Comscore Tracker

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih Tua

Intinya tetap menjaga sikap saling menghargai saat bekerja

Jika sudah menginjak usia dewasa maka cepat atau lambat kamu pun akan memasuki dunia kerja, dan setelah bekerja kamu juga akan mengetahui bahwa ada banyak keberagaman di dalam dunia kerja yang salah satunya ialah perihal usia sesama rekan kerja. Bisa jadi kamu menjadi orang yang usianya paling tua dari yang lain, namun bisa juga sebaliknya yaitu kamu memiliki rekan kerja yang usianya jauh di atasmu. 

Nah, dengan adanya perbedaan usia seperti inilah etika dalam memperlakukan satu sama lain, terutama rekan kerja yang jauh lebih tua di atasmu dibutuhkan. Maka dari itu beberapa etikanya pun akan kita bahas di bawah ini, yuk simak penjelasannya!

1. Persilahkan ia bicara terlebih dulu jika ada diskusi

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih TuaPexels.com/Fauxels

Etikanya yang pertama dalam memperlakukan rekan kerja yang usianya jauh di atasmu ialah dengan mempersilahkan ia bicara terlebih dahulu jika ada diskusi atau meeting di tempat kerja.

Selain sebagai salah satu caramu dalam menghargainya, dengan membiarkannya bicara lebih dulu kamu yang lebih muda pun bisa lebih bebas dalam mengutarakan pendapat jika sudah mendengar dirinya lebih dulu.

2. Hargai pendapat dan saran darinya

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih TuaPexels.com/August De Richelieu

Kedua, etika dalam memperlakukan rekan kerja yang usianya jauh di atasmu ialah dengan menghargai pendapat dan saran darinya. Baik itu dengan tidak menyela saat ia bicara, ataupun memojokkan atau menyepelekan saran yang ia berikan.

Karena bagaimanapun juga tentunya ia sudah lebih lama berkecimpung di dalam dunia kerja, sehingga sedikit banyaknya ia pasti memiliki banyak pengalaman yang berguna dalam berbagai situasi pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

3. Membantunya belajar hal baru tanpa merendahkannya

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih TuaPexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang, rekan kerja yang usianya lebih tua darimu tidak banyak tahu mengenai teknologi atau cara-cara baru dalam bekerja yang dipahami oleh anak muda. Maka dari itu salah satu etika yang tepat dalam memperlakukannya ialah dengan membantunya belajar hal baru yang tidak ia ketahui menyangkut cara kerja tanpa merendahkannya.

4. Berbaur dengannya sebagaimana kamu dengan yang lain

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih TuaPexels.com/August De Richelieu

Keempat, berbaurlah dengannya sebagaimana kamu dengan rekan kerja lain yang mungkin seumuran denganmu. Meski mungkin ada kesenjangan pengetahuan, selera humor, atau cara bergaul, akan tetapi membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja serta menyesuaikan diri dengannya tentu merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

5. Pengertian terhadap beban kerja yang bisa ia tangani

5 Etika dalam Memperlakukan Rekan Kerja yang Usianya Jauh Lebih TuaPexels.com/Yury Kim

Kemudian etikanya yang terakhir dalam memperlakukan rekan kerja yang usianya jauh di atasmu ialah dengan bersikap pengertian terhadap beban kerja yang bisa ia tangani. Semakin bertambahnya usia tentu kekuatannya pun berkurang, maka sangat penting bagi yang lebih muda untuk bersikap pengertian dan tidak membebaninya dengan pekerjaan yang di luar batas kemampuannya. Karena rekan kerja baiknya saling support dan bukannya semena-mena, kan.

Adanya perbedaan usia dengan rekan kerja tentu berbeda pula cara memperlakukannya, seperti lima etika tadi yang baiknya kamu perhatikan dalam memperlakukan rekan kerja yang usianya jauh lebih tua. Intinya tetaplah saling menghargai, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Agresif, Biar Gak Makan Ati!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya