Comscore Tracker

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis Kuliner

Kamu mau bekerja di dunia F&B? Cek dulu ya!

Kamu pasti suka nongkrong di kedai kopi yang menawarkan suasana yang bersih dan nyaman. Atau malah kamu lebih suka makan di restoran yang menyajikan hidangan lezat favorit kamu. Pernahkah kamu berpikir bagaimana para pekerja di sana menyiapkan itu semua? Atau bahkan kamu tertarik untuk bekerja seperti mereka? Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu. Yuk, simak artikel ini! 

1. Tidak harus berpengalaman

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis KulinerPham Trung Kien dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Yaps, pekerjaan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dari latar belakang F&B saja lho. Banyak perusahaan yang sengaja menerima fresh graduate semacam kalian yang baru lulus sekolah tanpa pengalaman kerja sebelumnya. Alasannya, agar mudah membentuk karakter kalian tanpa terganggu dengan budaya pekerjaan sebelumnya. Jadi, buat kalian yang belum punya pengalaman jangan berkecil hati ya.

2. Bersahabat dengan kotoran

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis Kulinerklimkin dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Pernah gak sih kalian merasa kehilangan nafsu makan ketika berada di lingkungan yang kotor? Nah, untuk menghindari hal tersebut, kalian dituntut untuk selalu menjaga kebersihan tempat dan produk yang kalian jual. Kalian harus melaksanakan prosedur kebersihan mulai dari membersihkan lantai, kaca, dinding, sampai saluran pembuangan yang baunya menusuk hidung. 

3. Menjadi agen rahasia

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis KulinerVitabello dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Kalian pasti pernah mendengar kisah Plankton yang mencoba mencuri resep rahasia krabby patty. Saat kalian bekerja di bidang ini, kalian akan sedikit banyak mengetahui rahasia di balik dapur. Tidak hanya sekedar resep rahasia, tetapi juga beberapa rahasia perusahaan yang tidak banyak diketahui oleh publik.

Namun bukan berarti kalian bebas memberitahu kepada semua orang tentang rahasia di tempat kalian bekerja. Ada etika pekerjaan yang harus kalian jaga, itulah sebabnya SpongeBob dan Squidward tidak pernah memberikan rahasia krusty krab kepada Plankton.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Ruben Onsu yang Bisa Jadi Inspirasimu, Enak dan Murah

4. Liburan itu mitos

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis Kulinersarahbernier3140 dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Bekerja di tempat yang buka 7 hari dalam seminggu itu memang terasa berat. Kalian harus selalu menjalankan operasional store dalam kondisi dan situasi apa pun. Kalian hanya dapat jatah libur pada weekday dan juga hampir mustahil mendapatkan libur di akhir pekan atau libur nasional. Bahkan kalian kesulitan mengatur cuti tahunan hanya karena terbatasnya personil di tempat kalian bekerja.

Jadi buat kalian yang mengharapkan kerja pagi pulang sore, libur di tanggal merah, dan bisa jalan-jalan kayaknya kerja jadi pns di kelurahan lebih cocok deh.

5. Wajib bisa akting

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis Kulinerun-mimo dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Di sini tuh kamu harus pandai bermain peran. Terutama bagi yang bertugas sebagai frontliner baik itu kasir atau pun pelayan. Kamu harus selalu tersenyum di depan pelanggan meskipun kamu habis diputusin pacar, berantem sama mertua, atau diomelin atasan karena kamu baca IDN TIMES di jam kerja! So, buat kamu yang mudah galau dan berhati mellow kayaknya kamu harus masuk sanggar teater dulu ya sebelum kerja di bidang ini.

6. Serangga penentu nasib

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis KulinerPsubraty dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Sekali lagi kebersihan memang jadi faktor utama di sini. Lingkungan tempat kamu kerja harus bebas dari kotoran yang bisa memancing makhluk asing singgah. Lalat dan kecoak merupakan hewan yang sering muncul di saat yang tidak tepat.

Jangan sampai terlihat oleh pelanggan, apalagi masuk ke dalam produk yang kamu sajikan. Kamu bisa jadi pengangguran mendadak atau bahkan kasus tersebut bisa masuk berita nasional nanti.

7. Harus siap diomelin

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui sebelum Bekerja di Dunia Bisnis KulinerRobin Higgins dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/ap99wisnugroho

Bekerja di bidang pelayan memang tak pernah lepas dari komplain pelanggan. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali karakter dari setiap pelanggan yang datang. Ada pelanggan yang bawel, ribet, minta cepet, minta nambah, minta foto, atau meminta sesuatu yang akan membuat kamu kesal.

Jadi kamu harus tahan banting ya, jangan diomelin dikit nangis di pojokan sambil mengelap kaca, nanti kamu dikasih uang receh bekas kembalian, mau? 

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis selama bekerja di bidang ini. Semoga mendatangkan manfaat ya.

Adi prabowo Wisnugroho Photo Writer Adi prabowo Wisnugroho

Pengidap insomnia yang hobi tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya