekarang. Beberapa serial yang pernah ia bintangi yakni Jang Ok-Jung Living by Love (2013), Her Lovely Heels (2014), Hello My Twenties! (2016-2017), About Time (2018), Youth Again (2021). Ia juga berakting di film yaitu Show Me the Ghost di tahun 2021.

Meski sibuk dengan kegiatannya sebagai aktris, Han Seung Yeon sekarang juga aktif sebagai YouTuber dengan membuka channel YouTube-nya di bulan Juni 2020 dengan nama CODE 한승연. Dalam vlog pertama, ia menceritakan bahwa channel CODE 한승연 akan berisi konten traveling dan aktivitas bersama kedua anjing peliharaannya.

Dalam vlog traveling-nya ia pernah berkunjung ke beberapa daerah di Korea seperti Provinsi Gyeongsangbuk, Kota Pohang dan Kota Gyeongju. Selain itu, terdapat konten lain seperti kegiatan olahraga, unboxing paket, verifikasi fakta yang ada di situs Namu Wiki dan tidak lupa ada juga konten bersama Nicole mantan anggota KARA.

Kabar baik juga untuk fans internasional karena di sebagian besar videonya sudah tersedia subtitle bahasa Inggris.

Baca Juga: Belajar Budaya Baru dari 10 YouTuber Korea yang Fasih Bahasa Indonesia

4. Raina (After School) 

https://www.youtube.com/embed/n0_ShbLF9U0

Raina atau Oh Hye Rin ialah mantan vokalis utama grup After School dan juga mantan pemimpin sub-unit Orange Caramel yang dikelola oleh Pledis Entertainment. Ia bergabung menjadi anggota After School di tahun 2009.

Pada tahun 2014 ia berduet dengan rapper San E dan merilis lagu hit berjudul "A Midsummer Night's Sweetness" dan tahun yang sama tepatnya di bulan Oktober, Raina resmi debut sebagai penyanyi solo dengan merilis lagu "Reset".

Sejak tahun 2015, After School menjadi tidak aktif dan secara tidak resmi bubar. Kemudian, para anggotanya aktif dengan karir mereka sendiri. Pada Desember 2019, Raina meninggalkan agensi Pledis Entertainment dan hingga saat ini aktif sebagai penyanyi solo.

Pada tahun 2020, ia berduet dengan Song Yu Vin membawakan lagu berjudul "LOVE IS DANGER" sebagai soundtrack drama KBS Once Again. Ia juga mengikuti acara Miss Back yang dipandu oleh Baek Ji Young, acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kedua untuk para idols yang dulunya debut dalam girl group namun seiring waktu mulai dilupakan oleh publik.

Dalam acara tersebut, Raina bersama peserta lainnya merilis beberapa lagu seperti "Piggyback Ride", lalu "Winter Fantasy" dan lagu duet bersama Junggigo berjudul "Can We Break Up?". Pada tahun ini, Raina juga kembali merilis lagu berjudul "Waiting For You" sebagai soundtrack drama How to Be Thirty.

Raina membuka channel YouTube bernama 아임레이나 I'm Raina di tahun 2018. Semenjak itu ia aktif mengunggah video hingga sekarang dengan konten yang beragam seperti GRWM, review produk skincare, makeup, fashion dan juga cover lagu. Raina juga beberapa kali mengunggah video siaran langsung yang ia lakukan di Twitch ke dalam channel YouTube miliknya.

Hingga saat ini, channel YouTube Raina telah memiliki 141.000 subscribers dan video yang paling banyak dilihat adalah video siaran langsung membahas intro lagu “Catallena” dengan 890.000 views. Sayangnya tidak semua vlog memiliki subtitle bahasa Inggris, namun teman-teman masih bisa menikmati kontennya seperti cover lagu.

5. Jun Hyo Seong (Secret) 

https://www.youtube.com/embed/uepvNc7xHZo

Pada tahun 2009, Jun Hyo Seong debut sebagai anggota Secret di bawah naungan TS Entertainment. Selain aktif sebagai penyanyi ia juga mulai berakting di tahun 2012 dalam sitkom Salamander Guru and The Shadows.

Pada tahun 2014, ia juga memulai solo debut dengan album berjudul Top Secret. Jun Hyo Seong terus melebarkan karirnya di dunia akting dengan membintangi sejumlah drama seperti My Dear Cat (2014), musim pertama dan kedua The Ghost-Seeing Detective Cheo Yong (2014-2015), Wanted (2016), Introvert Boss (2017).

Melansir dari Soompi, pada September 2017, Jun Hyo Seong keluar dari Secret dan menuntut agensinya karena tidak memberikan pembayaran serta memindahkan hak manajemen kepada pihak lain tanpa sepengetahuan dirinya.

Setahun setelahnya, peradilan memutuskan kemenangan Jun Hyo Seong atas tuntutan itu dimana kontrak dengan TS Entertainment bersifat tidak valid dan ia akan menerima ganti rugi untuk gaji yang belum dibayarkan.

Nah, pasca lepas dari agensinya tersebut, ia bergabung dalam agensi Tommy & Partners Entertainment sebuah agensi yang menaungi aktris dan aktor di Korea Selatan. Lalu di tahun 2019, Jun Hyo Seong mendirikan agensi sendiri bernama JHS Entertainment dan di tahun yang sama merilis lagu berjudul "STARLIGHT".

Perempuan kelahiran 1989 ini juga aktif menyapa penggemarnya melalui channel YouTube bernama 전효성. Terdapat beragam konten dalam channel itu seperti cover lagu, dance, unboxing, cerita tentang diet, bermain bersama kucing peliharaannya. Selain itu, di beberapa vlognya kita juga diajak untuk melihat kesehariannya saat bekerja yakni saat pemotretan, saat hadir di Hanbok Culture Week, serta saat menjadi penyiar radio.

Tidak lupa ada juga konten memasak dan mukbang yang menggugah selera. Sebagian besar vlognya juga sudah memiliki subtitle bahasa Inggris sehingga bisa dinikmati oleh semua penggemar dan hingga saat ini channel tersebut sudah di-subcribe oleh 107.000 akun.

Sekian, lima mantan anggota girl group yang kini aktif sebagai YouTuber. Semoga mereka bisa terus aktif menyapa dan keep in touch dengan penggemarnya melalui vlog-vlog seru dan konten yang menghibur ya.

Baca Juga: Ada Jung So Min, 5 Aktris Ini Juga Berbakat Jadi YouTuber Hits 

Widyastuti Sari Photo Writer Widyastuti Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya