Comscore Tracker

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui 

Karena hari gini persaingan dan tuntutan ekonomi makin tinggi.

Apakah kamu pernah mendengar orang mengatakan, “Bekerjalah dengan keras karena kerja keras tidak akan membohongi hasil.” Atau malah ada yang berkata sebaliknya, “Work smart lebih baik dari pada work hard, karena percuma bekerja keras kalau gak punya strategi.” Dua pernyataan ini pastinya bikin kamu bingung ‘kan? Mana yang lebih baik, work hard atau work smart? Oleh sebab itu, kali ini IDNtimes akan menjelaskan keduanya untuk kamu.

1. Orang yang work hard biasanya gigih dan bekerja tanpa kenal waktu 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui heatherkehoe.com

Para pekerja keras memiliki mental yang kuat dan gigih dalam mengerjakan segala sesuatu. Sayangnya, kegigihan itu bisa membuat mereka lupa waktu sehingga bekerja melewati batas normal. Mereka jadi cepat lelah, juga kesulitan membagi antara waktu untuk bekerja dan waktu bersantai. Alhasil, mereka terus-terusan bekerja seharian tanpa istirahat yang cukup atau bahkan sangat jarang pergi liburan. 

2. Jika work smart, kamu bisa mengatur waktu dengan lebih baik dan jadi lebih teratur

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui digitalistmag.com

Dengan bekerja secara cerdas, kamu dapat mengatur waktu dengan lebih baik dengan membuat daftar prioritas. Kamu bisa mengatur mana pekerjaan yang memakan lebih banyak waktu dan mana yang bisa kamu selesaikan dengan cepat. Sehingga kamu jadi bisa menyimpan energi untuk hal-hal lain di luar pekerjaan, seperti berolahraga, pergi berlibur, hangout, atau makan malam dengan keluarga. 

3. Terkadang work hard hanya bekerja saja tanpa mengetahui cara kerja yang efektif

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui zwierciadlo.pl

Kebanyakan dari mereka yang work hard memegang prinsip, “Pokoknya kerja!” tanpa mengetahui strategi yang baik untuk memaksimalkan performa mereka. Oleh sebab itu, hasil pekerjaan mereka umumnya monoton dan terkadang tidak memenuhi harapan. 

4. Sedangkan, work smart lebih mengerti bagaimana bekerja seefektif mungkin 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui Acer Switch Alpha 12

Jika kamu memilih work smart, kamu akan terlebih dulu membuat sistem bekerja sebelum melemparkan dirimu pada setumpuk tugas. Dengan begitu, kamu jadi bisa menyelesaikan tugas-tugas itu dengan lebih cepat tanpa harus membuat dirimu terlalu capek. Kamu juga bisa memaksimalkan kinerjamu jika didukung dengan perangkat komputer yang canggih seperti Acer Switch Alpha 12, yakni notebook hybrid pertama di dunia tanpa kipas untuk sistem pendinginan, Acer LiquidLoopTM. Dengan inovasi ini, fokus pekerjaanmu tidak akan terganggu lagi dengan suara kipas yang bising karena ventilasi kipas terakumulasi debu. 

Acer Switch Alpha 12 juga didesain sangat ergonomis yang dapat diatur kemiringannya hingga 165⁰. Soal performa, Acer Switch Alpha 12 bertenaga Intel®Core™i Processor, mengerjakan tugasmu pun akan jadi semakin mudah dan lancar. 

5. Mereka yang memilih work hard biasanya merupakan orang yang rajin dan tekun 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui Acer Aspire S13

Seorang pekerja keras biasanya rajin dan memiliki kemauan yang besar. Mereka juga tekun dalam mengerjakan tugas-tugasnya, bahkan sampai rela mengorbankan waktu untuk kebutuhan personal mereka demi bekerja. Pokoknya berdedikasi deh! 

Untuk meringankan pekerjaan mereka, penting bagi hard worker untuk memiliki laptop yang memiliki daya tahan baterai sampai 13 jam layaknya Acer Aspire S13. Selain itu, jika para hard worker bekerja sampai larut malam, Acer Aspire S13 dan Acer Switch Alpha 12 memiliki fitur Blue Light Shield yang akan melindungi mata kamu dari emisi cahaya biru yang bisa menyebabkan mata lelah dan kering. Kamu juga bisa tetap mengetik di tempat gelap karena laptop ini punya keyboard dengan backlit yang bisa menyala secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya ruangan. Kenali lebih jauh kelebihan lain dari notebook Acer di sini. 

6. Beda dengan hard worker, smart worker memiliki banyak ide segar dan kreativitas yang tinggi 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui themewich.com

Karena mereka lebih terorganisir, pekerja work smart jadi punya waktu untuk menyegarkan pikiran lebih banyak daripada mereka para pekerja keras. Oleh karena itu otak mereka cenderung lebih aktif untuk menghasilkan ide-ide baru yang kreatif. 

7. Karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan dan kurang terorganisir, hard worker seringkali kehilangan konsentrasi

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui servingjoy.com

Saking bekerja terlalu keras, para hard worker jadi kewalahan dengan tugas-tugasnya. Mereka pun seringkali kehilangan konsentrasi karena terlalu menekan diri sendiri.

8. Kamu yang memilih work smart tahu benar apa yang diinginkan dan fokus mencapainya 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui pbs.org

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, smart worker terbiasa membuat daftar prioritas mengenai tugas yang harus mereka lakukan. Daftar ini memudahkan untuk melihat goal yang sebenarnya ingin mereka capai. Ketika sudah mengetahui apa tujuan akhirnya, mereka bisa lebih fokus bekerja untuk meraihnya. 

9. Pekerja hard worker terbiasa untuk tidak bergantung pada orang lain

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui trulia.com

Para pekerja keras merupakan single fighter yang hebat. Mereka terbiasa untuk bekerja sendiri dan tidak mengandalkan orang lain. Hal ini merupakan sesuatu yang pantas untuk dikagumi, namun ada kalanya terdapat sesuatu yang membutuhkan lebih dari satu orang untuk pengerjaannya. Saking mandirinya, hard worker sering merasa tidak membutuhkan orang lain, padahal bantuan dari rekan kerja bisa meringankan tugas, lho.

10. Sebaliknya, smart worker tahu kapan mereka butuh bantuan orang lain 

Ini Lho Perbedaan Work Hard dan Work Smart yang Harus Kamu Ketahui fastcompany.com

Ketika mereka kewalahan atau kesulitan saat mengerjakan sesuatu, smart worker tahu kapan waktunya mereka meminta bantuan kepada orang lain. Mereka tahu dan menyadari limit mereka, sehingga tidak memaksakan diri ketika sudah overwork. 

Setelah membaca sepuluh hal ini, mana yang kamu pilih? Jadi seorang hard worker atau smart worker?

Topic:

Berita Terkini Lainnya