Comscore Tracker

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu 

#IDNTimesLife Supaya pekerjaanmu terasa menyenangkan

Membahas tentang pekerjaan, gak semua orang beruntung bisa bekerja di bidang yang menjadi passionnya. Karena ketatnya persaingan dan lowongan kerja yang terbatas, bisa mendapat pekerjaan bagus dengan gaji yang layak saja rasanya sudah sangat patut disyukuri.

Tapi yang namanya tidak sesuai dengan passion, bisa saja lama-lama malah terasa berat dan membosankan untuk dijalani. Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa caranya agar kamu bisa enjoy saat bekerja di bidang yang bukan passionmu, supaya menekuninya terasa lebih menyenangkan.

1. Jalani pekerjaanmu sesuai tujuan awalmu saat melamar kerja 

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu Ilustrasi interview(pexels.com/Jonathan Borba)

Jalanilah pekerjaanmu sesuai tujuan awal kamu melamar pekerjaan di bidang itu, jika tujuannya untuk mendapatkan uang dan kestabilan ekonomi maka jalani saja sesuai tujuanmu itu. Karena dengan mengingat kembali niat dan tujuan dapat membantumu untuk lebih rileks dan enjoy dalam bekerja meski tak sesuai bidang passionmu. Sebab bagaimanapun juga kamu juga harus bersikap realistis, kan.

2. Pahami dan kuasai bidang yang menjadi pekerjaanmu 

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu Ilustrasi kerja(pexels.com/Canva Studio)

Kedua, cobalah untuk lebih memahami dan menguasai bidang pekerjaanmu saat ini. Pekerjaanmu mungkin tak selaras dengan passion, tapi tak salahnya untuk belajar menerima dan menekuninya dengan lebih serius, kan. Sebab siapa tahu ketika kamu sudah benar-benar paham dan menguasainya malah timbul perasaan asyik untuk bekerja di sana, sehingga dengan sendirinya kamu pun enjoy dalam menjalaninya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

3. Cari sisi baik dan manfaat yang kamu dapatkan dari sana 

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu Ilustrasi pusat perhatian(pexels.com/Yan Krukov)

Percayalah bahwa semua hal di dalam hidup ini ada hikmahnya, begitu pula dengan dirimu yang saat ini bekerja di bidang yang bukan passionmu. Tidak ada yang sia-sia, maka dari itu carilah sisi baik dan manfaat yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu itu. Karena dengan melihat hal-hal baik itu kamu bakal lebih bersyukur dan enjoy dalam menjalani pekerjaanmu, sebab apa yang kamu kerjakan tidaklah salah dan baik untukmu.

4. Anggap sebagai penambah skill dan wawasan baru  

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu Ilustrasi kerja(pexels.com/Fauxels)

Kalau kamu mau lebih enjoy dalam bekerja di bidang yang bukan passionmu, maka caranya yang keempat ialah dengan menganggapnya sebagai peluang untuk menambah skill dan wawasan baru. Kamu bisa menekuni passionmu suatu saat nanti, tapi untuk saat ini tak ada salahnya untuk menekuni pekerjaanmu dengan sungguh-sungguh. Dengan begitu pengalamanmu semakin bertambah seiring dengan wawasan luas yang bermanfaat untuk hidupmu.

5. Bersyukur dengan keuntungan yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu 

5 Cara untuk Bisa Enjoy Bekerja di Bidang yang Bukan Passionmu Ilustrasi bisnis(pexels.com/Sora Shimazaki)

Kemudian caranya yang terakhir agar kamu bisa lebih enjoy dalam bekerja ialah, dengan bersyukur atas keuntungan dan hal-hal baik yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu saat ini. Terlepas dari bidang pekerjaanmu yang tidak sesuai passion, akan lebih baik jika kamu bisa mensyukurinya. Karena mungkin saja dari pekerjaan itu kamu mendapat banyak hikmah dan perubahan positif dalam hidup, dengan begitu kamu bisa lebih mudah untuk enjoy dan lebih menikmatinya.

Bekerja di bidang yang bukan passion terkadang terasa berat, tapi asalkan bersyukur dan mau menerimanya maka kamu pun bisa lebih enjoy dalam menjalaninya. Jadi jangan ragu untuk mencoba lima cara tadi, ya.

Baca Juga: 5 Sisi Baik saat Tua kalau Masa Mudamu Dihabiskan untuk Kerja Keras

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya