Comscore Tracker

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speaking

#IDNTimesLife Kamu bisa saja jadi orang kepercayaan

Bisa dibilang kalau public speaking adalah salah satu kemampuan pribadi yang mesti dimiliki ketika masuk dalam dunia kerja. Karena dengan adanya skill ini kamu bisa mendapat banyak manfaat positif yang berguna dalam mendukung kariermu sendiri.

Selain itu dengan menguasai public speaking juga akan membantumu menonjolkan diri agar semakin dikenal oleh atasan dan para petinggi penting di tempatmu bekerja. Pokoknya kalau mau tahu lebih jelasnya bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Kamu dikenal oleh atasan dan para petinggi di tempat kerja

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speakingilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Jangan pernah meremehkan kemampuan public speaking yang kamu miliki, karena manfaatnya yang pertama ialah dirimu jadi dikenal oleh atasan dan para petinggi di tempat kerja. Semakin dirimu dikenal atasan, maka semakin terbuka pula peluangmu untuk mendapat kesempatan sukses.

2. Kerap ditunjuk untuk presentasi saat rapat

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speakingilustrasi presentasi (pexels.com/Sora Shimazaki)

Suatu kehormatan dan hal yang patut dibanggakan jika mendapat kepercayaan itu dari atasan, lho. Apalagi jika rapat tersebut dihadiri orang-orang penting yang berpengaruh di dalam dunia kerja. Tidak semua orang bisa mendapat kesempatan yang sama sepertimu.

Baca Juga: 6 Tips Public Speaking agar Lebih Percaya Diri di Depan Audiens

3. Kamu jadi lebih percaya diri untuk tampil dan menunjukkan kemampuanmu di depan orang-orang

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speakingilustrasi kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Ketiga, dengan memiliki skill public speaking kamu pun jadi lebih percaya diri untuk tampil dan menunjukkan kemampuanmu di depan orang-orang. Hal ini tidak hanya baik untuk kemajuan kariermu, akan tetapi juga berpengaruh positif untuk dirimu sendiri yang menjadi lebih percaya diri.

Nah, kalau kepercayaan dirimu meningkat maka dampak baiknya juga akan berpengaruh pada pembawaan dirimu yang semakin memikat dan menarik perhatian di tempat kerja, lho.

4. Dirimu dibutuhkan oleh atasan untuk membantunya membangun relasi

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speakingilustrasi relasi kerja (pexels.com/Edmond Dantes)

Meski seorang atasan biasanya telah memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membangun relasi dengan berbagai macam orang, akan tetapi memiliki pendamping juga sangat diperlakukan di dalam dunia kerja. Jika kemampuanmu dalam berkomunikasi baik, maka bukan hal mustahil kalau kamu dijadikan tangan kanan atasan.

Membantunya membangun relasi dengan orang-orang penting yang berkaitan dengan atasan. Kalau sudah begitu maka tidak sulit lagi bagimu untuk perlahan-lahan meningkatkan jenjang karier.

5. Menjadi perwakilan perusahaan

5 Manfaat untuk Kemajuan Kariermu jika Memiliki Skill Public Speakingilustrasi kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Ditunjuk sebagai perwakilan perusahaan adalah suatu hal yang sangat baik untuk kemajuan kariermu, yang mana hal ini hanya bisa terjadi jika kamu memiliki kemampuan dalam public speaking. Namun tentu saja modal yang kamu butuhkan tidak hanya skill dalam komunikasi saja, akan tetapi juga skill yang mumpuni dalam mengemban tugas itu.

Kesimpulannya, skill dalam public speaking sama sekali tidak bisa diremehkan di dalam dunia kerja. Sebab kemampuan itulah yang akan membuka berbagai kesempatan emas untuk bisa meningkatkan kariermu.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Meniti Karier di e-Commerce, Susun CV Sebaik Mungkin!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya