Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan Pribadimu

#IDNTimesLife Tetap jaga profesionalitasmu ya

Di mana pun kita berada pasti ada saja orang yang ingin tahu atau bahkan kepo dengan kehidupan kita. Entah itu di dalam circyle pertemanan, lingkungan sosial atau bahkan di tempat kerja sekalipun.

Paling parahnya adalah di tempat kerja, yang mana seharusnya menjadi tempat kita bisa bekerja secara profesional namun malah diganggu dengan orang-orang yang kepo, apalagi jika atasanmu yang seperti itu.

Jika kamu sedang mengalami ini mungkin bingung bagaimana menghadapinya, dan sangat disarankan untuk menanganinya dengan lima cara di bawah ini tergantung dari bagaimana situasinya. Yuk simak!

1. Cukup beri dia informasi yang tidak terlalu pribadi

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan PribadimuIlustrasi kerja(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan saat berhadapan dengan atasan yang kepo dengan urusan pribadimu ialah, memberitahunya informasi tentangmu yang tidak terlalu pribadi. Maksudnya, jika urusan tersebut tidak termasuk privasi dan tidak apa-apa kalau diketahui orang lain maka tak masalah mamberitahunya. Supaya rasa penasarannya tidak semakin bertambah dan mengganggumu.

2. Tanggapi keingin tahuannya dengan penolakan secara halus

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan PribadimuIlustrasi diskusi(pexels.com/Fauxels)

Kemudian, jika secara kebetulan atasammu adalah orang yang kepo dengan kehidupan pribadimu maka kamu bisa tanggapi dengan penolakan secara halus. Kamu tidak perlu menjawab semua pertanyaannya, lalu tanggapi dengan senyuman dan memberitahunya kalau apa yang dia tanyakan adalah urusan pribadimu. Dengan begitu ia mengerti kalau kamu merupakan seseorang yang peduli dengan batasan.

Baca Juga: 5 Tips Simple Memilih Kado Ulang Tahun untuk Atasan agar Berkesan

3. Ingatkan dengan sopan kalau sisi keponya melewati batas

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan PribadimuIlustrasi diskusi(pexels.com/Cottonbro)

Namun hati-hati dalam menggunakan cara ini karena bisa menyinggung harga dirinya, maka pastikan kamu mengatakannya dengan sopan dan etika. Sebab meskipun kamu bawahannya namun kamu juga perlu dihargai dan dihormati sebagaimana mestinya, dan tidak masalah jika kamu memberitahunya soal itu. 

4. Bersikap tegas jika dia mulai lancang

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan PribadimuIlustrasi rapat(pexels.com/Fauxels)

Tentu saja cara ini tidak bisa digunakan sembarangan dan harus berdasarkan situasi tertentu. Jika dia cuma sekedat kepo maka tak perlu sampai terlalu tegas dalam menghadapinya, tapi kalau dia sudah kelewat batas maka pakailah cara ini. Karena ada beberapa atasan yang memang harus diberi sikap tegas baru sadar kalau dia sudah keterlaluan. 

5. Tanggapi seperlunya saja dan jaga profesionalitasmu dalam bekerja

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Kepo sama Urusan PribadimuIlustrasi rapat kerja(pexels.com/Sora Shimazaki)

Dengan kata lain, gak perlu terlalu dipikirkan dan acuhkan saja pertanyaan keponya yang menurutmu kurang penting. Tapi tentu saja cara ini cocok bagi kamu yang memang tipe orang cuek dan tak terlalu peduli perihal apa kata orang sekitar.

Meskipun yang kepo pada urusanmu itu merupakan seorang atasan, kamu tetap tidak boleh diam saja. Dan hadapilah dengan berani pakai lima cara tadi tergantung dari situasinya, ya. Supaya keingin tahuannya gak keluar batas!

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Tanda kalau Atasan di Tempat Kerjamu Itu Orang yang Toxic

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya