Comscore Tracker

4 Hal Mengenai SDM yang Harus Diperhatikan Pemerintah ke Depannya

#DearFutureIndonesia tenaga kerja Indonesia berkualitas

Di era industri sekarang, selain memerlukan sumber daya alam untuk bahan utama yang akan dikelola, juga membutuhkan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam tersebut.

Namun sayangnya di Indonesia, tenaga kerja yang bisa diharapkan dan mampu berkompetitif dengan tenaga kerja asing tidak terlalu banyak. Maka dari itu perusahaan lebih mempercayakan tenaga kerja asing dibanding tenaga kerja Indonesia, ini sungguh disayangkan dan menjadi kecemburuan masyarakat Indonesia itu sendiri.

Itulah tugas pemerintah yang harus lebih memperhatikan masalah ini. Karena begitu sukarnya mencari pekerjaan yang layak di zaman sekarang. Bahkan para mahasiswa pun setelah wisuda, lebih banyak menganggur dan bekerja yang tidak sesuai dengan bidangnya.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia? 4 hal ini mungkin bisa menjadi jalan yang harus ditempuh.

1. Pendidikan harus merata

4 Hal Mengenai SDM yang Harus Diperhatikan Pemerintah ke DepannyaPixabay.com/nikolayhg

Ya, awal mula untuk menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, pastilah pendidikan yang harus berkualitas pula. Namun tidak semua sekolah memiliki akreditasi terbaik, ini yang harus diperhatikan.

Pemerintah pun harus memberikan fasilitas di setiap sekolah, misalnya perangkat komputer dan perpustakaan yang layak. Begitupun pemerintah harus menyeleksi guru-guru yang mengajar di setiap sekolah di Indonesia, atau dengan memberi sertifikasi, dan pelatihan. Agar seluruh sekolah di Indonesia merata kualitasnya, untuk mencetak tenaga kerja yang bermutu tinggi.

2. Pendapatan upah kerja harus meningkat

4 Hal Mengenai SDM yang Harus Diperhatikan Pemerintah ke DepannyaPixabay.com/stevepb

Alasan utama untuk bekerja, pastilah untuk mendapatkan upah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun di Indonesia, rata-rata upah masih bisa dikatakan pas-pas makan, bayar kredit, dan hipotek rumah. Inilah faktor kenapa tenaga kerja Indonesia ogah-ogahan dalam bekerja, mereka bekerja tidak sepenuh hati.

Pemerintah pun harus berperan untuk menyeimbangkan waktu bekerja dengan upah yang akan didapat, dan juga harus memberi sanksi apabila perusahaan tersebut memiliki keterlambatan memberi upah.

Baca Juga: Agar Maju, 5 Hal Ini Perlu Dibenahi dalam Pendidikan di Indonesia

3. Memberi wadah untuk meningkatkan skill tenaga kerja

4 Hal Mengenai SDM yang Harus Diperhatikan Pemerintah ke DepannyaPixabay.com/Free-Photos

Syarat utama apabila tenaga kerja tersebut berkualitas, ialah tenaga kerja tersebut memiliki skill di bidang yang tak semua orang bisa menguasainya. Pemerintah sebagai pemberi wadah untuk kebaikan masyarakatnya, harus memberikan pendidikan berdasarkan klasifikasi setiap individu berdasarkan bidang yang mereka minati dan kuasai. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) harus lebih diperbanyak dan lebih berkualitas, untuk mencetak tenaga kerja berdasarkan skill berdasarkan praktek, bukan hanya teori belaka. 

Dan juga skill yang wajib dikuasai di zaman teknologi dan informatika sekarang, ialah komputer. Setiap perusahaan sekarang sudah memiliki perangkat komputer untuk mempermudah segala urusan.

Maka dari itu, pemerintah juga harus memperhatikan hal ini, dan juga memberikan fasilitas koneksi internet yang lancar. Untunglah SMARTFREN memiliki #Super4GKuota untuk mempermudah mengakses segala sesuatunya yang ada di internet. Maka dari itu, #KuotakanSuaramu dan #KuotakanMaumu untuk Indonesia yang bebas koneksi dan kouta. 

4. Bekerja sama dengan pemilik perusahaan untuk meningkatkan motivasi kerja

4 Hal Mengenai SDM yang Harus Diperhatikan Pemerintah ke DepannyaPixabay.com/lukasbieri

Dalam beroganisasi bisnis, para sarjana bukan hanya dituntut untuk menguasai ilmu MSDM, pemasaran, keuangan, dan operasional, akan tetapi, mau itu seorang pemimpim atau tenaga kerja biasa, harus juga dituntut menguasai ilmu sosiologi dan psikologi.

Ini hal penting, karena kepribadian dan sikap setiap individu di organisasi bisnis berbeda-beda, maka dari itu pemerintah harus bekerja sama dengan pemilik perusahaan untuk memberikan motivasi ke para tenaga kerja untuk bisa bekerja lebih baik dan profesional.

Itulah 4 hal mengenai sumber daya manusia di Indonesia yang harus diperhatikan pemerintah ke depannya. Mungkin pemerintah sudah menjalankan 4 hal ini, akan tetapi dibutuhkan prioritas yang lebih supaya hal ini bisa berjalan dengan baik dan memberi prospek yang lebih.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You