Comscore Tracker

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikolog

Psikolog juga manusia biasa yang gak luput dari masalah

Hal yang langsung terpikirkan ketika mendengar kata psikolog adalah kesehatan jiwa dan mental yang terganggu. Psikolog memang pekerjaannya menangani masalah orang yang gak bisa diselesaikan sendirian. Meski dinilai terlalu serius dan jenis pekerjaan yang biasa saja, profesi ini nyatanya menyimpan banyak fakta dan sisi lain yang menarik.

Berikut 5 diantaranya yang bisa kamu ketahui!

1. Punya prospek pekerjaan yang beragam serta menjanjikan

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikologdramabeans.com

Selama ini stigma masyarakat terhadap orang yang berkuliah di jurusan psikologi bisa dibilang gitu-gitu aja. Lulusan psikologi dianggap hanya bisa jadi seorang psikolog yang pekerjaannya cuma mendengar keluh kesah orang. Eits, jika kamu salah satu yang punya pikiran kaya gitu berarti kurang update, nih.

Mereka yang menjadi psikolog pun berkemungkinan bekerja di bidang lain yang masih bersangkutan, seperti konsultan atau penasehat di berbagai bidang, bagian perekrutan dalam perusahaan hingga punya agensi konsultasi yang fokus pada kesehatan mental dan mengisi banyak seminar.

2. Mengenal banyak sisi lain kehidupan dari orang banyak

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikologdramabeans.com

Buat kamu yang suka mendengar cerita orang lain dan belajar banyak dari situ, profesi psikolog ini cocok banget buat kalian. Karena saat berkonsultasi pasien yang menyampaikan ceritanya pun bisa menjadi pandangan baru bagi psikolog itu sendiri.

Psikolog bisa mengenal banyak sisi lain kehidupan dari orang banyak dan mengajari banyak arti penting dalam kehidupan.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsultasi Masalah pada Psikolog, Buatmu Lebih Merasa Tenang

3. Seseorang yang asyik diajak curhat

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikologdramabeans.com

Yap, benar banget, nih guys. Seorang psikolog adalah seseorang yang asyik diajak curhat. Takaran asyiknya juga bukan sekedar nyambung saat diajak berbicara tapi juga masukan yang diberikan bersifat netral dan menenangkan. Mereka pendengar yang baik dan gak akan membuatmu merasa terpojok saat punya masalah.

4. Juga memiliki masalah dan trauma masa lalu

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikologdramabeans.com

Bagian yang tersembunyi dari seorang psikolog ada di poin ini, yaitu mereka juga memiliki masalah dan trauma masa lalu. Bukan berarti seorang psikolog punya kehidupan lancar tanpa ada masa pahit dan kesedihan. Bagian itu akan membentuk psikolog semakin mendalami profesinya karena pengalaman yang juga pernah dilalui.

5. Sering merasa kesepian dan gak bisa menangani masalahnya sendiri

5 Fakta dan Sisi Lain yang Perlu Diketahui dari Profesi Psikologdramabeans.com

Rutinitas yang menuntutnya untuk bisa selalu ada di samping orang yang membutuhkan dan menangani masalah orang lain membuat psikolog kerap merasakan hal yang sebaliknya. Ada momen di mana psikolog sering merasa kesepian dan gak bisa menangani masalahnya sendiri. Pada akhirnya ini yang menunjukan bahwa psikolog juga manusia biasa yang punya masalah dan berbagai keresahan seperti orang banyak.

Psikolog ternyata punya sisi lain yang gak banyak diketahui orang, ya. Bikin kamu jadi tertarik untuk menjadi psikolog gak, nih?

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Dapatkan Saat Menjadi Mahasiswa Psikologi

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya