Comscore Tracker

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancer

#IDNTimesLife Bebas dan jadi bos untuk diri sendiri 

Bicara tentang dunia kerja, ada banyak sekali jenis pekerjaan yang bisa kita geluti. Mulai dari pekerjaan kantoran dan pegawai pemerintahan, hingga pekerjaan lepas yang bisa kita pilih sendiri dan dikerjakan dari rumah.

Banyak orang berpikir, pekerjaan yang menjamin adalah pekerja kantoran di perusahaan besar. Padahal, kerja sebagai full time freelancer juga bisa memberikan banyak keuntungan dan penghasilan yang fantastis lho. Seperti keuntungan berikut ini.

1. Bebas jika ingin meningkatkan jumlah penghasilan di setiap bulannya 

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancerilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak seperti pekerja kantoran yang nominal gaji setiap bulannya sudah ditentukan, orang yang full time kerja freelancer memiliki keuntungan dari segi kebebasan. Bebas jika ingin meningkatkan jumlah penghasilannya setiap bulan, sehingga tinggal sesuaikan saja seberapa banyak pekerjaan yang mau dikerjakan agar mencaai nominal gaji yang diinginkan. 

2. Bebas memilih berbagai macam pekerjaan yang ingin digeluti 

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancerilustrasi kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan secara freelance, alias bekerja lepas tanpa terikat kontrak atau ikatan kerja. Dan di sinilah keuntungannya kalau full time kerja freelancer, yang mana dirimu bisa bebas memilih jenis pekerjaan apa yang ingin digeluti, bahkan lebih dari satu pun tidak apa-apa.

Mulai dari menulis, editing, design, hingga jasa pekerjaan lain yang banyak dibutuhkan orang. Cara kerjanya yang mudah serta banyaknya kebebasan yang dimiliki membuat jenis pekerjaan ini sangat cocok bagi orang yang memiliki banyak skill.

Baca Juga: Untuk Kamu Freelancer, Ini 5 Cara Atur Waktu dan Keuangan 

3. Mengatur jam kerja sendiri 

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancerilustrasi wanita (pexels.com/Fauxels)

Tidak ada bos yang marah-marah jika kamu datang terlambat, karena kamulah yang mengatur jam kerja sendiri kalau kerja freelancer. Jika dirimu adalah morning person maka mulai dari pagi hingga sore mungkin adalah jam kerjamu. Namun bagi kamu yang lebih bisa produktif di malam hari maka bekerja saat malam dan tidur ketika pagi hari mungkin pilihan yang tepat. Ada banyak sekali orang yang jam kerjanya terbalik seperti ini di dunia kerja freelance.

4. Menjadi bos dan mempekerjakan orang jika jangkauan kerjanya sudah meluas 

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancerilustrasi kerja (pexels.com/Fauxels)

Saat baru memulai dan merintis karier sebagai freelancer mungkin kamu bekerja sendiri, tapi semakin berkembangnya karier dan jangkauan kerja yang semakin luas, bukan suatu hal yang mustahil kalau menjadi bos dan mempekerjakan orang.

Inilah keuntungannya yang keempat, yang mana memiliki hak untuk mengatur pekerjaan sendiri. Karena tidak sedikit orang yang sukses menjadi freelancer hingga bisa mempekerjakan orang lain dan membentuk tim sendiri untuk membantunya bekerja.

5. Hidup nyaman dengan finansial terjamin 

Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancerilustrasi pria (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Keuntungan kelima kalau kerja full time freelancer ialah bisa menjalani hidup yang nyaman dengan finansial terjamin. Kerja freelance itu kita menyediakan jasa mengerjakan suatu pekerjaan yang dibutuhkan orang lain, makanya membutuhkan skill.

Namun sisi keuntungannya adalah, semakin tinggi skill yang kamu miliki dan semakin baik hasil kerjamu maka bayarannya pun bisa sangat tinggi. Bahkan tak jarang klien dengan senang hati memberikan bonus karena dia puas dengan hasil kerjamu.

Itulah mengapa hidup seorang freelancer rata-rata nyaman dan tidak khawatir dengan finansial, apalagi jika kerja secara full time dan profesional.

Itulah tadi beberapa keuntungannya kalau kerja full time freelancer. Meski kerjanya di rumah dan tidak mencolok, bahkan sering tidak terlihat oleh orang-orang tapi jangan sepele, ya. Karena ada banyak sekali keuntungan jenis pekerjaan ini yang melebihi jenis pekerjaan lainnya.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Gak Cocok Menjadi Freelancer, Jangan Nekat!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya