Comscore Tracker

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua 

Bekerja profesional namun tetap menghargai mereka 

Berbeda dengan masa-masa sekolah yang dikelilingi orang seumuran, dunia kerja tidak memandang umur dan bukan suatu hal yang mustahil jika rekan kerjamu malah orang-orang yang lebih tua. Nah jika kebetulan keadaannya seperti itu, tentu sebagai yang termuda di tempat kerja kamu harus menjaga sikap dan adab, bukan? Contohnya seperti beberapa adab dasar yang ada dalam pembahasan di bawah ini.

1. Sopan ketika menyampaikan kritik 

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua Pexels.com/August De Richelieu

Adab dasar pertama yang sebaiknya kamu jaga jika rekan kerjamu rata-rata berusia lebih tua ialah tetap sopan ketika menyampaikan kritik. Memiliki opini sendiri dan mengkritik merupakan suatu hal yang wajar dalam dunia kerja, asal jangan keluar batas ketika menyampaikannya dan tetap sopan.

2. Bekerja dengan profesional dan suportif 

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua Pexels.com/Andrea Piacquadio

Meskipun rekan kerjamu umurnya lebih tua dan senior di sana, bukan berarti mereka wajib mengurusmu selayaknya adik dan menanggung beban lebih banyak. Bekerjalah dengan profesional dan suportif, karena menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik tanpa menyusahkan mereka juga termasuk dalam adab dasar.

Baca Juga: 5 Tanda Kerja Kerasmu di Tempat Kerja Kurang Mendapat Apresiasi

3. Menjaga attitude dan tata krama yang sepantasnya 

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua Pexels.com/Fauxels

Ketiga, berada di antara lingkungan dan rekan kerja yang usianya lebih tua tentu membuatmu harus menjaga attitude dan tata krama yang sepantasnya. Gak perlu berlebihan dan terlalu hormat, tapi setidaknya kamu menghargai mereka dengan wajar. Gak bersikap seenaknya seperti dengan teman seumuran.

4. Tidak merasa lebih hebat hanya karena kamu lebih muda 

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua Pexels.com/August De Richelieu

Lalu adab lainnya adalah tidak merasa lebih hebat hanya karena kamu lebih muda dari mereka. Kamu yang masih muda mungkin punya energi yang lebih banyak, atau mungkin punya skill lebih bagus, akan tetapi kamu juga harus memposisikan diri dengan tepat agar tidak dinilai merendahkan mereka.

5. Gak sok pintar dan mau meminta saran 

5 Adab Dasar Ketika Rekan Kerjamu Rata-rata Orang yang Lebih Tua Pexels.com/Christina Morillo

Mereka yang lebih tua tentu punya pengalaman kerja lebih banyak, atau mungkin sudah bertahun-tahun bekerja di sana lebih dulu daripada kamu. Maka dari itu jika kamu ada kesulitan atau kendala sesuatu, cobalah untuk meminta saran atau bertanya pada mereka. Jangan sok pintar sendiri dan merasa tidak butuh dibantu.

Itulah tadi lima adab dasar yang perlu kamu perhatikan jika mempunyai rekan kerja yang rata-rata berusia lebih tua. Intinya tetaplah bekerja dengan profesional dan hargai mereka sewajarnya, ya!

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Kamu Jadikan Kerja Sampingan Selama Pandemi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya