Comscore Tracker

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu Tekuni

Bahagia itu gak cuma diukur dari gaji

Gaji atau bayaran tinggi itu memang sangat penting untuk diperhatikan dalam bekerja, karena dari situlah kita bisa memenuhi semua kebutuhan. Dan mempunyai pekerjaan bergaji tinggi juga sering kali menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang dan begitu diinginkan.

Namun kamu harus tahu bahwa pekerjaan yang gajinya tinggi belum tentu tepat untukmu, lho. Lima alasan di antaranya di bawah ini pun akan menjelaskannya lebih lanjut, simak ya.

1. Gaji tinggi gak menjamin kebahagiaanmu 

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu TekuniPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertama-tama kamu harus memahami bahwa gaji tinggi itu sama sekali tidak bisa menjamin kebahagiaanmu, memang benar kita bisa membeli apa saja yang bikin hati senang kalau punya banyak uang. Akan tetapi kebahagiaan gak selamanya bisa dibeli, kan? Bahkan ada hal-hal dalam hidup yang lebih berharga dari uang yang kamu miliki.

2. Gaji sepadan dengan berat pekerjaanya 

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu TekuniPexels.com/Fauxels

Alasan lainnya yang juga menunjukkan bahwa pekerjaan bergaji tinggi belum tentu tepat untukmu adalah, gaji yang besar itu mungkin saja sepadan dengan berat pekerjaannya. Kamu harus mengukur kemampuanmu sendiri dalam bekerja, kamu belum tentu sanggup dan gak perlu memaksakan diri demi mendapat gaji yang tinggi.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Bikin Kamu Kaya Raya tanpa Ijazah, Berminat? 

3. Tekanan yang ada di tempat kerja juga mungkin besar 

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu TekuniPexels.com/Fauxels

Lalu tempat kerja yang membayarmu dengan tinggi itu mungkin punya tingkat tekanan yang lebih besar dari yang lain. Hal ini sudah menjadi risiko tersendiri saat kamu memilih pekerjaan, dan bekerja dengan banyaknya tekanan belum tentu tepat untukmu. Bisa-bisa kamu stres jika tetap bekerja di sana.

4. Pekerjaan yang tepat bukan hanya soal tingginya bayaran 

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu TekuniPexels.com/Fauxels

Lalu kamu juga harus tahu bahwa pekerjaan yang tepat untukmu itu bukan hanya soal tingginya bayaran saja. Mempertimbangkan gaji memang penting, namun kamu juga harus memperhatikan jenis pekerjaannya, beban kerja, lokasi bekerja, hingga kenyamanan dalam bekerja yang memang pas untukmu.

5. Kenyamanan kerja justru lebih penting untuk diutamakan 

5 Alasan Pekerjaan Bergaji Tinggi Belum Tentu Tepat untuk Kamu TekuniPexels.com/Andrea Piacquadio

Dan alasan kelima adalah kenyamananmu dalam bekerja justru lebih penting untuk diutamakan, gaji bisa dipikirkan belakangan. Mendapat pekerjaan itu tidak mudah, namun tak sedikit pula yang berhenti dari pekerjaannya karena ia sama sekali tak merasa nyaman di sana. Sebab hal ini sangat mempengaruhi kita dalam mempertahankan pekerjaan jangka panjang.

Punya pekerjaan dengan gaji tinggi mungkin membanggakan, namun belum tentu tepat untukmu. Beberapa alasan di atas pun sudah menjelaskannya dengan baik, jadi jangan sembarangan saat memilih pekerjaan ya.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Sikap Konsisten dalam Memilih Pekerjaan Tetap 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya