Comscore Tracker

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahat

Bisa-bisa stamina tubuhmu drop dan pingsan

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk juga jika dirimu bekerja terlalu keras tanpa istirahat. Hal itu bisa berakibat buruk dan bisa mempengaruhi berbagai aspek hidupmu. Mulai dari kesehatan yang drop, berat badan menurun hingga kamu pun menjadi sangat kurus, hingga berdampak buruk pada psikis dan mental.

Karena sejatinya kan dirimu itu manusia yang membutuhkan istirahat, gak bisa kalau dipaksa kerja terus-terusan. Yang ada malah merusak diri sendiri nantinya. Untuk beberapa akibatnya bisa simak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Imunitas tubuh otomatis menurun

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahatilustrasi sakit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Karena yang harusnya tubuhmu mendapat jatahnya untuk beristirahat malah tak kamu beri, tentu sistem imun pun akan terganggu. Fisik dan ototmu akan terasa sakit, lemas seharian, dan kalau imun sudah menurun tentu jadi mudah terserang penyakit. 

2. Pikiranmu terlalu lelah karena tidak pernah lepas dari pekerjaan

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahatilustrasi kerja (pexels.com/Ron Lach)

Jika sudah seperti ini maka kamu pun bisa terkena burnout, kondisi di mana dirimu yang merasa stres berat akibat pekerjaan. Bahayanya bisa sampai menyerang psikis dan mentalmu, lho. Jadi jangan sepele dan bekerja keraslah sewajarnya saja, jangan berlebihan. 

Baca Juga: 5 Tips Kerja Cerdas untuk Hilangkan Kebiasaan Buruk yang Sepele

3. Tiba-tiba bisa drop dan pingsan

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahatilustrasi pingsan (pexels.com/Cup Of Couple)

Sebab tubuh setiap orang itu punya batasan tenaga yang berbeda, yang mana kalau dipaksakan ya dampaknya bisa sampai kolaps. Dan hal ini sangatlah berbahaya terutama bagi kamu yang bekerja dari rumah atau bekerja sendiri, karena bisa bertambah buruk efeknya kalau ketika kolaps tak ada orang yang menolong. 

4. Kesulitan berkonsentrasi hingga bisa membuatmu melakukan kesalahan saat bekerja

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahatilustrasi bicara (pexels.com/August de Richelieu)

Kamu bisa kesulitan berkonsentrasi saat bekerja hingga membuatmu jadi melakukan kesalahan di kantor. Itu bahaya banget, tidak hanya merugikan dirimu sendiri akan tetapi juga menurunkan prestasi kerjamu. Dan semua itu gara-gara kamu memaksakan diri untuk terus kerja keras tanpa istirahat yang cukup. 

5. Penurunan berat badan drastis dan timbulnya berbagai penyakit

Bisa Kolaps, 5 Akibatnya jika Kerja Terlalu Keras Tanpa Istirahatilustrasi medis (pexels.com/RODNAE Productions)

Terlalu memaksakan diri untuk kerja keras tanpa istirahat juga bisa mengakibatkanmu terkena berbagai penyakit. Yang mana kamu mengalami penurunan berat badan drastis dan memicu timbulnya penyakit di dalam tubuh, entah itu jenis penyakit yang ringan atau bahkan penyakit parah.

Dan efek negatif seperti ini bakal baru kelihatan setelah bertahun-tahun, makanya sangat penting untuk mengatur pola kerja agar tidak merusak dirimu sendiri di masa depan ataupun masa tua.

Kerja keras memang bisa membuatmu lebih cepat sukses, akan tetapi kamu juga harus tahu batasan dalam bekerja. Jangan sampai berlebihan dan membahayakan tubuhmu sendiri karena kurang istirahat seperti beberapa akibatnya tadi. 

Baca Juga: 5 Hal yang Sering Terjadi di Dunia Kerja, Banyak Cobaannya?

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya