Comscore Tracker

Vina Muliana: Work Hard, Play Hard, dan Istirahat Itu Harus Ada

Vina Muliana jadi pembicara di IMGS 2022 by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Vina Muliana dikenal sebagai content creator yang fokus pada karier. Bak malaikat, apa yang dilakukannya sangat membantu para freshgraduate yang sedang bingung mencari pekerjaan.

Melalui diskusi panel yang berlangsung di stage Future is Female, pekerja BUMN ini membagikan pandangannya tentang hustle culture dan burnout. Sebagai seorang yang disibukkan dengan banyak kegiatan, Vina melihat bahwa hustle culture itu baik apabila kita tahu batasan diri.

Definisi tiap orang tentang hustle culture pasti berbeda tetapi Vina selalu menekankan pentingnya mengenal diri sendiri. Berbicara dan berusaha memahami diri sendiri merupakan suatu upaya penting untuk meminimalisir hustle culture.

"Definisi hustle buat saya itu ketika kita bisa melakukan apa yang kita lakukan setiap hari, sebaik-baiknya, sesuai porsi yang kita punya," jelasnya dalam sesi "Hustle Culture and The Burnout Generation: Harmful or Necessary?"

Vina menegaskan bahwa setiap orang perlu menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Ia menambahkan,

"Coba sisihkan waktu untuk diri sendiri. Seringkali gak punya limit karena kehabisan waktu lihat limit orang lain. Padahal belum tentu limit kita sama."

Jangan pernah merasa bersalah kalau gak bisa mencapai suatu titik tertentu. Justru, Vina melihat bahwa kemampuan berprogress setiap hari yang harus diperhatikan. 

"Work hard, play hard, dan istirahat itu harus ada," tegasnya. 

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE. 

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix. 

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Sempat Diremehkan, Christie-Sonia Basil dan Yura Yunita Sukses Bangkit

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya