Comscore Tracker

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja Barumu

Bersikap ramahlah padanya tapi jangan berlebihan, ya!

Adanya rotasi kerja dan pindah dari tempat kerja lama ke tempat kerja yang baru adalah hal yang biasa terjadi dalam dunia kerja. Dan bagian sulitnya dari berpindah ialah menyesuaikan diri, baik bagi orang-orang yang kedatangan anggota baru, dan juga bagi dia yang datang ke tempat dan harus bergabung dengan rekan kerja yang baru.

Tapi kamu tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa cara yang konon dapat membantumu untuk mengakrabkan diri dengan rekan kerja yang baru. Yuk simak!

1. Bersikaplah ramah tapi jangan berlebihan

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja BarumuPexels.com/iPrice Group

Kalau kamu ingin mengakrabkan diri dengan rekan kerja baru maka caranya yang pertama ialah, bersikap ramahlah padanya tapi jangan sampai berlebihan, ya! Terima dan sambutlah kedatangannya dengan baik, buat dia nyaman dan merasa diterima olehmu dan rekan-rekan yang lain. Dengan begitu dia pun juga tak sungkan untuk mengakrabkan diri denganmu pula.

2. Jangan memperhatikannya terlalu detail, nanti dia bisa risi

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja BarumuPexels.com/Fauxels

Siapapun pasti tidak suka jika dirinya terlalu diperhatikan secara detail, apalagi baginya yang baru saja pindah dan bergabung denganmu sebagai rekan kerja. Jadi ingatlah ini dalam masa perkenalanmu dengannya, ya.

Baca Juga: Tetap Profesional, 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Membenci Kita

3. Bantu dia beradaptasi dengan rekan kerja yang lain

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja BarumuPexels.com/Tim Douglas

Jika ingin mengakrabkan diri dengan orang baru terutama rekan kerja barumu, maka caranya yang ketiga ialah dengan membantunya untuk beradaptasi dengan rekan yang lain. Kenalkan dia pada orang-orang sekitar dan juga orang-orang penting di tempat kerja, agar dirinya pelan-pelan bisa merasa familiar di sana. Dan dengan sikapmu itu dengan sendirinya membuatmu menjadi orang terdekatnya di tempat kerja.

4. Ajak dia mengobrol selayaknya bersama teman lama

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja BarumuPexels.com/Amina Filkins

Sebagai orang baru pasti ada rasa canggung yang ia rasakan, maka dari itulah menjadi tugasmu untuk memecahkan kecanggungan tersebut. Topik obrolannya jangan yang berat atau terlalu serius, cukup bicarakan hal-hal sepele dan sertalan humor di dalamnya agar dia terhibur.

5. Dekati dia dengan cara yang tepat sesuai dengan tipe pribadinya, entah dia tipe orang ekstrovert atau introver

Ini 5 Caranya Mengakrabkan Diri dengan Rekan Kerja BarumuPexels.com/Andrea Piacquadio

Beda kepribadian tentu berbeda pula cara mendekatinya, kan. Kalau asal dan sembarangan justru malah bisa dianggap annoying. Nah, kalau sudah tahu tipe pribadinya maka tinggal dekati saja dengan cara yang membuatnya nyaman hingga timbul perasaan dekat dan akrab.

Mengakrabkan diri dengan orang baru tentu gak bisa dilakukan sembarangan, apalagi jika dia adalah rekan kerja barumu. Jadi gunakanlah lima cara tadi dan jaga sikapmu agar tidak berlebihan, ya!

Baca Juga: Supaya Karier Cemerlang, Jaga Jaraklah dengan 5 Tipe Rekan Kerja Ini

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya