Comscore Tracker

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah Ekspektasi

Kamu harus kuat menjalaninya

Dulu mungkin pernah terbesit di pikiranmu bahwa sangat menyenangkan bisa bekerja dan menjalani hidup sebagai orang dewasa yang independen. Padahal kalau sudah menjalaninya kamu akan tahu sendiri bahwa realita di dunia kerja sangatlah berbeda dari apa yang dibayangkan.

Seperti beberapa realita dunia kerja yang ada dalam pembahasan kali ini, yaitu susah dan beratnya dunia kerja yang tidak semudah perkiraanmu. Simak pembahasan berikut ini untuk tahu lebih jelasnya!

1. Harus siap jika beban kerja bertambah berat

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah EkspektasiPexels.com/Startup Stock Photos

Susah dan beratnya realita dunia kerja yang pertama ialah kamu harus siap jika sewaktu-waktu beban kerja bertambah. Mungkin sangat berbeda dengan bayanganmu yang mengira bahwa dunia kerja itu menyenangkan dijalani karena bisa kerja santai dan nyaman, karena itu total salah. Pada saat-saat tertentu mungkin beban kerjamu akan bertambah, pekerjaan menjadi berat, bahkan membuatmu lelah dan kurang istirahat, lho.

2. Lembur menjadi suatu hal yang lumrah dilakukan pada saat-saat tertentu

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah EkspektasiPexels.com/Tima Miroshnichenko

Lalu sulit dan beratnya realita dunia kerja yang kedua ialah lumrahnya kerja lembur pada saat-saat tertentu. Entah itu pada saat akhir bulan, akhir tahun, atau jika pekerjaanmu menyangkut event-event besar yang pastinya memiliki beban kerja yang berat dan padat. Pokoknya gak bakal semudah perkiraanmu, karena ada banyak hal tak terduga yang bisa terjadi dalam dunia kerja, dan itu sangatlah berat.

3. Keharusan menjaga kinerja dalam segala situasi dan kondisi

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah EkspektasiPexels.com/Fauxels

Keharusan menjaga kinerja di segala situasi dan kondisi juga merupakan realita dunia kerja yang susah dan berat. Karena terlepas dari apakah kehidupan pribadimu sedang ada masalah berat sekalipun, kamu tetap harus profesional dan menjaga kinerja agar tetap baik. Kalau kamu tidak bisa melakukannya maka bukan suatu hal yang mustahil kalau posisimu digantikan orang lain.

Baca Juga: 5 Sifat Ini Mampu Membuat Introver Sukses di Dunia Kerja!

4. Ketatnya persaingan jika ingin meningkatkan jenjang karier

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah EkspektasiPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian saat kamu bekerja tentu tidak mau stuck di situ-situ saja, kan? Nah, dalam proses meningkatkan jenjang karier kamu akan menemui banyaknya persaingan, hal ini sangat wajar dan merupakan salah satu realita dunia kerja. Sebab yang mau maju dalam dunia kerja bukan kamu saja, dan ketatnya persaingan tentu tak akan semudah perkiraanmu, jadi siap-siap saja dan hadapi dengan kuat ya!

5. Profesionalitas kerja diharuskan jadi prioritas nomor satu

5 Realita Susahnya Dunia Kerja, Gak Semudah EkspektasiPexels.com/Sora Shimazaki

Kelima, susah dan beratnya realita dunia kerja adalah adanya keharusan bagimu untuk teguh dalam menjadikan profesionalitas kerja sebagai prioritas nomor satu. Tak ada yang peduli tentang kehidupan pribadimu, atau keinginanmu, karena tuntutan kerja yang paling utama ialah profesionalitas. Dan hal itu sangat berat karena kamu harus mengabaikan sisi emosional pribadi, apalagi kalau keadaan mentalmu sedang tidak baik dan stres. 

Kesimpulannya, dunia kerja bukanlah seperti dunia dongeng yang dapat dijalani dengan mudah karena realitanya justru sangatlah susah dan berat. Benar?

Baca Juga: 5 Dampak Baik Kamu Selalu Menjaga Sikap Disiplin dalam Dunia Kerja

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya