Comscore Tracker

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan Seksual

Jangan takut melapor bila terjadi

Isu pelecehan seksual masih menjadi polemik yang tidak mudah untuk dituntaskan. Bukan hanya terjadi di lingkungan terdekat atau ruang publik, pelecehan atau kekerasan seksual juga bisa terjadi di lingkungan kerja. Padahal, lingkungan kerja seharusnya bisa menjadi safe place.

Menanggapi isu ini, maka IDN Media berupaya menjaga seluruh karyawannya dengan berkomitmen untuk memberikan perlindungan dari pelecehan dan kekerasan seksual. Apa saja yang menjadi perhatian perusahaan?

1. Perusahaan menetapkan kebijakan yang berlaku untuk karyawan dalam lingkungan kerja

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan SeksualIlustrasi karyawan kantoran di IDN Media (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Setiap perusahaan tentu diharapkan memiliki kebijakan dalam menangani pelecehan dan kekerasan seksual. Dalam hal ini, IDN Media juga menerapkan kebijakan yang berlaku bagi seluruh karyawannya, untuk mencegah dari perbuatan tidak diinginkan dan mengarah ke perbuatan seksual dalam lingkungan kerja.

Diba Saleh selaku Head of People Operations IDN Media mengatakan, "Menurutku dan manajemen, SOP atau kebijakan itu penting banget karena kita gak pengen ada kejadian pelecehan seksual ini. Pengennya sebelum terjadi, kita sekaligus mencegah. Apabila terjadi, maka kita udah punya protokol jelas bagaimana cara menghadapinya."

Adanya standar operasional yang ditetapkan oleh perusahaan juga semakin meningkatkan awareness karyawan terhadap isu ini. Apabila karyawan aware maka mereka bisa turut encourage diri sendiri atau orang lain untuk melakukan pengaduan.

"Dia bisa encourage korban atau dia sendiri untuk melakukan pengaduan untuk ditindaklanjuti. Ini ngaruhnya pasti ke bagaimana kita bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman buat semuanya, yang mana itu jadi tujuan kita juga," imbuhnya.

2. Karyawan perlu tahu ragam bentuk pelecehan dan kekerasan seksual

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan SeksualIlustrasi Pelecehan (IDN Times/Aditya Pratama)

Tanpa kita sadari, pelecehan dan kekerasan seksual itu bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja. Semua orang rentan mengalami pelecehan dan kekerasan seksual. Untuk itu, setiap karyawan diharapkan paham apa saja bentuk pelecehan dan kekerasan seksual.

Hal ini juga menjadi sarana edukasi untuk karyawan agar nantinya mereka lebih paham terhadap kondisi yang bisa saja terjadi. Merujuk pada ILO (International Labor Organization) dan PERMEN (Peraturan Menteri) yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, ada beberapa bentuk pelecahan dan kekerasan seksual yang perlu kamu tahu.

Pelecehan seksual bisa melalui fisik, verbal, bahasa tubuh atau isyarat. Ada pula yang berbentuk tertulis atau gambar yang menampilkan bahan pornografi. Selain itu juga ada pelecehan secara psikologis atau emosional berupa ajakan yang terus menerus dan tidak diinginkan, serta penghinaan yang bersifat seksual.

Ada pun bentuk kekerasaan seksual seperti menyampaikan ujaran yang bersifat diskriminatif, memperlihatkan alat kelamin tanpa persetujuan korban, dan lain-lain. Mengirim, merekam, atau mengunggahkan video atau foto yang bernuansa seksual juga termasuk kekerasan.

3. Kondisi kerja yang nyaman dan kondusif merupakan bentuk pencegahan terhadap pelecehan dan kekerasan seksual

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan SeksualSuasana di IDN Media HQ, Jakarta IDN Times/Uni Lubis

Satu hal yang menjadi perhatian IDN Media adalah menciptakan kondisi kerja yang aman dan nyaman. Menurut Diba, SOP yang dikeluarkan perusahaan sifatnya skema dan guidance apabila memang terjadi. 

"Pastinya kita mau menitikberatkan ke prevention. Gimana caranya kita bisa mencegah agar tidak terjadi di lingkungan pekerjaan? Ke depannya, aku udah kerjasama dengan Mental Health Counselor IDN Media untuk mengadakan sesi edukasi terkait pelecehan dan kekerasan seksual ini," jelas Diba saat diwawancarai pada Jumat (22/4/2022).

Isu yang sensitif ini tentu memerlukan kerahasiaan. Untuk itu, skema yang berlangsung di perusahaan pun menekankan untuk menjaga keamanan banyak pihak. Monitoring ke depannya juga tetap dilakukan dengan sosialisasi berkala dan mengambil langkah-langkah serius apabila terjadi di lingkungan kerja.

Dalam hal ini, Diba juga menjelaskan bahwa sebenarnya unsur pencegahan pelecehan dan kekerasan seksual itu sudah terimplementasikan dalam kehidupan bekerja sehari-hari. Contohnya value yang diusung oleh perusahaan. Melalui timmyness, ada 10 value yang harus dimiliki oleh karyawan, yang mengajarkan kita untuk saling respect satu sama lain.

Baca Juga: Ragam Serangan Online dan Cara Lindungi Diri buat Jurnalis Perempuan

4. Perlu melapor bila mengalami dan akan mendapatkan pendampingan

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan Seksualilustrasi konseling (pexels.com/cottonbro)

Untuk bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, maka perusahaan juga perlu menunjukkan mekanisme dalam mencegah dan menangani kasus pelecehan dan kekerasan seksual. IDN Media mendorong korban untuk melakukan pengaduan apabila memang terjadi dan terjamin kerahasiaan identitasnya. IDN Media pun menyediakan pendampingan kepada korban melalui Mental Health Counselor. 

"Kalau pendampingan yang Mental Health Counselor itu kita lihat case by case. Pasti tingkat severity-nya berbeda-beda. Kalau memang ringan dan korban tidak merasa membutuhkan pendampingan tersebut berupa misalnya konseling, ya gak perlu. Tapi kalau merasa butuh, pastinya kita dengan senang hati membantu. Tanpa adanya isu ini pun, kita memang punya akses ke Mental Health Counselor IDN Media. Sebenarnya bisa diakses kapan saja tapi dengan consent korban," ucap Diba.

Diba juga mengungkapkan bahwa kita gak bisa memaksakan korban untuk melakukan pengaduan atau melaporkan kasus pelecehan dan kekerasan seksual di lingkungan kerja tanpa persetujuan. Maka, apabila ada karyawan yang menjadi saksi atau melihat pelecehan dan kekerasan seksual, Diba merekomendasikan karyawan untuk encourage dia melaporkan pada pihak yang berwenang.

"Kalau sesama timmy (sebutan untuk orang yang bekerja di IDN Media), selain dengan korban juga bisa memberi tahu pelaku. Jika dirasa tindakannya tidak benar dan yang menyaksikan adalah sesama timmy, maka bisa saling mengingatkan bahwa tindakan tersebut tidak sesuai," tuturnya.

 

Diba melanjutkan, "Sebenarnya kita mengharapkan semua orang bisa saling menjaga. Perannya bukan hanya di manajemen, Head, SPV. Biar hal-hal seperti ini gak kejadian maka kita harus melibatkan semua timmy untuk saling mengingatkan dan membentuk lingkungan kerja yang aman dan nyaman."

5. Ada sanksi yang berlaku pada pelaku pelecehan dan kekerasan seksual

IDN Media Berkomitmen Lindungi Karyawan dari Pelecehan SeksualIlustrasi PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Apabila ditemukan ada yang bersalah setelah melalui serangkaian prosedur tertentu maka pelaku bisa mendapatkan sanksi atau peringatan terkait tindakan yang sudah terjadi. Namun, tentunya hal ini berkaitan dengan beratnya kasus yang diterima sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

"Soal sanksi, kita ngelihatnya dari tingkat atau level perilaku itu. Minimal banget pasti ada surat peringatan. Tapi apakah sampai PHK atau melaporkan ke pihak berwajib? Itu kita melihat dari tingkat damage dan seberat apa. Minimal banget pasti SP (Surat Peringatan)," pungkas Diba.

Baca Juga: Kenali Pelecehan Seksual: Definisi, Ciri-ciri, hingga Cara Mencegahnya

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya