Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang Asing

Bisa-bisa kamu jadi korban kejahatan lho!

Ketika kenal dengan orang baru tentu kita mencari berbagai cara untuk bisa lebih dekat atau akrab dengannya, dan mengobrol merupakan salah satu caranya. Tapi kalau mengobrol pun topik bahasannya jangan asal-asalan ya, karena gak semua hal bisa dibicarakan dengan orang yang baru kenal, contohnya adalah pembicaraan soal gaji. Kenapa begitu? Berikut ini lima alasan logisnya.

1. Gaji itu termasuk privasi 

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang AsingPexels.com/Public Domain Pictures

Alasan pertamanya ialah karena gaji itu merupakan salah satu hal yang masuk kategori privasi. Beberapa orang mungkin santai saja membicarakan hal itu dan memberitahukannya pada orang-orang, namun orang baru biasanya bakal risi kalau membicarakan soal gaji.

2. Kamu bisa dikira pamer dan sengaja berbangga diri 

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang AsingPexels.com/Fauxels

Alasan lainnya yang gak kalah logis ialah bisa-bisa kamu malah dikira sedang pamer lho. Maksudmu mengangkat topik soal gaji mungkin tak bermaksud seperti itu, namun pemikiran seperti ini justru wajar terjadi karena kalian baru saja kenal. Kesannya seperti kamu ingin dia tahu bagaimana pendapatanmu, padahal itu tidak perlu.

Baca Juga: 5 Pemikiran yang Harus Kamu Miliki Ketika Gaji Bulanan Masih Kecil

3. Menimbulkan perasaan insecure orang lain 

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang AsingPexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Kamu seharusnya gak membicarakan soal gaji dengan orang yang baru kenal karena bisa saja tanpa kamu sadari apa yang kamu bahas itu malah menimbulkan perasaan insecure di dalam dirinya. Ketika gajimu ternyata lebih tinggi dari dia dan dirinya jadi merasa rendah diri dan tidak sederajat, akibatnya dia jadi sungkan untuk dekat denganmu.

4. Bukan topik bahasan yang nyaman bagi semua orang 

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang AsingPexels.com/Andrea Piacquadio

Keempat, kamu perlu mengetahui bahwa topik pembicaraan tentang gaji itu bukan pembahasan yang nyaman bagi semua orang, apalagi kalau baru kenal. Lebih baik kamu membicarakan tentang hal-hal sederhana yang bisa membuatmu lebih kenal pribadinya, dibanding membicarakan soal gaji.

5. Kamu bisa menjadi target kejahatan orang 

5 Alasan Logis Kamu Gak Boleh Bicarakan Gaji dengan Orang AsingPexels.com/Cottonbro

Alasan terakhir ini sangat masuk akal karena bisa berdampak buruk untukmu, yaitu kamu bisa menjadi target kejahatan orang asing. Yang namanya baru kenal dengan orang lain tentu kamu tidak tahu dia pribadi yang baik atau tidak kan, jadi membahas tentang gaji sangatlah tidak dianjurkan.

Dengan mengetahui lima alasan di atas tentunya kamu jadi tahu kan kalau topik yang satu ini tidak bisa dibicarakan dengan asal apalagi pada orang baru kenal. Jadi carilah topik pembahasan menarik lainnya untuk mendekatkan diri.

Baca Juga: Milenial, Ini Tips Nikmati Hidup Tanpa Mengandalkan Gaji!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya