Comscore Tracker

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor 

Mereka malah jadi antipati terhadapmu, lho

Selain sikap yang memang harus dijaga di manapun kamu berada, kata-kata atau cara bicaramu juga harus dijaga karena menjadi bagian dari attitude. Tidak hanya ketika berada dengan orang terdekat saja, melainkan saat kerja dan berada di kantor pun kamu juga harus menjaga bicaramu untuk tidak sembarangan.

Lalu bagaimana kalau tidak dijaga? Maka kamu pun harus menerima risiko dijauhi rekan kerja dan juga akibat-akibatnya seperti pada pembahasan di bawah ini. Simak baik-baik!

1. Sering terkucilkan jika ada acara kumpul bareng 

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor Pexels.com/Bruce Mars

Akibatnya yang pertama jika bicaramu sembarangan di kantor ialah, entah kamu menyadarinya atau tidak namun kamu bisa jadi kerap dikucilkan oleh rekan-rekan kerja terutama jika ada acara kumpul bareng. Hanya sedikit orang yang mengajakmu bicara, atau bahkan cuma sekadar basa-basi saja.

2. Kurangnya nilaimu di mata atasan 

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor Pexels.com/August De Richelieu

Tidak hanya sikap, attitude juga meliputi perkataan dan caramu berbicara. Maka dari itu akibat atau risiko kalau bicaramu sembarangan di kantor ialah nilaimu menjadi kurang di mata atasan. Karena tentu seorang atasan tidak hanya menilai kinerja dari pekerjaanmu saja akan tetapi juga sopan santunmu dalam membawa diri di lingkungan kerja.

Baca Juga: 9 Tips Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Doyan Gosip, Biar Gak Ketularan

3. Tidak ada yang mendukungmu membuat karier jadi di situ-situ saja

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor Pexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan cara bicaramu yang sembarangan membuat orang-orang jadi malas berurusan denganmu, alhasil tidak ada yang memberimu support dalam dunia kerja dan dampaknya tentu saja kariermu bisa berada di situ-situ saja. Karena kita tidak bisa maju sendiri dalam dunia kerja, melainkan butuh relasi dan hubungan yang baik dengan orang-orang di lingkungan kerja juga.

4. Tanpa sadar membuat banyak orang tersinggung atau sakit hati 

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor Pexels.com/Christina Morillo

Kamu mungkin tidak menyadarinya, namun perlu diketahui bahwa perkataan yang sembarangan bisa dengan mudah melukai orang lain lho. Kalau kamu melakukannya di kantor, bisa-bisa banyak orang yang ternyata sakit hati padamu, lebih parahnya bahkan bisa saja dia menyimpan dendam.

5. Masuk dalam deretan orang yang tak disukai di kantor 

Dijauhi Rekan, Ini 5 Akibatnya Kalau Bicaramu Sembarangan di Kantor Pexels.com/Andrea Piacquadio

Di manapun kamu berada jika masih menjadi lingkungan sosial maka pasti ada deretan atau daftar orang yang tidak disukai oleh orang di sekitarnya. Nah kalau bicaramu sembarangan di kantor maka bisa saja kamu masuk ke dalam daftar orang tak disukai itu, meski tidak diungkapkan secara terang-terangan tapi bukankah tidak nyaman jika banyak yang membencimu?

Intinya di manapun kamu berada, attitude tetaplah penting untuk dijaga. Terlebih lagi di tempat kerja, tidak hanya menjaga sikap akan tetapi juga menjaga kata-katamu dalam berbicara kalau tidak mau merasakan akibat buruknya.

Baca Juga: 5 Cara Sopan Menegur Kesalahan Rekan Kerja Tanpa Bikin Dia Tersinggung

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya