Comscore Tracker

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!

Mari terapkan bagi seorang pemimpin

Yang diketahui, ada dua gaya kepemimpinan konvensional yang kita kenal, yaitu demokratis dan otoriter. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Akan tetapi, ada gaya kepemimpinan yang bisa kamu terapkan kalau kamu tak memiliki tipe keduanya, yaitu gaya kepemimpinan situasional.

Gaya kepemimpinan yang satu ini bisa kamu terapkan apabila menjadi pemimpin di suatu organisasi. Yuk simak apa saja kelebihannya.

1. Lebih peka terhadap perilaku anggota

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!Pixabay.com/Free-Photos

Gaya kepemimpinan situasional berdasarkan observasi langsung terhadap situasi di lingkungan organisasi, khususnya bagian perilaku anggota. Apabila pemimpin menerapkan gaya situasional, dia pastinya akan memantau bagaimana para anggotanya menerapkan peran-perannya.

Apabila rata-rata anggota di organisasi memiliki produktivitas yang kurang memuaskan, pemimpin tidak menjadi represif dalam bertindak. Dia akan lebih tegas dalam memberikan arahan terhadap anggotanya, karena ia menyadari, bahwa situasi anggota di organisasinya belum bisa dikekang. Maka dari itu dia akan lebih sabar dalam memberikan arahan terhadap anggotanya.

2. Anggota pun lebih menghargai si pemimpin

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!Pixabay.com/StartupStockPhotos

Kadang kala, ada beberapa anggota di organisasi yang tidak siap terhadap tekanan dan juga kebutuhan partisipasinya. Mereka menginginkan sosok pemimpin yang siap mengarahkan mereka ke arah terbaik terhadap organisasi.

Di situlah hadir sosok pemimpin dengan gaya situasional, ia akan berperan secara masif dalam memberi arahan ke anggotanya. Lama-kelamaan para anggota pun menghargai si pemimpinnya dan menerapkan apa saja yang ingin pemimpin inginkan, karena pemimpin bersifat terbuka dalam pelaksanaan tugas. Para anggota pun tak menjadi ragu-ragu lagi dalam perannya di organisasi, dan juga tidak merasa tertekan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Lebih Produktif di Tempat Kerja

3. Tidak memiliki sifat khusus di organisasi

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!Pixabay.com/markusspiske

Di mana pun, bawahan akan menceritakan sifat-sifat baik-buruk pemimpinnya. Kalau kamu memiliki gaya kepemimpinan situasional, kamu tak akan memiliki sifat khusus, melainkal proporsional dalam melaksanakan tugas di organisasi.

Sesekali kamu bisa bersifat tegas kalau bawahan kurang sigap dalam menjalankan tugas, akan tetapi itu hanya sesat, setelahnya kamu akan memberikan arahan yang komprehensif terhadap peran mereka. Dan juga pemimpin situasional pun akan memberikan keleluasaan partisipasi bawahannya dalam pengambilan keputusan, sekaligus memberikan batasan terhadap bawahannya dalam pengambilan keputusan.

4. Pemimpin tidak menjadi tirani dan sesuka hati

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!Pixabay.com/DanaTentis

Ada seorang yang menjabat sebagai pemimpin, akan tetapi sekalipun tak pernah hadir di tengah-tengah anggotanya. Dan ada juga seorang pemimpin yang represif yang acap kali menekan bawahannya dalam pelaksanaan tugas. Ini merupakan gaya kepemimpinan yang sangat dibenci oleh para anggota di organisasi.

Supaya diingat, gaya kepemimpinan situasional memiliki tanggung jawab yang besar. Dialah yang paling menonjol di organisasi tersebut. Sekali tegas, dia akan tegas. Akan tetapi dia akan terus melihat situasi organisasi, dan tetap terus mengikutinya demi kebaikan organisasi.

5. Gaya kepemimpinan situasional hanya bagi orang yang sabar dan profesional

5 Kelebihan Gaya Kepemimpinan Situasional di Organisasi, Terapkan!Pixabay.com/arthakanyildirim

Relasi dengan poin sebelumnya, gaya kepemimpinan situasional bukan semua orang bisa menerapkannya. Dia layaknya bunglon, yang siap berubah sifat kapan saja. Maka dari itu yang memiliki sifat yang keras, sangat sulit untuk menjadi pemimpin situasional. Bagi mereka yang mengerti keadaanlah yang mampu menerapkannya.

Itulah lima kelebihan gaya kepemimpinan situasional yang bisa diterapkan di organisasi. Yang pasti gaya kepemimpinan ini memiliki kelemahan, tak ada gaya kepemimpinan yang sempurna. Akan tetapi gaya yang satu ini, merupakan paling terbaik dari gaya lainnya.

Baca Juga: Penuh Tantangan, Ini 7 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Kerja Shift

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You