Comscore Tracker

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran Pekerjaan

Sayang kalau kamu sampai kehilangan peluang kerja yang bagus

Semakin kamu tumbuh dewasa maka pekerjaan pun sudah bukan suatu hal yang asing lagi karena kamu wajib melakukannya. Dan bicara tentang pekerjaan, banyak sekali orang-orang yang kesulitan mencari pekerjaan serta kebalikannya, ada orang-orang yang kerap menolak tawaran pekerjaan yang begitu mudah datang kepadanya.

Nah kalau kamu merupakan tipe orang yang kedua, sebenarnya kamu gak boleh asal menolak tawaran pekerjaan lho. Alasannya apa? Berikut ini ada lima alasan logis yang akan menjelaskannya. Simak ya!

1. Kebanyakan orang justru sangat sulit mencari pekerjaan lho

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran PekerjaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Alasan logis yang pertama mengapa kamu gak boleh sembarangan menolak tawaran pekerjaan yang datang padamu ialah karena kebanyakan orang justru sangat sulit mencari pekerjaan, lho. Akan lebih baik kalau kamu melihat sekitar, bahwa ada banyak sekali orang yang tidak punya pekerjaan atau kesusahan untuk sekedar bisa bekerja.

2. Sesuatu yang mestinya kamu syukuri 

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran PekerjaanPexels.com/Diana Jefimova

Alasan lainnya yang juga berhubungan dengan alasan yang pertama ialah kamu gak boleh asal nolak tawaran pekerjaan dari orang lain karena semestinya hal itu menjadi sesuatu yang kamu syukuri. Sembarangan menolaknya tentu tanda kalau kamu kurang menghargai itu, padahal harusnya kamu bersyukur karena orang lain percaya padamu sehingga menawarkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Ciri Tawaran Kerja Sama yang Harus Diwaspadai, Jangan Tertipu! 

3. Pertimbangkan dulu sebelum kamu menolaknya 

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran PekerjaanPexels.com/Kaboompics.com

Alasan ketiga yang tidak kalah masuk akal kenapa kamu gak boleh asal menolak tawaran pekerjaan adalah karena akan lebih baik kalau dipertimbangkan dulu baik-baik sebelum kamu menolaknya. Lihat dulu apakah jenis pekerjaan itu justru cocok untukmu atau tidak, sejalan dengan passion atau mimpimu atau tidak, lalu setelah semua pertimbangan dan kamu tetap tidak menginginkannya maka boleh-boleh saya untuk menolak.

4. Pikirkan potensi dan peluangnya untuk masa depan 

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran PekerjaanPexels.com/Fauxels

Keempat, kamu bisa rugi kalau sembarangan menolak tawaran pekerjaan lho. Dewasalah dan pikirkan potensi yang mungkin bisa kamu dapatkan dari pekerjaan itu, atau juga peluang bagus yang mungkin ada untuk masa depanmu. Dengan begitu kamu memilih pekerjaan berdasarkan pertimbangan matang dan profesionalitas, dan bukannya berdasarkan mood atau perasaan seperti anak kecil.

5. Tawaran pekerjaan yang bagus gak bakal datang dua kali 

5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Boleh Asal Nolak Tawaran PekerjaanPexels.com/August De Richelieu

Tawaran pekerjaan yang bagus gak bakal datang dua kali dalam hidup, jadi jangan sia-siakan dan menolaknya dengan asal. Sebagai orang dewasa kamu harus bisa bersikap bijak, terutama menyangkut pekerjaan yang memang penting untuk bertahan hidup. Sayang sekali kalau kamu malah kehilangan kesempatan bagus, kan?

Segala hal yang datang ke hidupmu pasti ada hikmahnya, begitu juga tawaran pekerjaan yang gak boleh sembarangan kamu tolak begitu saja. Jadi pahami lima alasan tadi baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Tips buat Kamu Para Workaholic agar Terhindar Stres Pekerjaan 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya