Comscore Tracker

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!

Sudah banyak perusahaan yang menerapkannya lho!

Banyak buku, jurnal, dan artikel dari ilmuan manajemen yang memberikan beberapa tips cara dalam membangun perusahaan yang sukses. Akan tetapi, hal-hal yang sering diutarakan tersebut bukanlah pilihan terbaik, melainkan suatu opsi yang tidak akan bertahan lama.

Di buku Built to Last : Successful Habits of Visionary Companies, Jim Collins dan Jerry I. Porras melakukan penelitian secara komprehensif terhadap beberapa perusahaan yang telah lama berdiri seperti 3M, Disney, dan Hewlett-Packard. Mereka menemukan beberapa poin kunci kenapa perusahaan besar tersebut tetap sukses hingga sekarang.

Artikel kali ini akan membeberkan beberapa kuncinya. Yuk langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

1. Buatlah ideologi inti

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!Unsplash.com/Jon Tyson

Ketika mendirikan suatu perusahaan, dibutuhkan suatu ideologi inti untuk menjadikan suatu landasan dasar dalam melakukan sesuatu di perusahaan tersebut. Mulai dari perencanaan, praktik, dan tujuan, semuanya harus berdasarkan ideologi inti yang telah dibuat sebelumnya.

Maka pastikan terlebih dahulu apa ideologi inti yang sesuai dengan perusahaan yang didirikan. Pastikan ideologi inti tersebut mudah dipahami. Dan jadikan ideologi inti tersebut suatu kalimat yang selalu diucapkan dan dipahami, sehingga perusahaan tersebut tidak akan jauh dari ideologi inti yang telah dibuat.

2. Dorongan yang kuat itu penting

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!Unsplash.com/Icons8 Team

Apa gunanya memiliki ide besar, akan tetapi ide tersebut menguap begitu saja tanpa adanya dorongan yang kuat untuk mengimplementasikannya. Maka dari itu, perusahaan yang memiliki dorongan yang kuat untuk menciptakan produk yang bagus, dipastikan akan terus bertahan hingga dekade-dekade berikutnya.

Suatu hal yang sering terjadi adalah, ketika timbulnya ide yang dirasakan tidak mungkin untuk dilakukan. Maka, dorongan yang kuat akan menjadi kunci untuk menerapkan ide yang mustahil tersebut. Tanpa adanya dorongan yang kuat di perusahaan, perusahaan tersebut pun akan ketinggalan dan menjadi hancur.

Baca Juga: Gak Melulu Enak, Bagaimana Rasanya Kerja di Perusahaan Startup?

3. Otonom karyawan berperan besar

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!Unsplash.com/Austin Distel

Begitu banyak perusahaan yang menerapkan sentralisasi vertikal, tanpa melakukan desentralisasi horizontal. Padahal, semua anggota di organisasi seharusnya memiliki hak untuk menyampaikan pikiran dan ide, demi kemajuan perusahaan tersebut.

Maka dari itu, buang jauh-jauh sistem konservatif yang menganggap segalanya berdasarkan ide atasan. Kebebasan karyawan harus mulai diterapkan. Karena karyawan pun akan menjadi kunci, apabila memiliki suatu ide besar yang siap untuk diimplementasikan.

Yang harus diingat adalah, perusahaan harus siap memfasilitasi segala hal untuk menciptakan produk berdasarkan ide karyawannya. Ingatlah terus ideologi inti dan dorongan besar.

4. Kebutuhan manusia harus diutamakan, keuntungan belakangan

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!Unsplash.com/Lenny Kuhne

Naif rasanya ketika kita menganggap bahwa perusahaan berdiri tanpa bermaksud mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Akan tetapi, rata-rata perusahaan yang telah berdiri lama, mereka tidak memprioritaskan keuntungan, melainkan kebutuhan orang banyak.

Perusahaan harus mulai memikirkan apa yang dibutuhkan manusia sekarang, dan mulai menciptakan produk tersebut. Pola pikir seperti ini lebih bagus, dibandingkan memikirkan keuntungan terus-menerus yang menjadikan perusahaan tersebut lebih tidak terkontrol dan rakus.

5. Menciptakan penerus perusahaan

5 Rahasia Sukses dalam Membangun Perusahaan Visioner, Terapkan!Unsplash.com/Markus Spiske

Pendiri suatu perusahaan tidak selamanya akan memimpin perusahaan yang didirikannya. Dia juga manusia yang akan menua dan membutuhkan waktu pensiun. Maka dari itu, perusahaan jauh-jauh hari harus siap dalam memikirkan calon-calon yang kompeten untuk sewaktu-waktu akan menduduki posisi pimpinan nanti.

Yang harus diingat adalah, pastikan penerus pimpinan tersebut adalah orang yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut. Karena mereka sudah mengetahui ideologi inti, kultur, dan segala seluk-beluk perusahaan, dibandingkan pemimpin dari luar.

Ada banyak perusahaan yang bangkrut setelah ditinggalkan para pendirinya. Karena perusahaan tersebut mengabaikan posisi pemimpin tersebut, dan meninggalkan ideologi inti yang telah diciptakan pendiri sewaktu awal berdirinya perusahaan tersebut.

Nah, itulah lima poin kunci kesuksesan perusahaan visioner. Bisa dikatakan lima poin yang telah dijelaskan di atas ini suatu hal yang asing dibandingkan poin yang selalu diutarakan. Karena lima poin ini telah dipraktikkan secara langsung oleh perusahaan-perusahaan besar yang hingga sekarang masih berdiri dan sukses.

Baca Juga: Siapkan 6 Hal Ini Saat Kamu Ingin Bekerja Kembali ke Perusahaan Lama

Adliputra Photo Verified Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya