Comscore Tracker

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbeda

Jangan langsung patah semangat dan insecure kalau ditolak

Setiap melamar pekerjaan pasti harapannya dirimu diterima dan bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Namun pahami juga bahwa pada saat melamar ada dua kemungkinan yang bisa terjadi yaitu diterima dan ditolak. 

Kalau misalnya dirimu berakhir ditolak ketika melamar kerja jangan langsung berkecil hati dan patah semangat, apalagi kalau sampai merasa insecure dengan penolakan tersebut. Karena ada banyak alasan di balik penolakan lamaran kerjamu, entah itu karena kuota penerimaan yang terbatas atau skill-mu yang tidak sesuai dengan apa yang dicari. Selengkapnya bisa disimak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Kuota penerimaannya terbatas

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbedailustrasi rekan kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Lamaran kerja ditolak gak melulu karena kamu tidak pantas diterima, akan tetapi alasannya yang pertama ialah karena kuota penerimaannya terbatas. Sehingga orang-orang yang diterima pun terbatas dan hanya mereka yang dinilai terbaik saja. 

Jadi gak perlu terlalu dipikirkan sampai membuat mentalmu down. Karena yang namanya dunia kerja memang dipenuhi persaingan, bahkan dalam melamar pekerjaan sekalipun. Kalau kamu tidak diterima di satu perusahaan maka carilah perusahaan lain yang menerimamu. 

2. Skill yang dicari dari pelamar mungkin berbeda dan tidak kamu miliki

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbedailustrasi wawancara kerja (pexels.com/Tima Mirosnichenko)

Alasannya yang kedua kenapa lamaran kerjamu ditolak ialah karena mungkin saja skill yang dicari oleh mereka berbeda dari yang kamu miliki. Jadi bukan berarti kamu tidak cukup baik atau tidak pantas diterima, ya. 

Karena yang namanya suatu perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, tentu yang dicari adalah pekerja yang benar-benar tepat untuk menempati posisi yang disediakan. Pekerjaan dan jodoh itu sama, yaitu sama-sama harus tepat dan tidak bisa asal menerima saja. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diingat saat Lamaran Kerja Ditolak Perusahaan Impian

3. Citramu sudah jelek di perusahaan lain

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbedailustrasi diskusi kerja (pexels.com/Alena Darmel)

Jangan pernah menganggap enteng sikapmu ketika bekerja di suatu tempat, karena percaya atau tidak dunia kerja itu sempit dan saling berhubungan. Jadi kalau citramu buruk si suatu perusahaan, bukan hal yang mengejutkan kalau perusahaan lain tahu mengenai citra burukmu. 

Jadi mungkin saja lamaranmu ditolak karena ada catatan buruk mengenai kinerjamu ketika bekerja di perusahaan lama. Sehingga mereka pun jadinya ragu dan tidak mau menanggung risiko kerugian jika menerimamu. Karena semua perusahaan tentu ingin menerima pekerja yang terbaik untuk mereka. 

4. Ada anggota keluarga kandung yang juga bekerja di sana

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbedailustrasi wawancara kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap perusahaan memiliki aturannya masing-masing. Ada yang tidak mempermasalahkan ikatan keluarga jika ingin melamar, namun ada pula yang tidak memperbolehkan ikatan hubungan keluarga kandung untuk bekerja di satu perusahaan. 

Itulah kenapa kamu harus mencari tahu dulu aturan-aturan perusahaan yang mau kamu ajukan lamaran. Hal ini cukup normal terjadi karena semua tempat pasti punya kebijakannya sendiri, dan mungkin menghindari adanya kekuasaan jabatan yang dipegang keluarga sehingga tidak adil untuk yang lain. 

5. Tidak bijak dalam menggunakan media sosial dan mempunyai citra buruk

5 Alasan Lamaran Kerjamu Ditolak, Skill yang Dicari Mungkin Berbedailustrasi pakai HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau mau kariermu aman di dunia kerja maka caramu dalam menggunakan media sosial pun juga gak boleh sembarangan. Kamu gak boleh asal memposting sesuatu yang menjelekkan suatu pihak atau bahkan perusahaan. 

Karena kalau ketahuan pada saat melamar kerja maka lamaran kerjamu bisa saja langsung ditolak. Hal itu karena nama baik perusahaan juga dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di sana, dan kebanyakan tidak mau ambil risiko untuk menerima orang yang tidak bijak dalam menggunakan media sosial. 

Jadi jangan langsung down dan insecure, ya! Segera cari peluang lain yang lebih cocok denganmu.

Baca Juga: 5 Tips Kembalikan Semangat Saat Lamaran Kerja Ditolak Berkali-kali

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya