Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampingan

Punya waktu kerja bebas dan dibayar tinggi sesuai kinerjamu

Dalah dunia kerja ada tipe pekerjaan yang sering ditemui, yaitu pekerjaan tetap yang mana dirimu menandatangani kontrak dan bekerja dengan aturan yang ditetapkan di suatu perusahaan, dan pekerjaan freelance yang dikerjakan tanpa ada ikatan kontrak dan serba fleksibel.

Keduanya pekerjaan yang baik dan ada keunggulannya masing-masing. Tapi gak ada salahnya juga kalau kamu menjalani dia pekerjaan ini, yang mana walaupun sudah memiliki pekerjaan tetap tapi juga kerja freelance sebagai pekerjaan sampingan.

Hitung-hitung untuk menghasilan uang tambahan buat ditabung dan menjamin kehidupanmu. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa alasan kenapa kerja freelance cocok untuk jadi profesi sampingan. 

1. Kerjanya bisa disesuaikan dengan skill-mu

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampinganilustrasi seniman (pexels.com/Thirdman)

Alasan pertama kenapa kerja freelance cocok untuk jadi profesi sampingan ialah karena kerjanya bisa disesuaikan dengan skill yang kamu miliki. Terutama kalau kamu adalah tipe orang yang memiliki lebih dari satu skill yang bisa dipakai kerja. 

Tidak semua orang memiliki pekerjaan utama yang sesuai dengan skill-nya, namun kamu tetap bisa menggunakan nya pada pekerjaan freelance. Sehingga skill yang kamu pelajari dan kuasai tidak sia-sia. 

2. Fleksibilitas waktu yang gak mengganggu pekerjaan utama

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampinganilustrasi kerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Alasan lainnya kenapa kerja freelance cocok untuk jadi profesi sampingan ialah karena memiliki fleksibilitas kerja. Baik itu fleksibel secara waktu ataupun tempat kerja, yang mana kamu bisa atur sendiri bagaimana kerjanya. 

Hal ini merupakan keuntungan dari kerja freelance, yang mana dengan kebebasan waktu dan tempat kerja hal itu jadi tidak mengganggu pekerjaan utamamu. Kerja ketika ada waktu luang dan ketika sudah pulang ke rumah, kamu yang atur sendiri. 

Baca Juga: 5 Keuntungan Kerja Freelance untuk Ibu Rumah Tangga

3. Bayarannya tinggi sesuai dengan kualitas dan performa kerjamu

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampinganilustrasi pegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Alasan ketiga kenapa kerja freelance cocok untuk jadi kerjaan sampingan ialah dari segi penghasilan. Yang mana bukan suatu hal yang mustahil kalau penghasilan dari freelance justru lebih besar dari pekerjaan utamamu. 

Karena tidak ada ketentuan bayaran yang kamu dapatkan dalam sebulan, sehingga tinggi rendahnya sesuai dengan performa kerjamu sendiri. Kalau kamu rajin dan banyak ambil proyek, maka bayarannya jadi berkali lipat. Semuanya tergantung pada bagaimana kamu bekerja. 

4. Dikerjakan secara individual sehingga lebih fokus dan bebas

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampinganilustrasi kerja (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pekerjaan freelance biasanya dikerjakan sendiri, yang mana hal ini jadi alasan yang cukup bagus untuk menjadikannya pekerjaan sampingan. Kenapa? Tentu kalau bekerja sendiri alias individual jadi lebih fokus dan bebas, kan. 

Tidak ada konflik, debat, ataupun keharusan untuk kerja sama dengan rekan lain. Hal ini membuatmu jadi fokus pada kinerja maksimalmu, dan cocok banget untuk kamu yang lebih suka kerja sendiri dibanding dengan kelompok. 

5. Tidak terikat kontrak dan aturan ketat

5 Alasan Kenapa Kerja Freelance Cocok untuk Jadi Profesi Sampinganilustrasi bersalaman (pexels.com/Sora Shimazaki)

Alasannya yang terakhir ialah karena pekerjaan freelance tidak terikat kontrak panjang dan aturan ketat. Aturan dalam bekerja tetap ada, tapi berdasarkan kesepakatan antara kamu dan klien. 

Hal ini tentu menjadi kemudahan yang membuatmu dapat menjalaninya berbarengan dengan pekerjaan utama. Karena tidak ada aturan yang mengganggu dan membuat pekerjaan utamamu terhambat. 



Kalau kamu ingin kerja sampingan untuk menambah pengalaman atau penghasilan tambahan, maka pilihlah kerja freelance. Alasannya bisa dilihat pada lima poin pembahasan tadi. Gimana, tertarik?

Baca Juga: 5 Perbedaan Pekerjaan Full Time dan Freelance, Pilih yang Mana? 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya